14. Harta Yang Paling Berharga Adalah Keluarga

668 88 9
                                    


Baru jam enem pagi, gue udah sibuk di bikin bangun sama Maminya anak-anak yang ngelusin punggung gue. Gue tidur dengan posisi tengkurep karna punggung gue entah kenapa dari kemaren pegel ga ketulungan sampe akhirnya Naya nempelin lima biji koyo cabe.

"Mas, bangun, udah pagi," ucap Naya sambil sesekali nyiumin pipi gue. Jangan lo pada kira gue doang yang suka nyosor. Perkara cium-ciuman gue pernah abis juga sama Naya. Jangan di bayangin.

"Nay, pijitin punggung Mas, yang agak atas sakit banget," keluh gue yang masih tiduran tengkurep.

"Mau cuti kerja aja Mas? Kalo mau biar aku temenin. Nanti aku ijin ke Sam."

Ga enak juga kalo Naya jadi repot gara-gara ngurusin gue, belom nyiapin sarapan anak-anak belom lagi nyiapin keperluan gue. Buat istri-istri di dunia ini dan buat mami gue, gue rasa harus sungguh-sungguh berterimakasih.

"Ga usah Nay, kalo kamu mau kerja kerja aja. Sekarang pijitin punggung Mas dulu," pinta gue yang langsung di kabulkan. Ga berapa lama Naya selesai mijitin gue dan gue langsung bangun dari tempat tidur.

Kepala gue mendadak cenat-cenut apa iya gue terserang kolestrol tapi hidup gue udah mendinglah. Ga mabok, nyebat juga ga lebih dari sebungkus sehari, masa iya gue kolestrol.

Daripada mikir lama akhirnya gue berangkat ke kamar mandi, buat bersihin badan, cukuran kumis yang udah kasar, ibaratnya kalo Naya gue cium dia auto kegelian. Daripada Naya gamau gue cium mending gue cukuran.

Suara ketokan di pintu kamar mandi bikin gue nengok.

"Mas, abis mandi langsung ke bawah yah sarapan udah siap," Naya ngomong dari balik pintu.

"IYAAA NAYYY," gue sedikit teriak takut Maminya anak-anak ga denger.

******

Gue akhirnya turun ke meja makan, fyi kamar gue sama Naya dan anak-anak semuanya ada di lantai atas, sedangkan lantai bawah cuma ada kamar tamu. Walaupun kalo gue sama Naya lagi pengen nabung, suka pindah tengah malem terus kunci pintu. Kalo di kamar atas takut kedengeran secara kamar gue sama Naya sebelahan sama kamar Yasa.

Bisa ribet kalo tu bocah satu denger.

Gue jalan nurunin anak tangga cuma pake kaos polos warna putih sama boxer. Gue liat anak-anak udah pada duduk di formasinya masing-masing, sementara Naya lagi sibuk di dapur.

"Pagi anak-anak Papi," ucap gue yang langsung duduk di samping Gumi. Anak gadis gue satu-satunya yang makin hari makin cakep kaya gue. Tapi kalo liat Yasa, luar biasa gue bikin dia pas mabok dulu aja, mirip parah sama gue.

Gue geleng-geleng kepala sambil liat tu bocah yang pake kacamata bulet natap gue heran.

"Kenapa Papi geleng-geleng?" Tanya Yasa bikin gue nengok.

"Ahh ini, ini leher Papi sakit banget," jawab gue ngeles.

"Papi sakit?" Kali ini Gumi yang nanya.

"Ngga kok Sayang, cuma pegel doang," gue ngusap rambut Gumi sambil senyum ke dia. Kayanya ni rumah bakalan sepi kalo ga ada anak-anak. Kalo misal Yasa udah kuliah terus pengen ikut Oppah Ommanya ke luar negri pasti bakalan sepi banget. Belom lagi kalo Gumi nikah terus di bawa sama suaminya, gue ga bisa bayangin hampanya hidup gue tanpa mereka.

