Dialog Panjang

22 3 2
                                    

☆ Dalam menulis cerita, kita harus memisahkan dialog menjadi dua atau beberapa paragraf jika dialognya terlalu panjang supaya yang baca nggak pegel dan bosan.

☆ Tentu saja, pasti ada cara menulis dialog panjang yang baik dan benar, tidak hanya sekadar dipisah menjadi beberapa paragraf.

Perhatikan tanda kutipnya, yaa.

▪ Contoh:

▪ Lauren bercerita banyak, “Saat aku masuk ke hutan itu, aku tak sengaja menginjak sebuah jebakan babi hutan yang dipasang oleh penduduk pribumi. Badanku terseret tali hingga menggelantung dengan kepala di bawah. Sekejap itu aku langsung pingsan karena rasa kaget dan takut yang bercampur aduk. (Akhir paragraf tidak perlu tanda kutip karena dialognya belum selesai)

"Setelah beberapa saat, aku pun sadarkan diri. Kulihat sekelilingku, banyak penduduk pribumi mengelilingiku dengan tombak yang siap menancap ke tubuhku. Buluku semakin bergidik saat kucium aroma darah yang menelisik masuk ke hidung. Aku benar-benar pasrah saat itu.”
(Awal dan akhir paragraf ada tanda kutip)

▪ Contoh:

"Terus pas masuk SMP, gue udah lumayan kurus, tapi pengen kurus lagi. Gue jarang makan, berhubung Nyokap-Bokap nggak di rumah dan pengasuh gue nggak ngontrol makan gue di sekolah. Makan malem juga cuma dikit, gue bilangnya sih, udah kenyang. Gue olahraga gila-gilaan. Kalo hari sekolah, gue lari sore atau sepedaan keliling kompleks. Kalo akhir minggu, gue nge-gym sampe malem banget.
(Akhir paragraf tidak perlu tanda kutip karena dialognya belum selesai)

"Pas SMA, walaupun udah tinggian, gue tetep nggak mau makan. Nyokap taunya, gue enek makan banyak, berhubung dulu gue suka banget makan. Terus akhirnya, kesehatan gue mulai drop pas kelas 11. Nyokap mulai nyelidikin semuanya dan dia tau, deh. Tentang gue yang dulu di-bully dan pengen kurus banget-bangetan, tapi sebatas itu doang. Dia nggak tau selengkap yang lo tau." (Awal dan akhir paragraf ada tanda kutip)

☆ Lalu bagaimana jika dialog terbagi jadi 3 paragraf atau lebih?
Seperti contoh di atas, jangan beri tanda kutip di akhir paragraf 1 dan 2, tapi beri tanda kutip di akhir paragraf 3.

☆ Intinya beri tanda kutip di akhir paragraf dialog terakhir, ya, gaess.

Sumber:
rumpunsastra.wordpress.com
marcellaarya.blogspot.com

*****

Gampang, ya? Gampang banget 😆
Kalau ada yang mau ditanyakan, silakan komen gaess.

See you next time, ya. 🤓

Catatan PenulisTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang