26

10 1 0
                                    

URBAN LEGEND#CERITA

Hantu di FineArts Museum

   Seorang imigran Tiongkok, bernama Hui Bon Hua datang ke Vietnam di era kolonial. Berkat usaha mengumpulkan sampah, tak jarang ia menemukan barang antik bernilai mahal. Perlahan, usahanya pun mulai naik dan menghasilkan untung besar, sampai ia pun menjadi salah satu orang terkaya di kota. Hua pun dikaruniai banyak anak laki-laki dan satu anak perempuan. Konon, anak perempuan satu-satunya Hua adalah perempuan yang sangat cantik dengan kulit yang bersih dan putih.

   Sampai suatu ketika, anak perempuan Hua ini terkena wabah kusta dan menyebabkan kulitnya menjadi sangat mengerikan. Ia pun dikarantina di sebuah kamar di rumahnya. Satu-satunya cara untuk memberi makan kepada anak perempuan tersebut adalah lewat lubang kecil di pintunya, Tak tahan dengan pengurungan ini, perempuan cantik itu seringkali bereteriak sambil menangis, hingga pada akhirnnya meninggal. Meski telah meninggal, banyak penduduk sekitar yang sering melihat bayangan anak perempuan Hua yang mondar mandir di jendela dan koridor. Konon katanya, saking sayangnya Hua terhadap anaknya, Hua tidak sampai hati menguburkan anaknya, sehingga dia hanya menaruh jasad anaknya di sebuat peti batu di ruangan tempat ia dikarantina. Dan tak jarang masih ada yang mendengar suara rintihan anak perempuan itu di malam hari.

   Satu tahun setelah kematiannya, Hua membelikan gaun putih serta boneka dan makanan kesukaan anaknya sebagai sesajen. Persembahan tersebut pun ditempatkan di depan peti anaknya. Malamnya saat ingin membersihkan sesajen tersebut, pelayan mengintip dari lobang dan melihat seorang perempuan dengan gaun putih duduk di atas peti mati sambil memegang boneka. Separuh nasi yang disajenkan pun telah habis.

    Pelayan tersebut langsung berteriak "Nona muda telah kembali!" Sejak kejadian itu, Hua pun memutuskan untuk menguburkan jasad anak perempuannya.

   Kini bangunan tempat Hua dan anaknya dikarantina masih berdiri megah dan telah diubah menjadi museum yang bernama Fine Art Museum untuk penduduk lokal, turis dan mungkin untuk tempat anak perempuanya beristirahat. 

Menurut kamu, urban legend Vietnam ini cukup mengerikan?


 –blog.ciayo.com

URBAN LEGENDSTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang