tepat waktu gue berumur 15 salah satu dari temen mami gue meninggal, jujur aja gue gak tau siapa dia. tapi yang gua inget pas hari itu, kedua orang meninggal adalah orang tuanya jaemin. dari situlah gue mulai kenal dia.
pertama kali gue memulai pembicaraan itu saat di rumah duka, tatapannya kosong, dari awal hingga akhir dia sama sekali gak nangis. gue pikir ya mungkin dia saking terpukulnya sampe gak bisa nangis dan memutuskan untuk diam.
gua juga gak peduli sih, maksudnya gue sedih perihal kematian orang tuanya dan berempati. walau begitu gue mikir kemungkinan besar dia kayak butuh waktu sendiri atau semacamnya.
berbeda dengan mami gue yang justru maksa gue buat ngajak dia ngobrol. tentu aja gue nolak abis-abisan, tapi bukan emak gue namanya kalo dia gak ngancem, belum lagi katanya tuh cowok belom makan. gue bilang, "emang kenapa gak mami aja yang nawarin? pasti dia lebih nyaman kan kalo ada orang dewasa tenangin dia."
namun mami gelengin kepalanya terus ngehela napas panjang. "gimana ya mami ngomongnya, pokoknya kamu samperin dia sana. kamu kan seumuran pasti klop kalo ngobrol bareng!"
penuh keterpaksaan sekaligus pasrah, gue ngambil satu nasi box dari meja lalu berjalan mendekati cowok itu.
"gue turut berduka atas kematian orang tua lo..."
"dari awal juga lebih baik mereka mati." bisik cowok di depan gue lumayan kenceng.
gue merinding ngedenger dia ngomong gitu, ggp nih cowok; ganteng-ganteng psikopat. ujung-ujungnya gue bersikap seperti gak ngedenger perkataan dia barusan dan berusaha kenalan demi ps 4 gue yang diancem diumpetin.
"oh ya, salam kenal nama gue michelle natania. panggil aja nat, tan, atau siapa kek. gue anaknya temen mendiang orang tua lo." cerocos gue sambil nyodorin tangan kanan dengan percaya diri.
nyatanya cowok itu sama sekali enggak ada niatan buat ngebales sodoran tangan gue.
gue hampir HAMPIR aja nunjukin jari tengah gue ke depan muka dia (perlu diingat dia sedang berduka). bangsat juga nih cowok, dibaikin gak tau diri.
gue berusaha tenangin diri terus ngasih kotak makanan ke dia. "ini makanan lo, daritadi kata nyokap gue lo belom makan."
"udah kurus kering mending makan dah biar ga nyusahin," lanjut gue berbisik sambil tersenyum manis.
"gue punya kuping." jawabnya.
gue tertegun, asli yang tadi itu pure keceplosan. maklum gue anaknya emang jarang bersosialisasi ya alasan utamanya karena mulut gue yang kalo ngomong suka gak difilter ataupun karena anger issues gue.
"ya... gue tau, lo juga punya mulut tapi gue baru ngeh lo bisa ngomong."
UPS
gue nutup mulut gue sendiri sambil sesekali curi pandang ke mami yang berdiri di belakang gue lumayan jauh, mampus dah kalo mami denger.
"eeeer, bisa abaiin yang tadi gak?"
"gak."
gue mencoba tersenyum sebaik mungkin mendengar jawaban dari cowok di depan gue.
"yaudah, pokoknya lo ambil ini terus jangan lupa makan. gue duluan ya, daah?" gue buru-buru berusaha ninggalin tuh creep.
grep.
gakgakgak dia gak megang tangan gue.... batin gue sendiri sambil nengok ke arah tangan gue yang tertahan. mampus! dia pasti kesel gue katain jangan-jangan dia beneran psikopat terus mau nyiksa gue.
GIMANA DONG, semua gara-gara me and my anger issues.
"kenapa tutup mata? gue cuma mau bales kenalan," ujar dia malu-malu kucing.
gue otomatis melek, bahkan gue sama sekali gak sadar saking takutnya gue sampe tutup mata. astaga, gue kebanyakan baca novel thriller!
"nama gue jaemin, jaemin ethannal putra." katanya datar, berbanding terbalik dari sikap malu-malunya tadi.
"selain psikopat lo punya dissociative identity disorder ya?"
"...temenin gue makan boleh?" tanya dia, ngabaiin pertanyaan impulsif gue tadi.
gue ngegigit bibir bawah gue terus nengok kearah mami yang lagi ngasih jempol ke arah gue. mau gak mau gue ngeiyain permintaan dia.
gue duduk dengan gelisah di seberang jaemin.
"lo bisa stop gigitin bibir lo gak? gue risih liatnya." tiba-tiba jaemin komentar.
"ya jangan diliatin atuh bapak? susah bener."
"gue punya mata."
"lo bisa agak cepetan dikit gak makannya." sewot gue emosi.
jaemin kembali makan dengan tenang, seenggaknya sampe gue memutuskan buat sedikit kepo.
"l-lo gak sedih gitu ditinggal orang tua lo?"
hening.
keliatannya dia enggan buat ngejawab pertanyaan gue. ya mungkin guenya juga sih yang gak peka kalau dia gak mau ngomongin hal kayak gitu ke orang yang dia baru kenal.
"um, sorry kalo pertanyaan gue-"
"enggak, gue lebih mending yatim piatu."
tentu aja, gue gak tau mau ngomong apa soal itu. karena kayak apakah kalimat tersebut kalimat yang wajar untuk dikatakan tepat di rumah duka dengan peti mati orang tuamu?
"lo takut sama gue?"
"gimana ya, lo aneh tapi kayak...?"
jaemin berdiri lalu ngebuang box makanannya ke tong sampah deket tempat duduknya setelah selesai makan.
"kayak apa?" tanya dia selagi ngebuka tutup botol air mineral.
"mungkin lo punya alasan buat itu? ya gue gak mau asal ambil asumsi," kayak tadi, bisa-bisanya gua ngira dia bakalan nyiksa gue.
"makasih." ujar jaemin kemudian tersenyum tipis.
gue melotot kaget ngeliat dia senyum...
"nat, lo mimisan-"
KAMU SEDANG MEMBACA
Afterglow, jaemin
Fanfictionyakin bakalan tetep bilang 'aku cinta kamu' meskipun udah tau sifat aslinya gimana? highest rank #56 in shortstory © ineedjaemin, 2O2O