7 ll Pantai eksotik yang instagenik

16 8 33
                                    


Topik riset batch 2 Raws Com
23. Tempat pariwisata lokal / Internasional

•••


Hallo semuanya, jumpa lagi denganku di lapak ini. Hehe. Gimana kabarnya? Tetap #dirumahaja. Moga covid 19 cepat musnah dan lenyap dari Indonesia tercinta.

Oke, masuk ke riset, ya. Bab kemarin aku sudah menulis tentang daerah Babel. Nah, sekarang akan kuceritakan tempat pariwisatanya.

Sengaja kupilih settingnya di kepulauan Bangka Belitung agar lebih mudah untukku membayangkan si karakter yang bermain dalam benak, di cerita fiksiku nantinya. Dan juga, aku pun paling suka, cinta banget sama yang namanya pantai. Jadi, aku berharap, ketika kamu membaca cerita fiksiku nantinya dapat merasakan, membayangkan keindahan setting pantai dalam imajinasimu sambil kulampirkan fotonya. Itulah tujuanku. Hehe. 😬

Sekilas soal Bangka

Bangka menurut bahasa sehari-hari masyarakatnya mengandung arti 'sudah tua' atau 'sangat tua',sehingga pulau Bangka dapat diartikan sebagai "pulau yang sudah tua"

Kata Bangka dapat juga berasal dari kata wangka yang artinya timah. Karena di daerah ini ditemukan bahan galian timah, maka disebut Pulau Timah. Akibat pergeseran atau bunyi bahasa yang berubah maka masyarakat lebih lekat memanggil pulau ini dengan kata Pulau Bangka atau Pulau bertimah.

Iklim Pulau Bangka adalah type A dan dengan musim hujan rata-rata terjadi pada bulan Oktober sampai April. Musim penghujan dan kemarau di Kabupaten Bangka juga dipengaruhi oleh dua musim angin, yaitu muson barat dan muson tenggara.

Gaes, kalau kamu seorang traveler, inilah rute perjalanannya.

Dari Jakarta, kamu bisa naik pesawat menuju Bandara Depati Amir di Pangkal Pinang. Penerbangan rute Jakarta-Pangkal Pinang, ada 6 maskapai yang melayaninya. Yaitu, Sriwijaya, Lion Air, Garuda, Merpati, Batavia, dan Aviastar. Mengenai harga tiket fluktuatif, tergantung musim padat kunjungan dan akhir pekan. Jarak tempuhnya tidak sampai satu jam.

Selesai berkeliling di pulau Bangka, barulah kamu menyeberang ke pulau Belitung. Untuk ke pulau Belitung ada dua cara yang bisa kamu tempuh.

1. Dari Pangkal Pinang, kamu naik pesawat menuju Bandara H A S Hanandjoeddin di Tanjung Pandan. Maskapai yang melayani rute ini adalah Sky Aviation. Lama perjalanan sekitar setengah jam.

2. Naik kapal cepat (jetfoil) KM Bahari Express melalui pelabuhan Pangkal Balam, Pangkal Pinang. Hanya melayani satu kali sehari, yaitu pukul 14.00. Kapal ini sangat nyaman. Kamu bisa memilih 3 kelas sesuai kebutuhan, yaitu VIP, executive, dan economy. Lama perjalanan 4-5 jam.

Pasti kamu sudah pada tahu dengan novel Andrea Hirata, berjudul Laskar Pelangi dan filmnya dengan judul yang sama di tahun 2008 mendulang sukses dan menarik 4,4 juta pasang mata penonton. Karena film inilah, nama Babel (Bangka Belitung) mulai populer semenjak kemunculan buku dan film 'Laskar Pelangi', terhitung 8 tahun setelah pisah dari Sumatera Selatan.

Pantai-pantainya menjadi list para traveler. Ibukota Pangkal Pinang dan berbatasan dengan laut Natuna, Bangka Belitung adalah salah satu provinsi yang dijuluki sebagai gudang wisata populer di Indonesia.

Nah, gaes, di daerahku, kepulauan Bangka Belitung ini pantainya banyak sekali, mencapai puluhan. Semua pantai menurutku punya keunikkan dan keindahan tersendiri. Bagus-bagus pake banget, deh. Jadi, aku hanya merekomentasi beberapa pantai saja untuk riset ini.

~ Pantai-pantai eksotis yang instagenik

1. Pantai Parai Tenggiri

 Pantai Parai Tenggiri

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.
Love To Be Creative (Completed)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang