6. Drama

949 118 9
                                    








Setelah kerjaan di kantor selesai gue mutusin buat segera pulang ke rumah dan ketemu anak bini gue. Yang bikin ngebet juga karna gue pengen cepet-cepet minta penjelasan dari Yasa kenapa bisa dia ada di cafe dan malam maen game padahal udah mau sore. Gue jadi curiga jangan-jangan tu anak tiap hari pulang sore karna maen game dan ga pulang bareng adeknya.

Sesampenya di rumah gue segera markirin mobil di halaman dan masuk ke dalem rumah, ga lupa ngegendong tas gitar gue. Kaya biasa masuk rumaha aja ga perlu permisi rumah, rumah gue ini.

"Mas udah pulang?" Tanya Naya pas ngeliat gue muncul dari balik pintu, kaya biasa bini gue langsung nyamperin dan meluk gue manja. Gue yang ga tahan sama kemanjaan Naya langsung nyium pangkal rambut Naya di susul belahan jiwa gue lainnya Gumi yang nyamperin gue dan meluk gue gamau kalah. Ples minta cium juga, emang jiplakan Naya banget kalo Gumi.

Beda sama Yasa yang keliatan kaget banget liat papinya pulang cepet, padahal biasanya gue pulang malem paling cepet jam delapan malem.

"Yasa, kamu ga salim sama Papi?" Tanya gue bikin Yasa yang daritadi sok ga liat gue nengok.

"I-iya, Pi," anak itu jalan ke arah gue dengan ragu-ragu. Gue yang udah tau biduk perkaranya cuma bisa nyengir dalem hati.

"Nanti Papi mau ngomong sama kamu sama Mami," titah gue sambil masih meluk dua cewe manja yang lagi asik meluk gue juga.

"A-ku rasa, kita negosiasi du-dulu deh, Pi."

"Ada apa? Kalian aneh banget deh, ada apa si?" Pertanyaan Naya keliatan bikin ekspresi Yasa ga karuan. Maafin Papi, tapi kamu emang harus di ajarin biar ga kebiasaan boongin orangtua.

"Ohh, pasti Papi mau ngomongin soal kerja kelompok Kak Yasa kan? Yang sebenernya cuma nongkrong di cafe?"

Pertanyaan Gumi bikin gue auto nengok ke anak gue yang satu itu. Hal yang tadinya pengen gue jadiin anceman buat Yasa di bongkar mentah-mentah dong. Tapi di sisi lain gue pengen ketawa liat anak sulung gue itu kaget bukan maen. Lucu banget si Yasa.

"Apa?" Naya keliatan ga kalah kaget.

"Yasa bisa jelasin, Mi!"

"Mami masih ga ngerti apa maksud Adek kamu."

"Yasa bisa jelasin Mi, tapi, aw ... Mi, Mi tolong dada Yasa sakit," tiba-tiba di tengah percakapan Yasa keliatan megangin dada sebelah kirinya dan cara ngomongnya bikin gue panik.

"Yasa, sayang kamu kenapa, Nak?"

"Yasa, kamu kenapa, jangan becanda ga lucu," ucap gue sambil nyamperin anak itu yang keliatannya kesusahan buat nafas. Hal itu juga bikin Naya keliatan panik apalagi Gumi udah mulai nangis.

"Kakak kenapa Mi, Pi, hiks."

"Panggil, panggilin Bunda. Please Pi, dada aku sakit banget."

"Nay, Nay cepet panggilin Aysa biar aku bawa Yasa ke kamarnya."

"I-iya Mas, ayo cepet Mas, bawa Yasa ke kamar, cepet Mas!" Ucap Naya histeris bikin gue langsung ngegendong Yasa dan bawa dia ke kamar. Yasa udah mulai kehilangan kesadaran bikin gue makin panik, apalagi Gumi ngikutin gue sambil nangis hal itu bikin gue tambah panik.

Gue tidurin badan Yasa di kasurnya dan nyoba nenangin dia. Gue harap Aysa bisa cepet dateng dan cek kondisi anak sulung gue ini. Tiba-tiba gue inget beberapa insiden yang pernah terjadi dulu Yasa pernah kumat juga gara-gara kaget dan panik, sampe di opname juga. Maafin Papi, Papi ga niat bikin kamu kaya gini.

"Pi, Kakak ga apa-apa kan? Kakak baik-baik aja kan, Pi?" Tanya Gumi yang sekarang lagi gue peluk.

"It's okay, Kakak kamu baik-baik aja. Ssttt jangan nangis," gue nenangin Gumi karna anak ini panik banget liat kakaknya. Maafin Papi.

Ga lama Naya nyusul ke kamar dan masih nangis, Naya keliatan mijetin badan Yasa dan ngegenggam tangan anak itu, gatau manfaatnya apaan yang jelas tiap Yasa kumat reaksi Naya selalu sama. Dan ga lama kemudian sekitar sepuluh menit akhirnya Aysa dateng, dia keliatan pake seragam biasa. Dan gue baru inget ini hari libur dia, dia pernah bilang. Mungkin itu kenapa dia bisa dateng lebih cepet.

"Kenapa lagi Yasa?" Tanya Aysa yang lagi ngeluarin berbagai alat dari dalem tasnya.

"Aku gatau, Ay. Tadi lagi ngobrol tiba-tiba kumat," jawab gue yang masih meluk Gumi.

"Yaudah kalian keluar dulu aja. Biar aku yang urus Yasa."

Akhirnya gue, Naya dan Gumi keluar dari kamar dan mutusin buat nunggu di depan kamar Yasa. Gue masih panik banget dengan keadaan Yasa dan mencoba berfikir sepositif mungkin. Gue gamau Naya makin panik kalo liat gue panik.

"Mas anak kita gimana, Mas!" Ucap Naya sambil nangis yang langsung gue peluk.

"Ga apa-apa Nay, kamu jangan nangis yah sayang. Anak kita pasti baik-baik aja. Kamu kan juga tau Aysa selalu jaga Yasa dengan baik dari dia bayi."

"Tapi Mas, aku takut Yasa harus di bawa ke rumah sakit lagi dan di operasi kaya dulu ...."

"Nay, kamu mikirnya jangan gitu dong. Berfikir positif oke?" Ucap gue nenangin Naya. Gue harap hasil dari perawatan Aysa baik-baik aja. Gue tau banget kinerja Aysa buat Yasa selama ini selalu yang terbaik.

"Pi, Kakak baik-baik aja kan? Hiks ...."

"Kakak baik-baik aja kok, Gumi jangan nangis yah," ucap gue sambil ngusap air mata anak bungsu gue itu.

Gue mencoba setenang mungkin karna gue tau kalo gue panik dua cewe ini juga bakalan ikutan makin panik.

****

Sekitar 15 menit, akhirnya Aysa keluar dari kamar Yasa dan ekspresinya keliatan bingung.

"Sa, gimana keadaan anak aku? Dia baik-baik aja kan?" Tanya Naya sambil masih berlinang air mata.

Aysa keliatan menghela nafasnya sejenak bikin gue makin dag dig dug,
"Anak kalian baik-baik aja kok, mungkin dia cuma kecapean. Yasa cuma harus minum obat teratur dan istirahat yang cukup supaya kerja jantungnya ga terlalu berat," jawab Aysa dengan senyuman yang hampir bikin gue mengenang masa lalu.

"Syukurdeh kalo gitu. Ngomong-ngomong makasih yah udah bisa buru-buru dateng ke sini," ucap gue tulus karna jantung gue hampir copit juga liat Yasa yang mendadak kambuh.

"Ga apa-apa, kok Mas. Jaraknya juga deket dari rumah aku."

"Bunda makasih yah udah obatin Kakak aku," ucap Gumi.

"Udah kewajiban Bunda buat ngobatin Kakak Yasa. Kan Bunda Dokter," jawab Aysa sambil ngelus puncak kepala Gumi. Di larang adem liatnya.

"Sa, makasih yah udah cepet-cepet dateng buat ngerawat anak aku," kali itu Naya yang ucapin makasih sambil meluk Aysa, "kalo ga ada kamu, aku gatau lagi deh anak aku gimana sekarang."

"Ihh kamu tuh bilang apa si Nay, kan aku Dokter pribadinya Yasa, udah seharusnya dong aku dateng kalo di butuhin. Udah ah mellow-mellownya aku harus buru-buru balik ke klinik nih, Bapak udah nungguin di sana kasian sendirian," ucap Aysa sambil lepas pelukan dia dari Naya.

"Mau aku anterin Ay?" Tanya gue berbasa-basi.

"Ga usah Mas, aku motoran kok," jawan Aysa sambil senyum bikin ambyar, eh.

"Yaudah kalo gitu hati-hati di jalan yah."

"Iyah, aku pamit yah, Mbak, Mas, Sayang Bunda pamit dulu yah," Aysa meluk Gumi.

"Hati-hati di jalan Bunda."

Naya ngelambayin tangan dan turun, akhirnya lega juga karna ternyata Yasa baik-baik aja. Baru aja Aysa pergi Naya udah ga ada, ternyata udah masuk ke kamar Yasa. Bikin kaget aja.

Bersambung ...

Jangan lupa vote & komennya. Makin banyak vote dan komen makin cepet author up ceritanya ^^









Jae And His Family Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang