Asyiknya Puasa

278 6 0
                                    

           Namaku Reina. Nama panjangku Reinaaaaa. Kalau nama lengkapku Melania Nisyira Reina. Nama dua sahabatku adalah Velyna Rinasya Rika (Lyna) dan Filna Kelivna werida (Filna). Kalau teman-temanku banyak banget. Ada Mela, Citra, Kiki, Kisya, Revana, Syerli, Syerlin, Hima, Bima, Wima, Ellin, Alvine, Rio, Ria, dan lain-lain. Nama kedua ortuku Syifa Kirana (Bunda Syifa) dan Roni Wirdiyanto (Ayah Roni). Nama Kakakku adalah Lekiko Rewideran Baroni (Kak Kiko). Nerida Rewasati adalah nama Nenekku (Nek Rida). Dan, Kernoso Cerone adalah nama Kakekku (Kek Kernoso).

             Dua minggu lagi bulan Ramadhan akan datang. Wah, senangnya! Sore ini aku berkumpul di taman dekat rumah. Aku dan teman-teman sedang membicarakan tentang bulan Ramadhan. Aku dan teman-teman akan bercerita tentang kejadian pada bulan Ramadhan lalu. Cerita teman-teman menarik banget sih!

              Satu minggu berjalan dengan cepat. Tak terasa, aku sudah memasuki minggu terakhir sebelum bulan Ramadhan. Alhamdulillah... Sore ini aku kembali berkumpul bersama teman-teman di taman lagi. Kali ini, aku dan teman-teman akan menyanyikan lagu "Marhaban Ya Ramadhan". Seru!

               Selesai salat magrib, aku berkhayal tentang puasaku besok. Sampai-sampai, aku senyum-senyum sendiri. Kak Kiko yang tidak sengaja melihatku langsung tertawa.               

"Ha.. Ha.. Ha.. Jangan berkhayal dulu Dek! Kan Besok kamu bisa masuk ke dunia khayalmu itu" kata Kak Kiko sambil meledekku.

               "Kakak!" teriakku marah.

                 Saat aku sahur, aku makan dengan sate. Sate ayam yang ku makan adalah sate ayam yang dibelikan ayah semalam. Enak lho! Aku makan sahur sampai kenyang. Biar puasanya kuat! Aku di suruh Bunda minum susu dan makan telur. Agar energiku bertambah. Alhamdulillah... makananku sudah habis. Tapi aku belum kenyang. Jadi, aku minum energen dulu. Aku minum energen rasa terbaru, yaitu rasa kurma. Hmm... nikmat!

                 Duh, kekenyangan nih. Salat subuh dulu deh. Untuk mengurangi kenyang. Hehehe... Selesai salat subuh, aku ngantuk sekali. Aku langsung tertidur di atas sajadah saking ngantuknya. Beberapa menit kemudian, aku terbangun. Aku yang kaget karena belum mengaji langsung duduk tegak sambil membaca Al-qur'an. Jangan ditiru ya!

                 Setelah selesai mengaji, aku melanjutkan tidurku. Tadi, aku bermimpi pergi ke luar angkasa. Sayangnya, mimpiku terputus karena aku di bangunkan oleh Yang Maha Kuasa. Tapi, aku baru tidur 10 menit, sudah bangun. Akhirnya, aku ikut menonton TV bersama Kak Kiko. Aku suka menonton TV tentang laut.

                 Setelah menonton TV, aku bergegas mandi. Baru jam 06.30 sih. Tapi aku gerah banget! Nanti juga bisa mandi lagi. Aku mengganti bajuku yang sudah bau dengan baju yang masih bersih. Aku menggunakan baju berlengan pendek berwarna biru muda yang bergambar smile yang sedang tersenyum. Aku juga memakai celana jeans panjang bergambar kepala kucing yang sangat imut dan lucu. Selesai memakai baju, aku keluar dari kamar mandi. Ternyata, di depan kamar mandi terdapat Kak Kiko yang juga mau mandi.

               "Lama amat sih. Kamu ini mandi atau main?" tanya Kak Kiko kesal.

               "Ya mandi lah..." jawabku sewot.

               Aku langsung meninggalkan Kak Kiko yang menyebalkan itu. Aku meletakkan baju kotor di cucian. Dan kembali ke kamar. Menit demi menit begitu lambat bagiku. Sejak jam 09.00 tadi aku sudah lapar, lemas, dan sebagainya. Ya Allah. Kuatkanlah puasaku hari ini.

              Berbeda dengan Kak Kiko. Kak Kiko tidak lemas sedikit pun. Bahkan, ia ikut bermain sepak bola bersama teman-temannya. Juga Ayah dan Bunda. Ayah bahkan mencuci mobil dan motor sekaligus. Dan Bunda membersihkan rumah dan kamar mandi. Betapa payahnya, aku. Masa sudah kelas 3 tapi enggak kuat puasa sih? Malu dong. Mungkin karena aku tidak terbiasa puasa. Kalau Ayah, Bunda, dan Kak Kiko selalu puasa sunnah Senin-Kamis. Kalau aku tidak. Jadi, lambungku kaget saat tidak di beri makan selama 12 jam. Semoga besok aku kuat puasanya! Amiiin.

                Alhamdulillah... akhirnya buka puasa juga. 

                "Maaf ya Bun. Tadi aku enggak bantu Bunda masak. Habis lemas banget sih" kataku kepada Bunda.

                "Iya. Gak pa-pa kok sayang" ujar Bunda memaaafkan.

                Aku tersenyum senang. Aku segera meminum lemontea-ku. Setelah itu aku salat magrib dulu. Makan nasinya setelah salat. Aku salat magrib berjamaah di rumah bersama Bunda. Sedangkan Ayah dan Kak Kiko salat berjamaah di masjid. Tidak lupa mereka pergi ke masjid menggunakan masker. Kan sekarang lagi ada virus corona. 

                Tepat saat aku dan Bunda selesai berdoa, Ayah dan Kak Kiko pulang dari masjid sambil membawa takjil. Aku langsung membantu membawakan takjil tersebut dan menaruhnya di meja makan. Setelah itu, aku pun segera makan. Ternyata takjilnya adalah nasi dengan ayam goreng lengkap dengan sambal. Dan minumannya adalah es teh. Aku langsung mencuci tangan dengan bersih lalu berdoa. Setelah itu, baru makan. Kalau aku kepedasan, aku minum es teh, bukan air putih. Aku juga ambil donat yang di bawakan Nenek 5 hari yang lalu. Aku ngemil sambil baca.  

               Senangnya dapat berpuasa!  

               Tungguin cerita-cerita baru dariku. 

                Selamat berpuasa! :)

Kumpulan Cerita AnakTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang