Dua Belas | Finale

1.7K 367 47
                                    

Maaf kalau typo.

Back to reality

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.







Back to reality.

Pada akhirnya setelah menghabiskan waktu liburan bareng, Dejun dan yang lain harus kembali beraktivitas seperti biasa. Minggu ini terasa lebih berat karena tentu saja mereka harus ganti kelas-kelas yang kosong selama ada acara kampus minggu kemarin. Tapi gakpapa, dijalanin aja.

"Any questions for our topic tonight?" Tanya Dejun ke Ryujin yang duduk di sampingnya. Iya, Dejun lagi ngajar les sekarang.

Supaya Ryujin terbiasa sama Bahasa Inggris, Dejun ngewajibin dia buat ngomong Bahasa Inggris terus selama les. Kecuali waktu penjelasan aja, Dejun akan jelasin pake Bahasa Indonesia supaya Ryujin cepat ngerti. Turned out, selama beberapa kali pertemuan ini Dejun akhirnya bisa menikmati waktunya ngajarin Ryujin. Walaupun pas pertemuan pertama deg-degan setengah mampus karena takut salah ngomong. "I still cannot understand how to differentiate these..."

"Ah... I see. Kalau untuk bagian ini, kamu cuma perlu..." Dejun ngejelasin dengan sabar dan telaten, yang diiringi anggukan oleh Ryujin. "Try to finish this task to differentiate those two. I'll check your work once you've done."

"Alrighty!!" Kata Ryujin semangat, karena udah ngerti barusan abis dijelasin lagi. Ryujin gak nyesel diajarin Dejun, soalnya temen kakaknya itu sabar dan gak gampang emosi kayak guru Ryujin di sekolah. Bukannya semangat malah males belajar karena kalau tanya malah dimarahin dan dianggep gak merhatiin. Ryujin bersyukur karena pertanyaan-pertanyaannya pada akhirnya bisa dijawab sama Dejun.

Dejun meminum es sirup yang memang biasa disuguhin sama Diandra kalau lagi ngajarin Ryujin. Dulu pas awal ngajar malah dibungkusin nasi padang sama Mama Diandra. Rejeki anak kost.

Sambil makan pisang goreng yang disuguhin tuan rumah, Dejun sesekali mengedarkan pandangan ke sekeliling. Ryujin emang milih buat belajar di ruang tengah aja dan kebetulan di sana juga ada meja sama kursi yang bisa dipakai buat belajar. Dejun sudah beberapa kali ada di sini tapi dia belum pernah benar-benar memperhatikan dengan seksama kondisi rumah Diandra.

Banyak foto yang dipajang di dinding. Foto keluarga yang diisi tiga orang saja (Diandra, Ryujin, dan Mama), foto Diandra sama Ryujin waktu masih bayi sama balita, foto wisuda Diandra waktu SMA yang betah Dejun perhatikan lama-lama karena Diandra kelihatan sangat anggun pakai kebaya. Tidak ada sama sekali foto pria yang bisa Dejun asumsikan sebagai papa Diandra, entahlah Dejun juga gak mau kepo privasi mereka terlalu jauh.

Diandra sendiri ngerjain tugas di kamarnya karena gak mau ganggu konsentrasi Ryujin yang lagi belajar.

Sambil nungguin Ryujin selesai ngerjain soal latihan, Dejun ngecek buku khusus UTBK punya Ryujin. Ngecek di bagian soal Bahasa Inggris dan nyoba nyari jawabannya. Dejun jadi inget dulu dia juga struggling belajar mati-matian biar keterima SBMPTN. Semua jadi kayak keulang lagi, bedanya dia cuma fokus sama Bahasa Inggris aja dan dia gak cuma belajar lagi, tapi ngajarin Ryujin juga.

[2] Once In A Lifetime - Xiaojun (✔️)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang