BEBERAPA CACATAN

121 7 0
                                    

BEBERAPA CACATAN:

⏩ TIDAK HARUS TIDUR

qailulah tidak mesti harus tidur, istirahat pada siang hari sudah termasuk qailulah.

⏩ KAPAN WAKTUNYA?

Pendapat yang paling kuat adalah qailulah itu waktunya setelah zawal (dzuhur) sebagaimana hadits.

Dari Sahl bin Sa’ad radhiallahu ‘anhu berkata,

“kami (dahulunya) tidaklah melakukan qailulah dan makan kecuali setelah shalat jumat di zaman Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.”

⏩ MANFAAT TIDUR SIANG

1⃣ Meningkatkan daya ingat
Sebuah penelitian tahun 2008 menemukan bahwa tidur siang selama 45 menit bisa membantu meningkatkan daya ingat.

2⃣ Meningkatkan produktivitas
Tidur siang dapat melindungi otak dari pengolahan informasi yang terjadi secara berlebihan dan membantu mengkonsolidasikan informasi yang baru dipelajari.

3⃣ Mengobati insomnia
Penelitian telah menemukan bahwa orang yang tidur siang selama 15 menit merasa lebih waspada dan kurang mengantuk, bahkan ketika malam hari sebelumnya kurang tidur.

4⃣ Menurunkan stres
Ingin memotong hormon stres kortisol sebanyak separuh? Penelitian menunjukkan bahwa hormon stres secara dramatis mengalami penurunan setelah tidur siang, terutama jika semalam tidurnya kurang begitu nyenyak.

5⃣ Mencegah penyakit jantung
Tidur siang yang pendek selama 20-40 menit bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke.

Sumber :https://muslimafiyah.com/tiduristirahat-siang-qailulah-sehat-dan-sunnah.html
__

📮CHANNEL FIQIH WANITA OFFICIAL
.
🌐 Instagram : https://www.instagram.com/fiqihwanita_

🌐 Instagram : https://www.instagram.com/fikihmuslimah_

💠 Telegram : t.me/fiqihwanitaofficial

FIQIH WANITATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang