1. Lucifer Londo

80 26 39
                                    

Bokongku panas, jatuh tepat di atas tanah keras. Kepalaku cenat-cenut. Cahaya temaram berputar di mata.

Kilasan upacara pembuangan terus membayang dalam ingatan, seperti sampah yang dijejalkan pada sungai-sungai.

Tawa mereka menggosok keras-keras egoku, memuakkan.

Aku bangkit setelah merasa lebih baik.

Menatap sekeliling dengan awas.



Sial, di mana ini?

Bukankah aku tadi si hutan RAWS? Kenapa mendadak ada barisan rumah-rumah kotak?

Tunggu, area terlarang di dalam hutan. Dua pohon yang saling menyilang.

Tiba-tiba tubuhku ditarik paksa sejumput bayangan.

Jadi, aku ini ditarik ke mana?




Langit timur becahaya, masih pagi.

Dan apa yang akan kulakukan sekarang? Jadi gembel?

Sudah dibuang keluarga Oliver, gagal berburu, terpisah dari tim, dan sekarang tersasar di sini.

Dalam keremangan terlihat beberapa orang berjalan terburu. Ada yang naik benda bergerak dengan roda dua, anehnya benda itu melaju tanpa bantuan sapi atau kuda.

Yang lebih mengherankan lagi, sesuatu berwarna putih dan bercahaya kuning terbang di langit, sangat cepat. Burung membawa lentera? Apa tidak terlalu berat?



Tinnn. Tinnnn. Tinnnnn.

Bunyi apa itu? Terdengar semakin keras, tetapi dari mana asalnya?

"Bocah Gendeng! Minggir!"

Aku spontan melihat ke arah ketika sesuatu yang terbuat dari besi mendekat, dua cahaya bundar menyilaukan pandanganku.

Hebat sekali, di tempat ini bahkan besi bisa berubah menjadi monster. Kira-kira mantra sihirnya apa, ya?



Eh, apa ini? Siapa yang menarik tubuhku?

Setelah melewatiku monster itu juga berhenti?

Kenapa ada orang yang keluar dari sana?

Apa monster itu sebenarnya manusia?

Pukulan keras tiba-tiba mendarat di kepalaku. Pelakunya si tua yang memakai topi aneh berwarna jingga, membuatnya terlihat seperti tomat.



"Wong sek enom kok kate kendat?!"

"Ha?"

"Nggak bisa bahasa jawa, ya? Kamu orang mana?"

Aku masih ternganga.

"Ini di mana?"

"Indonesia, le. Namamu siapa?"

"Lig- Lucifer, Pak."

"Oh. Bajumu aneh, anaknya londo, ya?" tanya yang keluar dari monster besi.

"Usiamu berapa?"

"25 tahun."

̼ ꦿꦶ 〄⸼۪ࣴ' ꜜ ᝢ ❍ིི۪۪⃕۫۫͜ꦿ֗ ִֶָ 𖣘 ᪥ꦿꪳ

Ini Tribble



Pojok hutan

Wong sek enom kok kate kendat: orang masih muda kok mau bunuh diri

Le kependekan dari toleh: panggilan untuk anak laki-laki

Londo: cara orang jawa menyebut bangsa/peranakan Belanda





Salam,

Lucifer Londo

NOCTIVAGANT (RAWS Festival 2019)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang