BATU AMPAR

163 9 1
                                    

Hari Kamis, tepatnya pada tanggal 14 November 2019 kelas kami mendapatkan giliran untuk belajar di luar semacam study tour. Dimana kami akan mengunjungi tempat bersejarah batu ampar dan menyusuri sungai dengan canda tawa.

Sekitar jam 5 pagi, grup chat kelas udah heboh sama pertanyaan-pertanyaan konyol yang seharusnya mudah dijawab diri sendiri. Seperti

"Kam bawa tas kah?" (Kamu bawa tas ga?)
"Aku pakai Levis boleh gak?"
"JAM 6 LEWAT 15 UDAH DISANA GAES"

Halah, pret.

Yang terakhir itu dari sang ketua kelas, Ihram Dio Pangestu. Ngomong doang, bilangnya aja kumpul di sekolah jam 6.15 tapi dianya sendiri datang jam 7.

Sampe sekolah, iseng tuh lewat-lewat depan kelas orang. Seakan-akan mau bilang

"YHAA KESIAN YANG BELAJAR"

Pamer dulu gais.

Hari Kamis, skip MTK minat sama MTK wajib itu sesuatu yang woah dan patut dibanggakan, haha.

Nah, waktu semuanya udah terkumpul di dalam kelas. Kami nunggu kurang lebih sejam sampe Bu muti masuk dan nyuruh kami nunggu di kelas. Karena yang kesana itu bukan kelas kami doang, melainkan ada 6 kelas lainnya. Ya terpaksa kami nunggu. Tapi kloter kedua katanya.

Sekitar jam delapan lebih, baru deh kami memutuskan buat nunggu di depan. Sampe disana kami juga ga langsung berangkat, tapi nunggu angkot Dateng. Dan setelah angkot Dateng juga langsung diserobot sama kelas sebelah. Dengan kesabaran yang tersisa juga sesekali ada kata kata pedas yang diucapkan untuk menyindir kelas lain, kami memutuskan untuk naik akhiran.

Di perjalanan menuju dermaga, kami terpisah dibagi 3 angkot. Ada team cowok, team pintar, sama team Antimo. Aku gak tau jelas gimana di team pintar, hehe. Karena aku masuk di team Antimo. Di perjalanan berlangsung udah sibuk nyanyi-nyanyi.

"ANTIMO... MENYENANGKAN PERJALANAN.... KITA .."

Nyanyi gitu sambil sesekali dadah-dadah sama orang yang lewat di belakang kayak orang udik ga pernah naik angkot, haha. Gapapa si yang penting bahagia, sirik aja lu pada.

Karena bosen, jadilah kami yang melakukan video call sama angkot sebelah.

"WOI DIO ILANG? DIANGKOT KALIAN ADA KAH?"

Tiba-tiba ada chat masuk dari sapa sama Ahla. Katanya Dio ilang, atau ketinggalan. Jadilah kami yang ikut panik juga, karena kata Ahla tadi Dio ke ruang paski. Sebelumnya juga Dio mau ikut di angkot kami tapi gak jadi diganti sama Bu Endang.

Eh ternyata prank, asem.

Sesampainya di dermaga, kami langsung disuruh naik kapal. Masing-masing kelas beda-beda pokoknya. Rafi udah siap sama hp nya, dia bagian dokumentasi soalnya. Nah waktu turun, aku gak liat secara langsung sih tapi ada di Vidio dokumentasi. Fattah jatuh, licin katanya. Adu.

Di kapal, langsung aja tuh disuruh karaoke sama Bu muti. Semua lagu dah diputer, sedangkan yang lainnya memilih buat ikut joget. Sampe kapalnya mereng ke sebelah dan kursi nya hampir patah gara-gara Ridwan joget joget disitu.

Selama kurang lebih satu jam, sampailah kami di tempat awal. Dan tujuan selanjutnya adalah wisata batu ampar, disana kami akan menaiki kelotok atau yang biasa dikenal perahu.

Satu perahu diisi sama 6-7 orang itu bagi perahu yang gede. Dan perahu kami muat sampe 8 kebetulan. Pertama kali naik nya aja udah goyang-goyang gitu sampe merem.

"ANDIN DI TENGAH!"
"JANGAN GERAK-GERAK!"
"ALLAHU AKBAR ALLAHU AKBAR ALLAHU AKBAR"
"MAJU WOI MAJU"
"TAKUT"

Sumpah, heboh sendiri jadinya.

Tapi waktu perahu nya jalan jadi seneng gitu, orang udik part dua. Dadah dadah sama yang belum naik, terus nyuruh paman nya ngebalap yang ini yang itu.

"EH EH EH JALAN"
"DADAAAHH"
"WEH RAME!!"
"COBA TADI KITA NAIK INI JA DARI AWAL"
"FOTO WOI FOTO"
"APA?"

Begitulah, orang kidu part 3.

Padahal udah hampir 17 tahun tinggal di Kalimantan, baru pertama kali naik beginian. Udah seneng.

Iya, jadi tuh ngomongnya harus teriak biar kedengaran. Soalnya suara mesinnya itu keras, jadi gak jelas kalau ada yang ngomong.

Sampai di batu ampar, be langsung jalan duluan. Gak tau ngapain, pokoknya dia tuh jalan terus menyendiri. Ya aku sendiri mewajarkan, ah kali ada yang anu gitu pikirku.

Kami mulai jalan masuk, dan udah disambut sama ilalang-ilalang yang aesthetic kalau difoto.

Nah kejadian ini mulai terjadi saat udah di atas batu ampar nya. Setelah makan, mereka yang laki laki pada turun ke bawah, gak tau mau ngapain. Yang cewe juga ada sebagian. Mereka lari-lari gitu.

Aku sendiri padahal mau ikut, tapi karena aku nguping sapa ada bilang tentang "pasar ghaib" aku jadi gak jadi ikut.

Dari atas, para guru udah manggil-manggil mereka supaya gak jauh-jauh dan nyuruh mereka buat balik ke atas. Takutnya ada yang ilang gitu.

Nah, waktu aku ngeliat dari atas kan mereka yang lagi di bawah. Aku sendiri ngeliat ada satu orang yang lagi lari-lari pakai kaos putih di dekat mereka. Karena badannya yang mirip Menur, aku mencoba buat positif thinking.

"Ah Menur kalik atau ga Dio" dalam hati nih.

Eh tapi, kalau diinget inget lagi.

MENUR PAKE BAJU ITEM BIRU BIRU GITU. DAN DIO YANG PAKE BAJU PUTIH JUGA LAGI SAMA YANG LAIN.

Nah, jadi kepikiran.

Terus aku sendiri mulai mendekat ke sapa, dia udah bisik-bisik gitu.

"Eh, bahu ku yang kanan berat. Dari awal masuk" katanya gitu.

"Aku yang kiri sap. Dari awal masuk sini, terus habis makan jadi panas sebelah"

"Udah ceritanya nanti, jangan disini" kata Aulia yang tiba tiba dateng.

Jadi, yaudah aku sama sapa langsung diem. Tapi masih deket-deketan.

Setelah balik dan duduk di semacam tempat duduk gitu. Baru deh, cerita cerita sama sapa.

"Eh aku tadi ngeliat sesuatu"
"Apa?"
"Mirip Menur"
"Wah. Tanya be kah?"
"Mau, tapi takut kalau salah liat"
"Tanya aja dulu"

Setelah itu, sapa langsung manggil si be. Dan katanya, itu memang bener ada. Yang mirip Menur katanya. Dan disitu aku langsung degdegdegdeg, wah. Gitu.

"Aku pengin lihat, tapi takut"
"Sama, aku kalau rame-rame berani, tapi kalau udah di rumah sendirian. Ga berani"
"SAMA"

Nah jadi gitu. Buat kalian yang merasakan yang sama, hehe. Gimana gimana?

-MASIH SMA-

Jangan lupa nonton ya gaess.
Vidio nya ada di Instagram di bawah.
Ig: @phoenid.fm

Putih Abu-abuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang