29. Kebenaran Terungkap

2.2K 215 7
                                    

Sirius duduk cemberut di ambang jendela. James tidak mengutuknya dengan bau itu, belum. Dia tidak bodoh. Jika dia mengutuknya sekarang maka James harus berurusan dengan bau tersebut sampai Albus selesai berbicara dengan mereka. Itu akan menyebabkan mereka semua terhukum dan bukan hanya Sirius. Namun saat itu akan tiba dan Sirius tahu itu. Dia berdiri sejauh mungkin dari James.

James duduk di kursi dekat meja Albus. Harry duduk di sebelahnya bersama Remus di sebelahnya. James bisa melihat betapa kaku punggung Harry dan James memandang Remus. Dia tidak bisa membayangkan Remus pergi. Remus yang masuk akal dan tenang, pergi. Rasanya sakit hanya dengan memikirkannya. Dia tidak tahu apa yang harus dilakukan ketika Harry berkata padanya bahwa Remus sudah mati. Dengan egoisnya, dia hanya senang bahwa itu bukan Remus yang dia kenal. Dia segera merasa bersalah karena berpikir seperti itu. Dia tidak tahu harus berkata apa untuk membantu Harry. Dia senang Sirius menyela mereka. Dia bisa membuat situasi lebih buruk jika dia mengatakan hal yang salah.

"Aku ingin menunjukkan ini pada kalian berempat. Aku tidak berpikir orang lain dalam Orde harus tahu. Semakin sedikit orang yang tahu lebih baik," kata Albus, membawa pikiran James kembali ke masa kini. Dia menyerahkan James sebuah tablet cokelat yang sangat tua. Tebal dan berat. Sepotong di bagian bawahnya patah.

James menatap simbol di atas tablet itu lalu menyerahkannya pada Harry untuk melihatnya. Dia tampak bertanya pada Kepala Sekolah. "Apa ini? Aku tidak mengenali bahasanya."

Harry dengan tegang menyerahkannya pada Remus. Remus pura-pura tidak menyadari betapa tegangnya Harry. Sebagai gantinya, dia melihat ke tablet itu. "Ini bahasa Sumeria." Dia memandang Kepala Sekolah.

Albus mengangguk. "Remus benar. Ditemukan sembilan puluh satu tahun yang lalu di Lembah Wales selatan."

"Di Wales?" tanya Remus, mengulurkan tabletnya ke Sirius. "Itu jauh dari peradaban mereka." Remus menoleh ke teman-temannya yang bingung untuk menjelaskan. "Peradaban Sumeria hidup di antara Sungai Tigris dan Eufrat sekitar 4000 SM. Itu terletak di Asia Barat Daya."

"Aku tahu geografiku, Remus," kata Sirius menyerahkan tablet itu padanya. "Jika mereka hidup begitu jauh, bagaimana tablet itu berakhir di Wales? Bahkan mengapa itu penting?"

"Pamanku yang menemukannya. Dia tidak tahu bagaimana itu berakhir di Wales, namun dia punya teori begitu dia menerjemahkannya. Aku tidak pernah tahu apa yang dikatakan tablet itu. Pamanku berjanji untuk memberi tahuku, tapi setelah dia menerjemahkannya, dia menolak untuk memberi tahuku. Dia memberi tahuku rahasia yang seharusnya tidak boleh terbongkar. Dia berkata padaku, sebelum dia mati dan menyerahkannya padaku, bahwa aku hanya harus menerjemahkannya pada saat dibutuhkan, ketika aku tidak tahu harus berbuat apa lagi. Dia juga membuatku berjanji untuk tidak menyumbangkannya ke museum atau menunjukkannya pada siapa pun yang tidak sepenuhnya aku percayai."

"Itu menarik, Albus, tapi mengapa itu penting?" tanya Sirius lagi. "Apakah kau menerjemahkannya?"

Remus meletakkan tablet itu kembali di atas meja dan Albus mengambilnya. "Salah satu dari banyak teori yang diajukan pamanku..." Dia terus berkata, mengabaikan pertanyaan Sirius. "...adalah bahwa penulis tablet ini tidak ingin ada yang menemukannya. Dia pasti melakukan perjalanan ke Wales, jauh dari rumahnya, untuk menyembunyikannya. Setelah menerjemahkannya, aku harus setuju dengan teori itu. Aku yakin orang yang menulis tablet ini paham risiko membiarkan informasi tersebut bocor ke khalayak umum dan ke tangan yang salah."

James mencondongkan tubuh ke depan. "Informasi apa, Albus?" tanyanya serius.

Albus tampak seusianya, tua dan lelah ketika dia menatap keempat lelaki itu. "Orang yang menulis tablet ini menemukan cara untuk menghilangkan sihir dari seorang penyihir."

Dimension Father | ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang