Pemateri: millamarihulu
Apa itu Young Adult?
Hari ini kita membahas tentang pengenalan young adult. Yeaaaayyyyy
1. Apakah young adult itu genre khusus? Sebenarnya enggak juga, sih. Young adult itu bukan genre tersendiri. Ini lebih ke arah segmentasi pembaca. Kalau kemarin kita membahas Teenfic dengan segmen pembaca kisaran di bawah usia 18 tahun, maka Young Adult kisaran 18-25 tahun. Walaupun sebenarnya nggak sedikit juga pembaca di luar rentang usia ini yng ikut baca cerita Young adult wkakakakak
2. Terus apa bedanya dengan Teenfic? Pertama selain segmen pembaca yang berbeda, tokoh dan konflik yang diangkat juga berbeda. Kalau teenfic lebih mengangkat konflik ringan semacam cinta ditolak sang kakak kelas, atau jatuh cinta sama cowok paling bandel di sekolahan, atau masa masa persahabatan dengan teman-teman di sekolah. Young adult mengangkat isu yang lebih berani dan kompleks yang banyak dihadapi pembaca di rentang usia itu.
Karakter yang digunakan dalam young adult yang biasanya berusia 18-25 tahun ini, biasanya masih berkonflik masalah keluarga, pencarian jati diri, depresi atau bunuh diri, dan sekelumit masalah yang lebih 'berat' dibanding teenfic
Ada juga karya young adult yang lebih berani dalam membahas topik-topik sensitif, semisal kematian, pemerkosaan, pembunuhan, isu budaya sosial dan politis juga bisa dijadikan konflik dalam tulisan young adult ini.
Satu lagi, tulisan young adult juga lebih berani dalam bermain kata. Kata-kata kasar dan makian seperti 'bajingan' juga cukup lazim dgunakan dibanding tulisan teenfic yang lebih santun.
Nah, di atasnya young adult ada yang namanya adult. Apa lagi bedanya? Pertama, tokohnya sudah berusia di atas 25 tahun. Topik yang dibahas pun biasanya tentang konflik percintaan dan pekerjaan. Serta lebih berani mengeksplorasi perihal keterbukaan seksual serta menggabungkan romansa dengan erotika.
Oke, sekarang kita bahas ke bagian sub genre yang ada banyaaaaaak banget, lagi-lagi, YA itu bukan genre ya, itu segmentasi pembaca aja.
1. Young Adult Paranormal, ciri khasnya biasanya menggunakan tokoh yang nggak ada di dunia nyata. mialnya kayak vampir, werewolf, malaikat, setan. contohnya banyak banget. ada twilight, fallen, city of bones. Lha, terus gimana kalau ada romance-nya juga antara si Bella dengan Cullen? Ya nggak apa-apa atuh~ namanya cerita juga butuh tokoh yang unik dan romansa yang memikat. wkwkwk
2. YA kontemporer, ciri khasnya ini berkisah tentang pengalaman hidup si aku (kadang pake POV 1) atau si tokoh utama dan konflik kehidupannya. Contohnya, the fault in our star. Tentang konflik yang dialami si cewek karena penyakit yang dideritanya. Tapi di dalam sini juga ada romance-nya, Kak? Dia kan jatuh cinta ama cowok penyakitan juga? Gimana? Ya, nggak apa-apa, juga. Lagi-lagi, genre ini nggak untuk membeda-bedakan, tapi untuk memudahkan segmentasi pembaca. dan jenis tulisannya.
3. YA Fantasi, ciri khasnya petualangan di dunia lain, sihir atau hal-hal yang nggak masuk akal. Contohnya Harry Potter. Insya Allah, cukup jelas ya, kalau fantasi ini.
4. YA Historikal, menceritakan peristiwa sejarah di masa lalu. Biasanya dilengkapi dengan data atau tanggal peristiwa yang terjadi sebelum tahun 1970-an.
5. YA LGBTQ, kalau ini membahas topik sensitif terkait LGBTQ. Insya Allah cukup jelas juga.
6. YA Misteri/thriller, ciri khasnya mengangkat kasus pembunuhan, detektif, pencurian, kejahatan.
7. YA Dystopia, ciri khasnya ber-setting bumi puluhan tahun di masa depan. Banyak banget contoh YA dystopia ini, maze runner, divergent, hunger games.
8. YA Romance, ini membahas kehidupan sehari-hari dengan menekankan ke konflik percintaan.Sesi Tanya Jawab
Kalau misal mental health dengan genre teenfic, apa nyambung enggak kak?
- Kalau remaja ini terkena depresi, yang memang banyak terjadi juga, Gapapa. Karena topiknya lebih berat. UwwwooowwwKalau sudah masuk ranah rumah tangga, berarti masuk romance ya, Ka? Kalau usianya masih 18-25, gimana?
- Hmmm.. nikah muda? YA. Karena konfliknya berat T.TAku gak pernah menggunakan genre young adult / adult, setelah membaca penjelasan ini. Aku paham bahwa yang aku tulis itu sub genre dua ini.
- Sebenarnya enggak masalah banget sih labelling itu. Itu untuk memudahkan segmentasi pembaca aja. Yang penting nulisssssKalau young adult itu bisa 'lebih-lebih' dari teenfic konflik dan pembawaanya, gimana dgn teenfic yang berat-berat itu? Yang kadang bayak kata makian karena untuk memperdalam karakter yang nakal sama konflik yang diangkat lebih berat dari biasanya. Apa itu malah termasuk YA? Atau tetap teenfic?
- Kalau sekarang kayakmya kata makian juga udah lazim digunakan ama anak muda ya. Kurasa oerbedaan utama antara teenfic dan YA tetap pada konfliknya.Bagaimana kalau sejak usia dini si tokoh sudah dihadapkan pada konflik yang berat? Misal, broken home, dll
- Nah, itu masuknya ke YA kontemporer.Dari apa yang Kakak bilang aku masih bingung kalau berarti young adult itu termasuk genre romance atau tidak? Soalnya kebanyakan ya genre romance yang saya baca rata² si tokoh utama berusia 18-25
- Young adult itu juga romance. Romance itu genre berdasarkan topik. Young adult itu hanya berdasarkan segmen pembaca. Tapi sci-fi juga ada yang young adult. Fantasi juga ada yang young adult. Makanya saya bilang ga usah ribet2 mikirin oerbedaan ini🤣Izin bertanya kak, kalo film Bumi Manusia tuh masuknya YA Historical atau masih teenfic yah? Soalnya di cerita tuh si pemain utama yang laki2 masih sekolah di HBS gitu tapi konfliknya tuh keluarga ada politiknya juga. Itu gimana?
- Nah, aku masih bingung sebenernya soal ini. Historikalnya ini beneran ada atau rekayasa penulis ja??~~~
Mau tahu lebih banyak materi dan diskusi lainnya yang tidak ada di sini, yuk gabung bersama di wga_academy
KAMU SEDANG MEMBACA
Materi Asrama T-FReYa
RandomKumpulan materi yang diberikan oleh para mentor di asrama T-FReYa. Serta diskusi yang terjadi di asrama.