Ga lama Naya dateng dan duduk di samping Yasa. Dengan cekatan Naya langsung nyendokin nasi goreng ke piring anak dan suaminya. Gue perhatiin Naya yang dulu cuma sebatas temen usil dan ngobrol, belom lagi sikapnya yang bar-bar dan agak kasar, gue ga nyangka dia bisa selembut sekarang, sikap dia juga keibuan dan yang ajaib adalah dia manggil gue dengan sebutan Mas pula. Mimpi apa gue.

"Kenapa Mas? Ayo di makan," ucap Naya yang bikin gue malu sendiri karna kepergok.

Gue cuma senyum terus akhirnya makan. Kalo di pikir-pikir setelah gue ngobrol sama Sammy kemaren pikiran gue jadi lebih terbuka tentang arti dari sebuah keluarga.

*****

Akhirnya kita semua selesai makan, Yasa yang daritadi udah bolak balik ngambil sesuatu di kamarnya dan beberapa kali nanya ke maminya soal buku yang mau di balikkin ke perpus sekolah bikin berisik seisi rumah.

"Aku yakin kok, Mi, kemarin aku naro buku di atas meja belajar."

"Tapi pas Mami beresin kamar kamu mejanya bersih sayang."

"Ga mungkin."

"Yaudah sebentar Mami bantu cari."

Begitulah suara teriakan yang ada di lantai atas. Yasa sama Maminya hampir kaya gitu tiap pagi, ga cuma Yasa tapi Gumi juga, selalu aja ada yang di cariin tiap hari. Untung Naya sabar.

"Papi sakit yah, makanya ga kerja?" Tanya Gumi yang daritadi ngeliatin gue yang lagi maenin Laptop, lebih tepatnya cekin Email dari perusahaan start up yang butuh jasa design dari gue.

"Engga, Papi cuma lagi pengen libur aja. Istirahat kerja," jawab gue masih setia dengan mata yang menatap laptop.

Gumi emang ga jadi gue yang nganter ke sekolah, dia berangkat sama Maminya sekalian bareng ke kantor. Alhasil gue sendirian di rumah kalo anak-anak sama Naya udah menjalani aktivitasnya masing-masing.

"Pi, aku berangkat dulu," ucap Yasa yang dateng tiba-tiba. Dia salim ke gue.

"Hati-hati bawa motornya, belajar yang pinter, jangan lakuin aktivitas berat, oke?" Petuah gue ke si sulung.

"Iya, Pi, aku berangkat sekarang, assalamualaikum," ucap Yasa sebelum pergi.

"Waalaikumsalam," jawab gue sama Gumi barengan. Setelah itu suara agak berisik kedengeran keluar dari pekarangan rumah. Gue mencoba mengikhlaskan jika pada akhirnya Yasa emang harus di kasih ruang buat jadi remaja pada umumnya. Walaupun dalem hati, ada rasa khawatir yang mendalam tapi gimana lagi, kata Sammy gue harus ngasih kebebasan demi kebaikan Yasa.

"Sayang ayo, berangkat," Naya udah keliatan rapih dengan baju formalnya.  Ga usah di puji cantik, maminya anak-anak emang keliatan stunning tiap hari.

Gumi bangun dari sofa di samping gue. Terus mereka salim.

"Aku berangkat yah, Mas. Makanan udah ada di meja, kalo laper tinggal di masukin microwave aja," ujar Naya sambil nunjuk ke arah meja makan.

"Iya Nay, sini kalian papi Kiss dulu," ucap gue sambil berdiri nyium kening Naya sama pipi Gumi, "hati-hati di jalan yah," ucap gue.

Gue nganterin Gumi sama Naya ke depan rumah, ngeliat mereka berlalu sampe mobil yang biasa gue kendarain hilang dari pandangan.

Emang bener kata lagu harta yang paling berharga adalah keluarga.

Bersambung ...

Akan update setelah 15+ vote ...

Jae And His Family Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang