Pentingnya Doa Agar Amal Diterima
.
Doa ini adalah salah satu doa-doa Nabi Ibrahim yang diabadikan di Al-Qur'an. Doa penuh berkah yang mencakup permintaan agung yang sangat dibutuhkan hamba untuk keselamatan dan kebahagiaan hidupnya; dunia dan akhirat. Yaitu minta kepada Allah agar menerima amal-amalnya.
.
Ketika Khalilur Rahman dan puteranya membangun kembali Ka’bah, keduannya berdoa kepada Allah agar menerima amal ibadah yang agung ini. keduanya berdoa,رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ
.
“Ya Tuhan kami terimalah daripada kami (amalan kami), sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 127)
.
Diriwayatkan dari 'Aisyah Radliyallaahu 'Anha berkata, “Aku telah bertanya kepada Rasulullah Shallallaahu 'Alaihi Wasallam tentang ayat ini, apakah mereka orang-orang yang minum khamer, pezina, dan pencuri? Beliau menjawab, “Tidak, wahai putri al-Shiddiq. Mereka adalah orang-orang yang berpuasa, menunaikan shalat dan shadaqah namun mereka takut kalau amalnya tidak diterima.”
(HR. Al-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad. Dishahihkan Syaikh al-Albani)
.
Kata “Taqabbal Minnaa” meminta agar Allah menerima amal dari kami. Qabul (menerima) adalah mengambil sesuatu dan meridhainya. Allah Subahanahu wa Ta'ala mau mengambil (menerima) amal dan meridhainya. Kemudian Allah meridhai pelakunya. Apabila Allah meridhai pelaku amal maka Allah akan memberikan pahala yang telah Dia janjikan kepadanya.Doa ini ditutup dengan dua nama Allah yang Maha Indah, السَّمِيعُ الْعَلِيمُ(Maha mendengar dan maha mengetahui). Maksudnya: Ya Allah, Engkau mendengar semua ucapan kami; di antaranya doa kami ini.
.
Al-‘Alim; Engkau mengetahui semua yang ada dalam diri kami berupa ketundukan dan ketaatan dalam perkataan dan perbuatan. Tidak ada yang tersembunyi bagi-Mu apa saja yang ada dalam hati kami.
.
Disebutkannya dua sifat “mendengar dan mengetahui” ini menunjukkan bahwa doa Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail –‘Alaihimash Sholatu Wassalam- hanya ditujukan kepada Allah semata dan memutus harap dari selain-Nya
.
Selengkapnya:
http://m.voa-islam.com/news/doa/2017/07/19/52081/pentingnya-doa-agar-amal-diterima/
___
.
📮CHANNEL FIQIH WANITA OFFICIAL
.
🌐 Instagram : https://www.instagram.com/fiqihwanita_🌐 Instagram : https://www.instagram.com/fikihmuslimah_
💠 Telegram : t.me/fiqihwanitaofficial
KAMU SEDANG MEMBACA
FIQIH WANITA
SpiritualitéSeputar Hukum, Inspirasi dan Solusi Muslimah. . SEBAIK-BAIKNYA TULISAN ADALAH TULISAN YANG BERMANFAAT!!! . jangan malas membaca!!! Oiyaa.. bagi yang nak ambil.., ambil aja yaa nggk usah izin juga gpp kok... . selamat membaca yah mentemen. :) . DIP...