SAHABAT ITU CINTA

15 2 0
                                    

SAHABAT ITU CINTA

Di setiap hubungan yang manusia bangun, entah itu pertemanan atau persahabatan pasti semua didasari dengan rasa suka. Karena tidak mungkin kita mau dekat dengan seseorang kalau kita tidak menyukai si orang terserbut.

Kata suka disini memang belum berarti cinta, namun saat kita sudah cinta pastilah memiliki rasa suka, Senja, Sore dan Langit adalah gambaran persahabatan yang didasari rasa sayang dan cinta. Walau banyak sekali perasaan yang mereka pendam satu sama lain, semua itu karena tidak ingin merusak suatu ikatan yang dinamankan persahabatan.

Ngga kerasa kita udah lama banget ya Nja sahabatan? Ujar Langit.

Iya, Ngit. Emang kamu ngitung berapa lama?

Memang tidak terhitung Nja, tapi sejak kecil kita sudah bersahabat

Apa selamanya kita akan bersahabat? Celetuk Sore yang mengampiri Langit dan Senja.

Pastilah Jawab Senja

Sore merangkul Langit dan Senja dari belakang, persahabatan mereka tidak akan pernah bisa dipisahkan walau dengan perasaan-perasaan lain yang ada didalam hati.

Waktu terasa cepat sekali, sudah saatnya bersiap untuk menunaikan ibadah shalat magrib. Senja langsung menegaskan kepada Langit untuk berjamaah di masjid, dan Langit sangat senang karena dengan selalu diingatkan oleh Senja maka seakan ia diperhatikan.

Senja, kamu jangan pernah bilang ke Langit ya tentang aku? Sore berbisik kepada Senja.

Loh, bukannya Langit sudah tahu semua tentang kamu?

Hah? Apa maksudmu? Tahu apa? Sore kaget dengan ungkapan Senja yang demikan.

Iya, kan kita sudah bersahabat lama, pastilah kita saling tahu satu sama lain Re Senja berlalu sambil tertawa kecil meninggalkan Sore yang sedang kebingungan.

Maksud Sore adalah perasaan yang ia simpan untuk Langit lebih dari sahabat, dan Sore meminta Senja untuk tidak mengungkapkannya kepada Langit. Malah Senja menggoda Sore dengan bilang bahwa mereka sudah saling mengerti satu sama lain. Hmm..

Kalau Langit sampai tahu, berarti kamu harus tanggung jawab Nja

Loh, kok aku? Aku memang ngapain? Kenapa harus tanggung jawab? Senja berlalu sambil tertawa.

Iiih, dasar Senja Sore mengejar Senja. Itulah wanita, terkadang kita merasa gengsi untuk mengungkapkannya, padahal bagaimana si dia mau tahu? Sedangkan kita tidak pernah mengungkapkan.

Saat cinta seorang sahabat mungkin itu sudah cukup erat, namun cinta yang Sore rasa adalah cinta yang menjadikan angan-angan agar tetap bersama selamanya. Seorang sahabat tidak mungkin akan selalu bersama dalam keadaan apapun, setelah satu sama lain menikah dan memiliki pasangan. Hal itu yang Sore takutkan, ia ingin selalu bersama Langit, walau rasanya sangat jauh angan itu untuk digapai.

Lalu Senja hanya berpasrah diri dengan apapun yang akan terjadi, menjadi makhluk yang Allah ciptakan dengan kelemahan yang ada pada dirinya membuat Senja merasa bahwa satu-satunya cinta hanya milik Allah semata.

Nja, kira-kira jodoh kita kaya apa yah? Tanya Sore

Hari gini sudah ngomongin jodoh, Re. Selesaikan dulu sekolahmu baru kamu berpikir kedepannya. Emang kamu ngga mau kuliah dulu? Langsung nikah?

Iya, tapi bolehkan aku berangan-angan?

Hussr.. angan-angan dan berandai-andai adalah godaan syaitan, dimana kita akan dibawa kedalam bayangan yang tidak seharusnya kita bayangkan

Iya, Senja. Tapi aku tahu batasannya Sore meyakinkan Senja bahwa angan-angannya hanya sebatas harapan.

Senja menghela nafasnya dan mencoba mengarahkan perlahan kepada sahabatnya yang satu ini, bahwa manusia rentan digiring kedalam hal maksiat oleh syaitan yang berawal dari angan-angan. Misalkan, kita menginginkan sebuah mobil lalu kita berangan-angan memilikinya, lalu didalam alam bawah sadar kita akan berpikir bagaimana caranya mewujudkan apa yang sudah kita bayangkan. Terjadilah yang namanya cinta akan dunia, Senja sangat memahami hal itu dan menganggapnya manusiawi, tapi kita sebagai sahabat harus bisa saling mengingatkan satu sama lain.

Keesokkan harinya,

Senja, jaga dirimu. Aku akan segera selesaikan sekolahku di London, dan aku akan melanjutkan kuliah bersamamu dan Sore disini Ujar Langit saat ia akan pergi ke London, karena masa liburan sekolah telah usai.

Iya, kamu hati-hati dan jaga diri ya, Ngit Kata Senja.

Jangan lupa pulang bawa oleh-oleh lagi Celetuk Sore.

Langit kembali ke London, yang artinya Senja dan Sore pun esok akan kembali ke runtinitas sekolah. Masa-masa terindah didalam kehidupan remaja adalah sekolah, dimana semuanya berawal. Dari pelajaran, guru, teman dan banyak hal yang bisa kita temui disana. Saat sekolah kerap muncul keinginan Aku ingin cepat lulus, terhindar dari guru killer dan tugas yang menumpuk berangan-angan akan mendapatkan pekerjaan dan gaji yang lumayan, namun tanpa kita sadari bahwa akan ada hal yang paling kita rindukan disana.

Yaitu pertemuan dengan seorang sahabat, mereka yang bersama-sama dengan kita selama 12 Tahun. Itu kalau kita bersahabat dari SD, SMP dan SMA. Hehe..

SENJA DI LANGIT SORETempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang