Krisar 27 Februari 2021

1 0 0
                                    

Mentor: Ify_Infinity

LIST KENDALAN & PERTANYAAN

1. Kendalanya kalau aku, semangat di awal. Pas udah di tengah-tengah, mulai itu mood ngerecokin :)

2. Waktu ngetik entah kenapa selalu teralihkan perhatiannya ke hal2 lain. Klo g pas teralihkanpun, ada aja gtu kesibukan yg tiba2 harus dikerjakan

3 Tips gimana cara bagi waktu kak? Kendalaku di sana, susah bagi waktu.

4 Kendalanya susah cari ide, cerita dadakan bikin susah ngembanginnya

5 gimana cara ngendaliin mood?

6 gimana caranya biar cerita kita gak stuck di tengah jalan :)

7. Bagaimana cara membawa cerita dengan alur yang enak untuk dinikmati dan tidak terkesan 'kolot' ?

8. Suka lupa upload kak,  saya sudah nentuin jam segitu tapi rasa malas selalu muncul:(

9. Cerita kemarin ga pake outline dan sekarang bingung mau dibawa kemana. Haruskah saya tulis ulang atau bikin outline dulu???

10. Dikejar deadline 4 naskah sama penerbit

11. Saat ini tidak ada kendala kalau untuk nulis cerita ku. Bisakah update 2 part dalam seminggu

12. Kendalanya adalah mood yang sering buruk karena adik yang usilnya minta ampun. Apalagi kalau pas udah PJJ, aku kesulitan ngetik. Buat ide sih ngalir, Kak. Cuma ya itu kendalanya:") aku punya pertanyaan, gimana cara supaya kita nggak gampang emosi? Supaya mood tetap terjaga dan bisa lancar ngetik?

13. Kendalanya sering terganggu dengan beberapa kegiatan lain dan akhir-akhir ini moodnya sedang tidak baik

Jawaban

Nomer 1 & 2
Balik lagi ke komitmen kalian menulis. Kayaknya masalah ini udah jadi masalah mendasar buat semua penulis di muka bumi ini. Siapa sih yang nggak punya kesibukan? Aku yakin semua orang juga punya kesibukan di real life. Tapi, kembali lagi sama komitmen kita untuk menulis, klk kita udah komitmen apapun rintangannya pasti bakal terlewati.
Untuk masalah mood, aku setuju kalk mood itu penting dalam hal menulis. Tp, disini kalian nggk boleh menyerah sama mood kalian, cari cara untuk balikin mood itu. Lakukan hal2 yang bisa ningkatin mood kalian cnth, nntn, dengerin lagu, tdr, dll. Kalk aku biasanya ningkatin mood aku dengan memikirkan cerita itu sendiri, aku biasanya liat2 pinterest buat cari inspirasi dan baca sih.

3. Cara membagi waktu, kalian bisa cari waktu dimana kalian udah selesai sama segala aktifitas kalk aku biasanya malem atau sore sih kadang. Nah, kalian kan update cuma 1 kali dalam seminggu jadi sehari klian bisa kok cuma luangin waktu 1 jam buat nulis. Sampai chapter kalian rampung. Klk aku biasanya klk nggk ada kendala 1 chapter 1 hari.

4. Ide bisa dateng dari mana aja, bahkan saat kalian di toilet juga bisa asalkan kalian berusaha menggali ide itu bukan nungguin sampe ide itu tiba2 dateng menghampiri kalian. Sama kyk jodoh, ide itu harus di jemput, dicari, digali. Banyak hal yang bisa jadi sumber inspirasi, penulis itu harus peka dengan sekitar, pendengaran , penglihatan, semua indra harus aktif. Dan ide itu nggak perlu wah, yang sederhana aja klk bisa ngembangin pasti jadi luar biasa. So, jangan fokus cari ide yang luar biasa. Tp, kembangkan ide yang ada di sekitar kalian walau sederhana.

5. Ngendaliin mood klk aku biasanya melakukan hal2 yang bisa bikin aku happy. Ngedrakor, dengerin lagu, baca buku liat pinterest ters liat ig penulis2 terkenal biar semangatku bangkit lagi dan memotivasi aku lagi. Jangan kalah sama mood karn mood itu cikal bakal dari rasa malas.

6. Buat catatan singkat/outline, baca ulang chapter sebelumnya, perbanyak baca buku yang bergenre sama seperti cerita kamu, komitmen, niat, tekad dan usaha.

7. Enak menurut orang itu beragam ya jadi jangan pernah terpaku sama pikiran sendiri yang insecure, nulis aja selama kamu seneng. Klk menurut teknis cerita yang alurnya bagus dan nggak kolot itu, mungkin untuk teenfic bisa pake bahasa gaul dan mengangkat tema anak remaja kekinian, alur yang nggak terlalu lambat atau cepet, cerita yang punya latar belakang yang jelas dan pembahasasn yang membuat orang nyaman bacanya.

8. KOMITMEN!
LAWAN MALES KAMU!
MULAI BERLAJAR DISIPLIN BUAT DIRI SENDIRI

9. Bikin outline dulu
Buat yang mau bikin ulang outline aku kasi waktu 1 minggi untuk menyelesaikan outline kalian.

10. Mungkin bisa koordinasi sama pengurus untuk fokus ke naskahnya dulu

11. BAGUS

Nomer 12 & 13
Seputar mood udah aku jawab di pertanyaan sebelumnya. Buat yang mau up lebih dari sekali seminggu boleh banget, setiap hri juga boleh😁

~~~

Mau tahu lebih banyak materi dan diskusi lainnya yang tidak ada di sini, yuk gabung bersama di wga_academy

Materi Asrama T-FReYaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang