19. KENAPA?

221 67 9
                                    

"Kepada sang merah putih, hormat grak!" Komando Sehun kepada seluruh peserta upacara.

Suho menarik tali di tiang bendera dengan menyesuaikan lagu Indonesia Raya yang sedang dikumandangkan oleh grup paduan suara.

Baekhyun yang bertugas dengan Suho memelototkan matanya menatap Suho. Apa yang dilakukan Suho? Kenapa tarikan Suho tidak disesuaikan dengan lagunya?

Irene yang menyanyikan lagu Indonesia Raya dalam barisan grup paduan suara melihat cara Suho mengerek bendera. Amburadul, satu kata yang ingin dia lontarkan kepada Suho.

Ada apa dengan Suho? Suho sama sekali tidak melakukan cara-cara yang sudah diajarkannya.

Apa Suho sudah melupakannya, sehingga cara-cara mengerek bendera yang diajarkannya sewaktu mereka latihan bersama juga dilupakan begitu saja?

"....................................

Indonesia Raya merdeka merdeka

Tanahku negeriku yang kucinta

Indonesia Raya merdeka merdeka

Hiduplah Indonesia Raya."

Lagu kebangsaan sudah selesai dikumandangkan. Dugaan Irene dan Baekhyun benar. Suho pasti akan terlambat mengibarkan bendera, melihat caranya mengerek bendera yang tidak sesuai prosedur.

Upacara terus berlangsung. Setelah pembacaan doa, ada acara pemberian hadiah bagi siswa-siswa yang baru saja mendapatkan prestasi.

Pak Minho membacakan nama-nama anak berprestasi untuk maju ke tengah lapangan.

Suho dan Chanyeol mendapat panggilan pak Minho. Suho keluar dari barisan pengibar bendera dan Chanyeol keluar dari barisan peserta upacara untuk maju ke tengah lapangan.

Sehun juga. Dari tempat pemimpin upacara, Dia tinggal maju tiga langkah saja untuk bergabung dengan Suho, Chanyeol dan anak-anak lainnya. Dia mewakili anak-anak Paskibra yang baru saja mendapat juara.

"Ekstrakulikuler Paskibra, Juara 1 PBB Kreasi dan Juara 2 PBB Murni dalam Festival Paskibra Jawa Tengah"

"Chanyeol Raditya, kelas 10 IPA 1. Juara 1 KIR kota Bandung, dan juara 2 olimpiade matematika provinsi Jawa Tengah." Terang pak Sooman membacakan juara-juara yang diperoleh Chanyeol.

Kemudian dilanjut Suho, "Suho Prakarsa, kelas 10 IPA 1. Juara 1 olimpiade fisika provinsi jawa tengah, juara 3 LKTI Bioteknologi tingkat Nasional, dan Komandan peleton terbaik Jawa Tengah tahun 2019."

Suho menjadi perbincangan anak-anak peserta upacara terutama yang perempuan. Apa sih kekurangan Suho? Selain pintar dibidang akademis, Suho juga pintar dibidang non-akademis. Wajah tampannya membuat sebagian siswi di sekolahnya mengaguminya.

Sifat Suho yang dulunya cuek, perlahan berubah menjadi sangat manis. Contohnya Jisoo yang sudah merasakan perubahan sifat Suho itu.

Kepala sekolah memberikan hadiah sejumlah uang untuk anak-anak berprestasi. Kemudian mereka berfoto bersama. Para peserta upacara saling bertepuk tangan. Tentunya sekolahan bangga memiliki anak-anak berprestasi seperti mereka.

Ketika upacara sudah selesai, Paskibra dan grup paduan suara melakukan evaluasi kegiatan. Suho mendapat teguran keras dari pak Sooman karena kesalahannya dalam mengibarkan bendera.

Suho tidak memasukkan omelan pak Sooman dalam hati. Dia dan anak Paskibra yang lainnya sudah biasa dimarahi pak Sooman.

Selesai Paskibra melakukan evaluasi, semua anak Paskibra kembali ke kelas masing-masing. Tapi Suho malah ke sekumpulan anak paduan suara dulu. Ada yang ingin dia sampaikan.

Mr. Flag and Mrs. MelodyTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang