٤٦. ✍ KUNCI MENDAPATKAN KEBAIKAN YANG BANYAK

315 19 0
                                    

Dua Kunci Untuk Mendapatkan “Khairan Katsîran"(kebaikan yg banyak)

Sahabat ...

Mendapatkan banyak kebaikan tentu menjadi salah satu tujuan hidup orang beriman.

Kebaikan yang banyak disebutkan dalam Al-Quran dengan kata “khairan katsîran”.

Di Dalam Al Quran Allah hanya menyebutkan kata "Khairan Katsiran" sebanyak dua kali saja.

Yaitu di Surat Al Baqarah ayat 269 & Surat An-Nisâ’ ayat 19.

Lalu siapakah golongan yang disebutkan akan meraih kebaikan yang banyak menurut dua ayat diatas ?

Mereka itu adalah :

1. Orang yang diberi Hikmah.

يُؤۡتِي ٱلۡحِكۡمَةَ مَن يَشَآءُۚ وَمَن يُؤۡتَ ٱلۡحِكۡمَةَ فَقَدۡ أُوتِيَ خَيۡرٗا كَثِيرٗاۗ وَمَا يَذَّكَّرُ إِلَّآ أُوْلُواْ ٱلۡأَلۡبَب

“Dia memberikan hikmah kepada siapa yang Dia kehendaki. Barangsiapa diberi hikmah, sesungguhnya dia telah diberi kebaikan yang banyak. Dan tidak ada yang dapat mengambil pelajaran kecuali orang-orang yang mempunyai akal sehat.” (QS. Al-Baqarah : 269)

Menurut sebagian besar mufassirin maksud hikmah disini adalah Pemahaman terhadap ilmu-ilmu Al Quran, Fiqh dan ilmu tentang agama ini. Maka semua aktivitas terkait ilmu akan menyebabkan hadirnya kebaikan yang banyak.

Menurut Syaikh As-Sa‘di makna hikmah dalam ayat tersebut adalah :

” هي العلم النافع والعمل الصالح ومعرفة أسرار الشرائع وحكمها “ (تفسير السعدي)

“yang dimaksud hikmah itu adalah ilmu yang bermanfaat yang diiringi dengan amal sholih, serta mengetahui berbagai rahasia syariat dan hikmahnya” (Tafsir As-Sa‘di)

Maka orang yang berilmu, mengamalkan ilmunya, dan mengetahui seluk beluk agama ini secara mendalam, merekalah orang yang telah diberi hikmah. Merekalah golongan yang mendapatkan banyak kebaikan.

2. Mereka yang sabar dalam menghadapi kekurangan pasangan.

فَإِن كَرِهۡتُمُوهُنَّ فَعَسَىٰٓ أَن تَكۡرَهُواْ شَيۡـٔٗا وَيَجۡعَلَ ٱللَّهُ فِيهِ خَيۡرٗا كَثِيرٗا

“Jika kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena boleh jadi kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan kebaikan yang banyak padanya” (QS. An-Nisâ’ : 19)

Tidak ada manusia yang ideal dan sempurna. Dalam hidup berumah tangga tentu suami maupun istri akan mengetahui kekurangan masing-masing. Ketika hal itu melahirkan akhlak sabar terhadap kekurangan pasangan kita, niscaya kesabaran itu akan memancing lahirnya banyak kebaikan.

Bila ada satu atau dua hal yang tidak kita sukai, yakinlah dan sadarilah pasti ada hal lain yang kita sukai dari pasangan kita.

Yakinlah Allah akan menghadirkan kebaikan yang banyak dan akan mengungkap hikmah dari kesabaran atas semua hal yang tidak kita sukai di masa yang akan datang.

Sahabat ...

Inilah dua golongan yang akan mendapatkan banyak kebaikan.

Yaitu mereka yang berilmu lagi mengamalkan ilmunya, serta mereka yang sabar terhadap kekurangan pasangan.

Semoga Allah berkenan menjadikan kita sebagai bagian dari golongan yang akan mendapatkan banyak kebaikan.

Allahumma Aamiin.

=========================================

Java Island, 08 Syawwâl 1440 H

Hanya Insan Biasa (Bagus Ferry Setiawan)

                                          غفر الله له ولوالديه ولمشايخه ولجميع المسلمين

***

Masyaallah Alhamdulillah dapat ilmu lagi ya🤗
Kita disini berbagi. Mendapatkan satu pengetahuan tentang agama bahagia bukan😍 kasih tau temennya insyaallah bisa jadi amal kita Aamiin ya mujiibassailiin

Berbagi IlmuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang