hi guys, ketemu lagi kita.
.
apa kabar? semoga kalian tetap dalam keadaan sehat ya.
.
oh iya, aku lagi sedih nih guys, works ku Putih Abu-Abu ini telah dijiplak oleh author lain. ya mau gimana ya?... namanya karya sendiri, dibuat dengan mikir sampe berhari-hari, proses sampai publish yang memakan waktu lama, sempat hiatus juga. tau tau ada yang dengan sengaja menjiplak. wattpad itu wadah bagi para penulis yang memiliki segudang ide namun bingung harus kemana menyalurkan bakatnya. ya di sini, di platform gratis ini. kurasa walau penulis gak dibayar oleh wattpad (Seperti youtub*) tapi banyak juga author yang sukses karena karyanya dilirik oleh penerbit, dibuatkan versi novelnya, bahkan dari novel ada yang diangkat ke film (ya kan?).
apalah dayaku yang cuma amatiran dibidang ini, punya karya 1, dengan banyak kekurangan tapi udah diplagiasi oleh seseorang dengan sengaja dan tanpa mengubah isinya sedikitpun. aku sempat ditawarin ada orang yg pengen nge-remake PAA menjadi versi mereka, tapi aku tolak karena karyakupun masih banyak kekurangannya. dia memaklumi dan menghargai keputusanku. itu sopan banget...
aku juga pernah menjumpai beberapa author yang me-repost karya orang dengan tetap menegaskan kalau itu ia memposting ulang dengan mencantumkan sumber dari author aslinya. itu masihlah sopan daripada menjiplak dengan sengaja dan tanpa mengubah isinya sedikitpun.
.
ini beberapa bukti yang sudah aku kumpulkan dari TKP.
.
.
.
.
.
.
Aku buka bukaan aja ya...
Niatku setelah laporanku udah di tanggepin sama pihak wattpad dan cerita bajakan itu udh di take down aku bakal hapus part ini.Dan satu hal lagi, aku bakal kasih kalian hadiah buat yg mau ngebantuin aku ngereport karyaku yang diplagiasi. Kalian nggak perlu baca ceritanya, tinggal report aja kalo itu karya hasil plagiasi. Untuk link nanti aku tulis di percakapan aku.
Nih beberapa buktinya...
.
Orginal Cover lengkap dengan deskripsinyaVersi plagiat
2 bagian yg ngga di copas itu isinya pengumuman yg nggak masuk plot.
.
.
Daftar isi tiap chapter, orginal nya seperti iniAku selalu ngasih judul yg kebanyakan spoiler bagian akhir chapter.
Bedakan dengan satu iniLalu chapter 1 ori ku
Ini versi plagiatnya
Semuanya dicopy tanpa diubah sedikitpun, si plagiat hanya menghapus author's note yg ada di awal sama di akhir
Perhatikan juga bagian chat selalu aku bold untuk nama dan isi chatnya. Beda dgn yg plagiat, dan di akhirannya dia cuma nulis bersambung tanpa ada author's note.
Mungkin kasus ini nggak penting buat kalian, yaah aku bisa apa... Tapi buat aku rasanya sebel gitu, aku ngerasa kayak kerja kerasku selama ini, usahaku belajar nulis, nunggu lama sampai hasilnya bisa sejauh ini, tau tau ada orang yg memanfaatkan dengan mencomot gitu aja.
Makasih buat kalian yg udah stay sama aku sampe sejauh ini, love you guys ♥️
KAMU SEDANG MEMBACA
Putih Abu-abu (Boyxboy)
RomanceHighest rank : #4 in #masasma (13 maret 2019) #2 in #teenager (07 april 2019) #6 in #boyxboy (17 oktober 2019) Cinta itu murni. Cinta ya cinta, balas budi ya balas budi. Balas budi bukan karena cinta. Karena balas budi tak harus karena cinta. Tapi c...