Dari mata sipit gue yang gue buka sedikit, gue bisa liat Bunda masuk ke dalem kamar gue dengan tampang paniknya bikin gue auto nutup mata lagi. Gue bisa denger suara papi, mami bahkan Gumi yang lagi khawatir.
Semua percakapan mereka kedengeran jelas, gue jadi ngerasa bersalah karna udah pura-pura kambuh kaya gini. Tapi mau gimana lagi, gue cuma mencoba bertahan hidup.
Ga lama semua orang keluar dari kamar dan nyisa gue sama Bunda. Tangan bunda udah megang stetoskop dan siap di arahin ke dada gue tapi dengan sigap gue nyegah tangan bunda bikin bunda keliatan kaget banget.
"Nayas-"
"Sssttttt, jangan berisik Bun, kalo Papi denger aku bisa beneran kambuh," ucap gue sambil ngangkat telunjuk dan naro jari gue sekitar beberapa inci dari bibir Bunda.
"Nayasa!! Udah Bunda bilang berenti buat bohongin Papi sama Mami kamu!" Bunda ngebentak dengan suara bisik-bisik.
"Aku pengen hidup juga Bun," gue balik bisik-bisik.
"Kamu ini ngomong apa si? Jujur juga ga akan bikin kamu di sakitin sama Papi sama Mami kamu."
"Please Bun, bantuin Yasa sekali ini lagi aja, aku janji deh, abis ini ga akan lagi jadiin sakit aku alasan dan aku juga janji ga akan bikin Bunda ngeboong lagi sama Papi," gue ngebujuk bunda tetap dengan nada memohon.
"Jangan kaya gini lagi, Bunda banyak kerjaan dan banyak pasien di klinik, kalo kamu berani ngerjain Bunda, Papi, sama Mami kamu, Bunda ga akan maafin kamu dan Bunda bakalan aduin semua perbuatan kamu ke Papi sama Mami," ancaman Bunda bikin gue senyum.
"Oke, aku janji ga akan bikin Bunda bohong lagi. Makasih Bun," gue auto meluk Bunda dan Bunda juga meluk gue. Well Bunda adalah sosok bidadari lainnya setelah Mami.
Dari kecil Bunda yang ngerawat dan mantau kondisi kesehatan gue. Papi bilang dulu Bunda cuma Dokter umum, tapi setelah bunda ngerawat gue bunda mutusin buat ambil spesialis Jantung. Dan itu yang bikin gue ngerasa terharu dan ngerasa di sayang sama bunda. Dan kalo kalian penasaran kenapa gue panggil Dokter gue dengan sebutan bunda, karna papi sama mami yang nyuruh. Aneh kan? Tapi emang lebih nyaman manggil bunda daripada Dokter atau lainnya. Dan hal ini juga berlaku buat Gumi yang sekarang manggil bunda dengan sebutan bunda.
Bunda cuma ngehela nafas dan gelengin kepala. Setelah itu keluar dari kamar, bisa gue tebak bunda lagi mikirin alasan apa yang cocok biar bisa nutupin kebohongan gue di depan papi sama mami. Maafin aku bun abis papi sama mami kalo marah bikin takut.
Setelah beberapa saat, gue liat pintu kamar kebuka dan muncula sesosok mami dengan mata yang sembab langsung duduk di samping ranjang dan meluk gue erat.
"Kamu ga apa-apa kan, Sayang?" Tanya mami.
"Yasa ga apa-apa kok Mi, cuma sakit biasa aja. Mungkin karna kaget," ucap gue sambil nunduk berharap mami kasian dan ga akan ngebahas itu lagi.
"Iyah sayang Mami janji ga akan bahas itu lagi, maafin Mami," mami meluk gue makin erat, bisa gue rasain kehangatan dari pelukan mami emang ga ada duanya.
Ga lama papi masuk di susul Gumi yang keliatan sedih juga. Pasti drama gue ngalahin drama korea nih sampe bikin nangis bombai.
"Kakak ga apa-apa, kan?" Tanya Gumi yang langsung nyamperin gue dan meluk gue.
"Kakak ga apa-apa."
"Maaf yah, gara-gara aku Kakak jadi pingsan," Gumi keliatan nyesel sama perbuatannya. Baguslah.
"Ga apa-apa gue udah maafin lo," gue ngelus pundak Gumi seolah-olah nenangin dia. Gue udah mirip Reza Rahardian kan?
"Papi ga mau ngomong sesuatu sama aku?" Tanya gue ngeliat papi cuma diem di ambang pintu.
"Kayanya kita harus bikin perjanjian," omongan papi bikin gue mami dan Gumi nengok bersamaan.
"Apa? Perjanjian apa?" Tanya gue penasaran.
"Mas udahlah, jangan ngomong sesuatu yang aneh dulu kasian anak kita," mami keliatan kesel banget ke papi.
"Nay, ini juga demi kebaikan Yasa sama Gumi. Mending kamu tenang dulu dan dengerin okay?" Ucap papi yang bikin mami langsung mingkem.
Papi jalan ngedeket dan duduk di kasur gue "kamu sama Gumi mulai sekarang Papi ijinin berangkat naik motor, tapi pulang sekolah harus barengan," bagaikan petir di siang bolong, gue kaget setengah meninggal ngedenger kata-kata papi.
"SERIUS PI?" tanya gue penuh semangat.
"Tapi syaratnya kamu harus pulang bareng adek kamu ga boleh engga."
"Pi tapikan aku takut naik motor," rengek Gumi.
"It's okay, Kakak bakalan nyetir motor pelan-pelan," gue meyakinkan Gumi.
Gue masih kegirangan karna keputusan papi. Rasanya seneng banget setelah sekian lama gue nebeng mulu sama Lele akhirnya bisa. Nyetir kendaraan sendiri apalagi motor pasti dengan postur badan gue yang tinggi bakalan keliatan keren banget dah.
****
"Mas kayanya kita perlu ngomong berdua," ucap Naya. Ya gue tau Naya ga bakalan setuju, karna selama ini Naya juga ga pernah setuju anak-anak kita naik kendaraan yang rawan kaya motor. Tapi gimana lagi gue terlalu sibuk buat ngawasin mereka berdua dan gue rasa Yasa emang udah waktunya bertanggung jawab sama adeknya.
Gue dan Naya akhirnya mutusin buat pergi ke kamar dan ngomong berdua di sana karna gamau anak-anak denger apa yang lagi kita omongin.
"Mas, kamu tuh kenapa si? Kenapa bisa-bisanya kamu ngijinin Yasa samm Gumi buat ke sekolah naik motor? Kamu tuh mikir apa si, Mas!"
"Nay tenang dulu-"
"Gimana aku bisa tenang Mas, pokoknya aku ga setuju aku gamau Yasa sama Gumi ke sekolah naik kendaraan sendiri," gue bisa liat kesetujuan Naya udah nyampe ke batasnya. Dia bahkan ga pernah ngomelin gue sampe kaya gini.
"Duduk di sini sebentar," ucap gue sambil nepuk ranjang yang lagi gue dudukin.
Naya keliatan ga bergeming.
"Sayang, duduk di sini sebentar. Kamu ga boleh marah kaya gitu ke suami," ucap gue berharap Naya mau nurut. Dan karna dia istri yang baik Naya nurutin apa kata gue walaupun dengan tampang keselnya.
"Aku gamau anak kita dalam bahaya, Mas."
"Nay, kalo kita terlalu khawatir, Yasa bakalan gunain berbagai cara buat boongin kita demi sesuatu yang dia suka. Kita ga boleh terlalu khawatirin dia walaupun kita tau Yasa beda dari Leon atau temen-temennya. Mas gamau dia bohongin kita karna mau dapetin apa yang dia mau."
"Tapi gimana sama Gumi? Mas juga tau Gumi ga suka naik kendaraan kaya gitu."
"Nay, itu bagian dari kepercayaan kita ke Yasa. Kalo kita percaya ke dia, Gumi juga bakalan ngerasa baik-baik aja. Percaya sama Mas."
Gue meluk Naya erat dan ngecup pangkal kepala istri kesayangan gue ini.
"Oke, Aku bakalan nyoba buat percaya sama Yasa," ngedenger kata-kata Naya gue akhirnya bisa senyum. Semoga keputusan gue ga salah kali ini.
Bersambung ....
Jangan lupa vote + komen!!
KAMU SEDANG MEMBACA
Jae And His Family
Fanfiction(Completed) Tentang Jaeden dan Naya yang tengah berusaha keras mendidik kedua buah hatinya yang tengah dalam masa remaja. Blue chicken 2020 Jae and his allergy Book 2