Tips to prevent halitosis or bad breath

44 7 0
                                    

Assalamu'alaikum warahmatullah
Haii guys comeback with me, okey guys at this time i Will sharing with you All about"tips to prevent halitosis or bad breath"
Seperti biasa gue ngambil ini tuh dari Video dokter favorit gue tiada lain dan tiada bukan yaitu Dokter Calrin Hayes

Okey guys back to topic and to the point tentang tips mencegah Halitosis atau bau mulut. Btw apa sih Halitosis itu?
Jadi Halitosis itu adalah suatu keadaan terciumnya bau tidak sedap ketika seseorang mengeluarkan nafas atau berbicara.
And and why did that happen? Okey guys santuy guys kita bakal kupas bawang eh kupas tuntas tentang ituu disini

Ini dia penyebab dari bau mulut, apalagi ketika puasa seperti sekarang ini ya guys, beuh baunya menyemarakkan hidung kita ini.

1. Gak makan dan minum
Nah guys apalagi kalo pas puasa ya, pasti kita tuh gak memberikan asupan pada tubuh kita or do not eat and drink dan itu tuh yang bikin Mulut kita jadi kering sehingga produksi saliva atau air liur berkurang akhirnya bakteri anaerob (jenis bakteri yang tidak membutuhkan oksigen untuk bertahan hidup dan berkembang biak) menguraikan makanan sisa dimulut kita menjadi sulfur dan amonia. Sulfur dan amonia inilah yang mengeluarkan bau tidak sedap di mulut kita.

2. Asam lambung meningkat
Karena kita lagi puasa nahh lambung kita itu kosong dan menyebabkan asam lambung jadi meningkat
Asam lambung itu kan pHnya rendah atau sifat keasamannya tinggi, asam lambung yang menumpuk lama di lambung kita yang menyebabkan bau tidak sedang jadi pas ngomong udaranya ikut naik ke mulut.

3. Gigi berlubang
Ketika kebersihan mulut gak dijaga dengan baik maka sisa makanan yang kita makan akan menempel di gigi dan diuraikan oleh bakteri-bakteri dirongga mulut sehingga menghasilkan suatu zat samping yaitu asam laktat.
Nah di dalem gigi yang bolong itu bakterinya banyak dan inilah yang menyebabkan bau mulut.

4. Tubuh menggunakan cadangan lemak sebagai sumber energi
Menurut jurnal metabolisme dan endokrinologi saat puasa gula darah kita drop,turun karena gak ada makanan yang masuk ketubuh sehingga tubuh menggunakan cadangan lemak sebagai sumber energi, nah metabolisme lemak ini menghasilkan hasil sampingan namanya 'Keton'(aseton zat kimia, yang ditemukan dalam cat kuku dapat menyebabkan bau seperti kuku pada saat bernafas). Nah salah satu keton ini akan keluar dari mulut saat kita bernafas makannya dalam medis ada istilah"Nafas Bau Keton"

so what should we do? So guys untuk menghindari halitosis apalagi disaat puasa kaya giniii kalian bisa melakukan beberapa tips dibawah ini

1. Jangan makan makanan beraroma tajam saat sahur
Ketika sahur kita tuh harus ngejaga makanan kita guys jangan sampai makan makanan yang beraroma tajam seperti Durian, jengkol,bawang dan lain lain yang bisa menyebabkan bau mulut sepanjang hari dan kalian juga jangan lupa untuk menjaga asupan cairan dalam tubuh dengan minum air putih yang cukup agar kebutuhan cairan dalam tubuh terpenuhi dan mulut gak terlalu kering, kalian bisa pake metode 2-4-2( 2 saat sahur, 4 setelah buka, 2 sebelum tidur).

2. Hindari makanan yang asam dan pedas
So guys makanan yg asam dan pedas itu bis merangsang peningkatan asam lambung and bisa bikin mulut kita jadi bau, so hindari makanan yg asam and pedas ya guys

3. Rajin sikat gigi atau pake mountwash antibakteri
Kita harus rajin sikat gigi atau pake mountwash antibakteri guys tapi jangan ditelen yaa, and jangan lupa juga buat sikat lidahnya because kebanyakan orang tuh suka lupa buat nyikat lidah(because dilidah itu kotor and banyak kumannya) padahal kalo kita gak nyikat lidah kita nanti kuman yang ada di gigi bisa pindah ke lidah and jadi bolbal or back and forth, and sekarang sikat lidah dapat dengan mudah ditemukan dengan beragam bentuk dan ukuran. Lalu, bagaimana memilih sikat lidah yang tepat? Pilihan sikat lidah ergonomis yang dibentuk sesuai dengan anatomi lidah, sehingga dapat mengangkat lapisan plak sekaligus membersihkan permukaan lidah. 

4. Kontrol ke Dokter gigi
Harus rajin kontrol ke dokter gigi 6 bulan sekalian buat cek gigi kalian

5. Hindari merokok
Rokok dapat mengotori jalan napas dan menyebabkan bau napas yang tidak sedap juga menyebabkan bakteri dimulut semakin banyak



Mitos Tentang KesehatanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang