Pulang

119 8 4
                                    

Pu.lang
v ketika tidak ada tempat yang mampu menerima. Hanya diri sendiri-lah tempat kembali pulang.
.
.
.
Ini bulan kedua liburan semester empat, anak kosan dah balik sebagian. Separonya lagi milih gak mudik karena urusan magang, atau males karena ada pacar yang bisa di ajak jalan.

Cafe tempat gue magang udah punya pengganti, jadi ya dengan terpaksa gue yang cuma pengganti sementara mundur. Lagian itu cuma bantu temen juga, gak bakat ternyata tangan gue di dunia pernampanan haha. Terakhir kali gue malah numpahin esspreso ke anak kuliahan, sial banget dimarahin manajer tapi... sukurnya pelanggan gue baik. Gak memperpanjang masalah, ya laundry-nya gue yang bayarin.

Selepas itu gue nganggur, gak ada kerjaan ketikan. Bantu jadi ghost writer-nya si Andreas, dia bilang gak mau diganggu. Padahal gue ikhlas bantuin dia tanpa dibayar, entah kenapa kalau gue diem bawaannya malah mikir yang enggak-enggak.

Ya udah gue mutusin beberes buku-buku lama, sejak gue keluar dari rumah nenek yang kepaksa gue kasih ke paman. Lalu milih ngekos di sini sejak kelas dua SMA. Ibu kos baik banget, selalu ngasih keringanan buat gue nyicil, tentu gue juga harus tau diri bantu-bantu beliau. Salah satunya kalau ada apa-apa, gue yang harus turun tangan. Misalnya, benerin keran bocor, angkat gas sama galon, bersihin WC yang kadang kepaksa gue turun tangan karena penghuni kosan lain saraleo semua.

Sampai suatu hari pas lagi beberes kamar, gue liat foto dia. Sahabat gue di desa sana, yang dengan terpaksa gue tinggalin dia sebagai kenangan masa lalu.

Manusia itu hebatkan, mereka punya kenangan yang gak bisa dihapus. Selagi itu berharga, berarti, dan abadi. Walau menyakitkan dan bikin lu ingin bunuh diri, sebenarnya kita itu kuat buat menghadapi segalanya. Tapi, saat kenangan itu datang disaat kita merasa sendirian. Lu mendadak bisa jadi manusia paling rapuh, padahal sesuatu di masa lalu belum tentu nginget lu juga.

 Lu mendadak bisa jadi manusia paling rapuh, padahal sesuatu di masa lalu belum tentu nginget lu juga

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Doc. Pribadi

Kita bertiga membuat kenangan itu, main band bareng, latihan tiap pulang sekolah, walau pada akhirnya kita gak jadi manggung karena kurang personil. Sampai salah satu dari kita dapat pacar, yang lainnya sibuk olimpiade, dan gue yang terasing di kesendirian.

Gue gak sedih, bangga sekali malah. Tapi... tiba-tiba rasanya gue gak layak buat berada diantara kalian berdua. Selain karena masalah keluarga, juga hati gue yang merasa berbeda.

Entah sejak kapan gue suka salah satu diantara kalian, kadang cemburu kalau liat kalian akur, atau ada cewe yang mendekati kalian. Gue tau ada yang salah sama diri sendiri, makanya gue memilih meninggalkan 'dia' dan seseorang yang selalu jadi sahabat gue selamanya.

Gak tau kenapa gue jadi melankolis, sakit juga ternyata mencintai kenangan, terus kenapa gue mengenang?

"Air mata sialan!"

JUAL CINTA BENTUK SKRIPSI 🔞Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang