Surat dispen yang diterima gadis itu sudah diberikan pada pembina dan kepala sekolahnya. Besok, tepatnya hari sabtu. ia harus packing untuk keberangkatannya ke bumi perkemahan kecamatan di mana ia ditugaskan untuk ikut mengamankan kegiatan di sana.
Gadis itu bernama Alya Megantara. Anggota Saka Bhayangkara yang telah berlatih kurang dari satu tahun dibawah bimbingan kepolisian. Hobinya di dunia coklat membawanya hingga masuk keanggotaan Saka Bhayangkara dan sering juga ditugaskan untuk pengamanan kegiatan.
Esoknya....
Alya sudah siap sejak jam 9 pagi. Namun ia disuruh dulu oleh orang tuanya sampai dzuhur. Setelah dzuhur, gadis itu malah ketiduran selama dua jam. Setelah bangun ia langsung bersiap kembali, dengan balutan seragam coklat tua dan coklat mudanya. Tak lupa tas yang sudah di simpan di belakang punggungnya itu. Hanya saja ia kini tengah bingung bagaimana cara ia berangkat.
Kegiatan perkemahan itu sudah dimulai sejak hari Jumat dan ia hanya berkata bahwa mampu menginap satu malam saja. Jadi si ketua saka sudah tahu bahwa Alya memang sering diizinkan satu malam saja berkemah yang letaknya cukup jauh dari rumah.
Abangnya mendadak harus kembali ke bandung sehingga tak dapat mengantarkannya. Ayahnya sedang kurang enak badan dan susah membawa motor, apalagi jika harus membonceng Alya jelas konsequensinya cukup Alya hindari. Sedangkan rekan SBK pun tak dapat menjemputnya sebab kegiatan yang cukup padat di sana.
Alya sibuk memberi pesan pada teman-temannya. Bertanya bahwa siapa yang bisa mengantarnya ke Buper Nesva tempat perkemahan itu diadakan.
Satu jam berlalu tak ada yang bisa mengantarkannya. Ketika ia hendak menyimpan smartphonenya, justru salahsatu teman semasa sd nya mengabarkan bahwa ia bisa mengantarkan Alya sore itu.
Setelah berpamitan dengan Ayah dan Ibu. Alya langsung menuju jalan di mana Aini, teman yang bisa mengantarkannya itu sudah menunggu.
"Mau ke mana kita, Ly?" tanya Aini
Ly memang panggilan untuk Alya dari orang yang mengenalnya.
"Ke Buper Nesva. Aku udah ditunggu nih dari tadi," jawab Alya
"Yaudah cepet naik. Nih, helmnya pake." Aini memberikan sebuah helm untuk Alya pakai. Teman Alya ini langsung menghidupkan motornya.
Alya langsung memakai helm yang diberikan Aini lalu menaiki motor matic milik Aini. "Makasih ya,"ucap Alya
"Iya sip. Santai aja lah, kayak sama siapa aja," sahut Aini tanpa menoleh.
"Udah izin sama Mama, kan mau nganterin aku? takutnya kemaleman terus Mama kamu nggak tahu. Nyalahin aku deh nantinya," ujar Alya
"Udah kok. Lagian Mama kan tau sama kamu. Mama cuma bilang hati-hati terus kalo udah langsung pulang katanya."
Kedua remaja itu terdiam seketika sambil menikmati angin sore yang menerpa wajah mereka.
*****
a/n :
Nih, buat yang udah jawab apa itu Saka Bhayangkara. Good jawaban kalian bagus. Nih, aku jelasin lagi ya.
Saka Bhayangkara. Itu merupakan salahsatu bagian dari Saka (Satuan Karya). Saka itu seperti cabang. Contohnya seperti anak SMK yang ada jurusan Otomotif, Multimedia, Farmasi, Akuntan, dan lainnya. Jadi Pramuka tuh ibarat sekolahnya dan Saka merupakan jurusannya.
Yang ikut saka itu harus anak pramuka. Dan Saka itu dinaungi oleh Instansi terkait. Misalnya kayak Alya yang ikutan Saka Bhayangkara. Yaitu saka yang dinaungi dan dibimbing oleh kepolisian (POLRI). Saka Bhayangkara biasa disingkat SBK, SABHARA, PRASABHARA.
Selain Saka Bhayangkara banyak juga Saka lainnya. Seperti Saka Wirakartika / SWK yang dinaungi TNI. Saka Bahari bidang kelautan. Saka Bakti Husada bidang kedokteran dan banyak lagi Saka dibidang lainnya.
Yang mau menambahkan tentang Saka, silahkan Rifad tunggu di kolom kementar ya...
*****
KAMU SEDANG MEMBACA
SEMENTARA (END)
AventuraSalam PRAMUKA. SABHARA INDONESIA JAYA !!! Sebagian Masa penegak. Di mana Alya Megantara bisa bertemu dengan berbagai sosok di dunia Coklat, termasuk sosok teman kegiatannya🍁 Wattpaders & Anak Pramuka ayo kak kumpul di sini. Ikuti keseruan kisahnya...