Diskusi 29 Juli 2021

0 0 0
                                    

Dipimpin oleh keisshaar bersama KikiReskiAmelia7 dan niaputri0218

JANGAN INSECURE KARYA ORANG LAIN

Hai, para penulis hebat kita jangan mudah insecure karya orang lain.

🗣️Gimana enggak insecure, pembaca mereka banyak!

Etss tunggu dulu mereka juga sama kayak kita kok, jadi tenang semua penulis berawal dari pembaca dikit.

🗣️Tapi tetap aja Kak, aku udah buat cerita sampai begadang, tapi ya gitu-gitu aja!

Ohkey kita mulai materi tentang jangan insecure karya orang lain. Bismillah, semoga acara ini berjalan dengan lancar dan banyak yang paham.

Kita harus bangga karena bisa melahirkan karya. Semua penulis hebat awalnya juga pembacanya dikit. Pembaca sedikit bukan halangan kita untuk berkarya. Pertama-tama kalian selesaikan dulu ceritanya, jika tamat kita bisa sangat gencar promosi. Etss jangan buru-buru menamatkan sebuah cerita, kita harus teliti dulu apakah penulisan kita sudah benar? Takutnya nanti ambaradol.

Pembaca banyak belum tentu penulisannya rapi, waktu itu ada beberapa karya, pembacanya banyak, tapi sayangnya penulisannya tidak rapi, kurang enak dipandang apalagi dibaca. Kita juga butuh riset, jika kita tidak riset takutnya cacat logika maupun cacat moral. Riset itu sangat penting bagi penulis, ya, tanpa riset cerita kalian tidak bermakna. Jangan takut untuk riset, ya walaupun melelahkan dan banyak membuang waktu. Namun dengan riset, cerita kita bisa berkembang, kita juga bisa tahu yang sebelumnya kita tidak tahu seperti kita membuat cerita tentang Mafia yang berati kita mencari tahu lebih dalam tentang dunia Mafia dari asal mulanya / terbentuknya, Mafia terbesar ada di mana, lambangnya apa, apakah menggunakan kode tertentu.

Sebelum diupdate / publish sebaiknya kalian baca ulang, apakah penulisannya sudah benar, atau salah tanda baca. Kita sering menemukan tanda baca salah dalam cerita. Daripada banyak pembaca, tapi hujatan yang selalu datang. Contoh seperti di bawah ini:
"Ihs, ini gimana sih authornya yang baca udah banyak, tahunya penulisannya ambaradul! Bikin mata siwer aja! Kayak gini tuh enggak pantas disebut karya! Kalau mau buat cerita tuh banyak baca dulu baru buat!"

Nah daripada digituin, orang-orang kalau mau baca pasti baca di awal dulu 'kan dan melihat kolom komentar. Jadi, lebih baik kita perbaiki dulu penulisan kita.

Karya kita wajib memiliki amanat untuk pembaca! Jangan lupa ditulis, ya!

Intinya sebelum buat cerita banyakin riset, jangan bilang malas! Kamu riset mendatang pembaca loh, enggak percaya? Pembaca kamu mungkin merekomendasikan cerita mu, karena apa? Karena karya kamu bermutu! Masuk akal, ya karena riset.

🗣️Kak tips dong mendatangkan pembaca.

Ohkey, siap simak selengkapnya di sini!

1. Riset
2. Tamat kan karya setelah itu gencar promosi.
3. Penulisan rapi.
4. Kamu bisa membuat satu akun lalu kamu komen karya kamu sebanyak-banyaknya.
5. Tanyakan pembaca kamu, karya kamu kayak gimana.
6. Kasih pertanyaan seperti, Nina cocok enggak sama Alva?
7. Ss bagian komentar yang dapat orang ingin membaca cerita kamu.

QnA
• Nama: Lulu
Pertanyaan:
1. Kak, aku nggak mood menamatkan karya. Apakah karya yang udah tamat berpeluang lebih besar buat dibaca orang?
2. Kak, ajarin cara promosi dong. Kita kan belum dikenal orang, nih. Bagaimana cara promosi yang baik dan bisa memancing orang buat mau baca cerita kita. Terus, promosi ke sesama penulis, terus minta feedback dan boomvote itu boleh nggak??

Jawaban :
1. Iya, karena sekarang pembaca lebih suka membaca cerita yang sudah tamat karena mereka tidak mau menunggu lama author-nya update.

2. Sekarang banyak media sosial yang bisa digunakan promosi seperti fitur Instagram yang terbaru yaitu reels, kakak bisa mengunakan fitur tersebut, membuat trailer, mempromosikan di aplikasi tik tok. Boleh saling feedback, supaya rank nya naik.

2. Nama: Fatikha
Pertanyaan:
Kalo promosi sebelum karya tamat, efektif nggak, sih? Hehe

Jawbaan :
Efektif Kak, jika promosi jangan langsung ke inti cerita buat sedikit pertanyaan setiap chapter yang dipromosikan maksudnya potongan Chapter lalu diberikan pertanyaan waktu promosi. Jangan kelamaan update, soalnya ada pembaca yang tidak suka menunggu lama.

3. Nama: Resya
Pertanyaannya:
1. Udah sering promosi dimana-mana, tapi tetap aja pembacanya dikit. Itu solusinya bagaimana, Kak?

2. Kalau kita sering promosi dilapak orang, tapi udah izin. Kira-kira dia bosen nggak baca pesan dari kita?
(Aku nggak enakkan 👉🏻👈🏻🥺)

Jawaban : 1. Tetap semangat Kak, jangan lelah untuk promosi. Nanti pembaca pada datang sendiri, kakak bisa tanya pendapat tentang cerita Kakak ke pembaca. Deketin pembacanya, kalau ada komen balas pasti pembaca pada tahu kalau si authornya ramah banget baca ah. Setelah deketin pembaca, minta bantuan 'guys jangan lupa rekomendasikan cerita ini ke teman kalian'

2. Jangan promosi dilapak orang Kak! Nanti yang lihat pasti bantin gini 'ihs enggak sopan banget promosi dilapak orang!'

~~~

Mau tahu lebih banyak materi dan diskusi lainnya yang tidak ada di sini? Yuk gabung bersama wga_academy

Materi Asrama T-FReYaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang