hari ini rencana besar yg uda kita atur sedemikian rupa bakal terlaksana, ga tau gimana jadinya nanti.gw cuman takut semua kegiatan yg uda kita susun bakal berantakan, tapi kata-kata bara semalem sukses bikin gw lebih optimis.
"bar kalo misal acara ini berantakan gimana?". tanya gw sambil natep dia.
"ya ga gimana-gimana". jawab bara sambil natep gw juga. kita jadi tatap-tatapan.
aseeeek ihiw. ntar keluar musik 'pandangan pertama awal aku berjumpaaa'. duh gaje banget gw anjer.
uda mau baper aja ditatap ke begitooo. tapi inget gabole lemah, masa ditatap kek gitu aja langsung lembek. sadar diri adhiraaaa!!!.
"acara ini ga main-main loh bar". kata gw sambil ngerutin dahi.
"ya mangkanya lo harus mastiin semuanya, biar acaranya sukses". bales dia.
"gw cuma takut kalo rencana kita ga sesuai ekspetasi mereka". sambung gw.
"kita yg punya acara, kita yg nyusun rencananya, tapi inget tuhan yg ngasih jalan".
gw bisa ngerasain tulusnya omongan itu, sorot matanya seolah-olah ngomong 'semua bakal baik-baik aja'.
"pulang yuk bar, dah malem". ajak gw yg cuman diangguki dia.
dijalan kita ga banyak omong, gw yg larut sama cairan garam. ngga deng larut sama pikiran gw. cielah sok kek punya pikiran ae.
ya punya lah. pan ada otak. gubluk bet dira ini.
bara yg kayaknya lagi capek juga ga ngeluarin suara apa-apa. cuman ada sepi diantara kita. aseeeeek. apasi anjer sampis banget gw.
ga kerasa gw uda sampe depan rumah. depan rumah gw bukan rumah bara, ntar papa ngamuk lagi anak perawannya ilang satu.
"makasi bar, ati-ati kalo mau pulang. jgn lupa kabarin kalo sampe rumah". kata gw sambil balikin helm ke dia.
"harus?". tanya dia sambil senyum kecil.
"banget, ntar bunda lo tiba-tiba ngabarin gw anak cowoknya ga pulang semaleman. gw diinterogasi sama bapak negara". jawab gw.
dia cuman ketawa kecil aja, capek banget pasti. pengen bilang 'mau mampir ga?', tapi ntar kalo ada tetangga yg liat pan berabe mana lambe tetangga pedes banget.
gw ngga langsung masuk, gw masih liatin motor dia yg uda mulai ngejauh. pengen bilang jangan pergi, tapi ntar drama banget. gajadi deh.
"darimana lau?".
"ASTAGHFIRULLAH SETAN!!". gw yg mau balik badan langsung kaget gegara si vira muncul ga pake salam.
"setan ndasmu! ngapain pulangnya malem?". kata vira sambil ngejitak kepala gw.
"sakit goblok!". gw yg dijitak ya tentu tidak terima. dan terjadilah perang berdarah dirumah wiradhana.
ga deng, canda doang. dah malem gini kita ga berani buat berisik ntar kalo si bapak negara marah, auto potong uang jajan pan ga lucu.
gw yg daritadi jitak-jitakan sama vira mendadak berhenti tiba-tiba.
"papa ngapain?". tanya kita barengan. copy paste emang sukanya tuh anak.
gw yg sedikit bingung ngapain papa malem-malem gini masih bangun. biasanya uda tidur jam segini soalnya, apa kebangun gara-gara gw teriak tadi ya.
"engga, lagi pengen liat kalian bercanda aja". jawab papa sambil senyum.
gw bisa liat papa yg sedikit kaget karna kita yg tiba-tiba muncul.
kita langsung nyamperin papa sambil ngerentangin tangan. mau peluk.
gw bisa ngerasain kehangatan ini cuman sebulan sekali, papa emang sering dinas keluar kota dan yg paling bikin gw lebih kangen adalah papa bawa mama juga keluar kota.
entah kenapa pelukan papa kali ini kerasa lebih erat dari sebelum-sebelumnya.
"papa mungkin gabisa jadi papa yg kalian pengen, tapi papa janji papa bakal buat kalian bangga". kata papa. gw ngerasa yg seharusnya ngomong gitu itu gw. sebagai seorang anak.
"meskipun vira bukan anak kandung papa, tapi papa mau kalian jadi putri papa". lanjut beliau.
gw cuman bisa ngeliat vira yg sekarang lagi nangis sesenggukan. gw gamau jadi cewek lemah yg harus nangis cuman karna sebuah kalimat doang tapi entah kenapa ni air mata badung banget. akhirnya nangis.
kini papa mulai ngasih jarak dan nyuruh kita duduk.
"papa masuk kamar dulu ya, kasian mama kalo ditinggal nanti ngambek". kata papa sambil ngelus kepala kita.
baik gw maupun vira cuman bisa nganggukin kepala.
sosok gagah yg sekarang lagi berjalan ngejauh dari pandangan kita, sosok yang selama ini nunjukin ketegasannnya. ternyata cuman seorang papa yg masih punya sisi rapuh.
papa ngga pernah ngeluh karna beliau capek kerja, gw ngga pernah ngeliat papa yg putus asa, gw ngga pernah ngeliat papa bisa buat ketawa lepas.
beban dipundaknya mungkin terlalu berat. kerasnya papa dalam mendidik seorang anak dalam hal kemandirian, bijaksananya papa dalam membuat keputusan, dan cara papa menghargai dan menghormati orang lain. mampu buat gw termotivasi buat jadi lebih baik lagi.
entah kenapa papa selalu punya suatu hal yg bisa bikin kita bahagia, mungkin itu salah satu kelebihan papa yg bikin mama jatuh cinta sama papa.
sleep well
my precious king 👑tbc IHIiiiiiiyyYyyy