Dipimpin oleh luminousliahvk
Apakah Romance tidak boleh sad ending?
A : Biasanya yg terkenal malah set ending
B : Boleh sih, aku suka baca sad ending
C : Boleh aja sih kak, alur endingnya kan yang menentukan authornyaKebalikan dari happy ending, sad ending biasanya membuat pembaca merasa sedih. Umumnya cerita berakhir dengan hal-hal yang tidak disukai, misalnya kematian, kegagalan, atau kehilangan. Tidak banyak cerita yang menggunakan ending jenis ini karena memang tidak banyak pembaca yang menyukainya. Namun, jika dieksekusi dengan baik, cerita dengan sad ending justru bisa mendatangkan kesan tersendiri bagi pembaca. Banyak film layar lebar yang sukses meski memiliki akhir yang memilukan. Beberapa diantaranya, The Fault in Our Stars, Me Before You, A Walk to Remember, dan tidak ketinggalan legend cerita romance yang tidak lekang oleh waktu, Romeo and Juliet, Titanic.
Lantas bagaimana cara membuat cerita sad ending yang bisa terkenang oleh para pembaca? Berikut beberapa tips dari aku yang mungkin bisa sedikit membantu.
1. Jangan terlalu sedih
Sad ending, bukan menjadi patokan bahwa cerita yang kita tulis adalah cerita yang menyedihkan. Seseorang yang memiliki kehidupan sempurna sejak awal, memiliki segalanya yang diidamkan, bisa saja memiliki akhir yang menyedihkan. Misalnya seorang gadis yang hidup berkecukupan jatuh cinta pada pria yang sempurna, beri sedikit konflik dalam perjuangannya mendapatkan cinta sang pria tanpa ada adegan sedih, dan di akhir cerita kita bisa membuat tokoh utama meninggal karena sakit atau bisa karena kecelakaaan.
2. Kasih harapan
Setiap orang pasti suka dengan harapan walau itu semu. Kalian bisa memciptakan cerita yang awalnya sang tokoh utama mengalami kemalangan, ditengah cerita kalian bisa mempertemukannya dengan seorang penyelamat yang bisa memberinya harapan. Contoh di film Me Before You, ketika Sam Claflin putus asa dengan keadaannya munculnya Emilia Clarke, ia bisa membantu Sam menemukan lagi semangat hidup. Namun diakhir cerita mengejutkan Sam bunuh diri.
3. Jangan dipaksakan
Jangan sekali-sekali memaksakan ending menyedihkan hanya karena kita ingin membuat cerita sedih. Cerita yang tidak masuk akal akan membuat pembaca kecewa.
4. Ending yang mengejutkan
Poin penting dari membuat sad ending berkesan dimata pembaca adalah ending yang mengejutkan. Jangan membuat cerita berakhir sedih yang bisa ditebak bahkan ketika pembaca hanya membaca bab awal. Efek kejutan akan menambah poin tersendiri bagi pembaca ketika selesai dengan karya kita. Bahkan dengan kejutan ending menyedihkan bisa menjadi jalan untuk kita membuat sekuel (wkwkwkwk...kalau ini pengalaman pribadi)
Sekian beberapa tips dari aku yang suka membaca cerita sad ending. Mungkin ada yang bisa dijadikan pelajaran. Kesuksesan seorang penulis cerita sad ending adalah berhasil membuat pembaca baper berhari-hari bahkan bisa kesal dengan si penulis. Jadi berbahagialah kalian jika pembaca mengeluhkan sad ending yang kalian tulis.
Selamat berkarya
QNA
1. Aku suka cerita sad ending tapi kalau nulis kadang feel-nya kayak gak dapet. Cara supaya pas nulis feel sadnya dapet gimana ya Kak?
Jawaban : Bayangkan kamu berada diposisi dia, jika tidak bisa tonton film2 yg memiliki alur yang sama dan hayati
2. Mungkin dr kak lia bisa sedikit ngasih saran misal pas nulis harus sambil apaa gitu biar feel sedihnya dapat?
Jawaban : Mungkin karena aku itu suka banget sama cerita yang bisa bikin mewek. Jadi setiap nulis aku akan membayangkan bahwa akulah tokoh utama yang mengalami semua hal yang menyedihkan.
~~~
Mau tahu lebih banyak materi dan diskusi lainnya yang tidak ada di sini? Yuk gabung bersama wga_academy
KAMU SEDANG MEMBACA
Materi Asrama T-FReYa
AcakKumpulan materi yang diberikan oleh para mentor di asrama T-FReYa. Serta diskusi yang terjadi di asrama.