Mentor: Kupukupukecil
Blurb dan Sinopsis
Blurb dan sinopsis itu berbeda. tapi kadang emang orang suka ketuker, naro di blurb isinya sinopsis. Maka malam ini aku bakalan mengumpas tuntas mengenai blurb dan sinopsis
Oke dimulai dari blurb.
Apa sih blurb itu?
Singkatnya, blurb itu penjelasan singkat tentang cerita kita. Kayak sekadar informasi aja, kayak kamu lagi cerita nih gini "Fyi ya cerita aku tuh nyeritain si cewek yang trauma sama cowok tapi dia malah berurusan sama cowok terus dalam hidupnya."
Kayak gitu loh, kayak kamu kasih tau gitu ke orang orang. Yang memang hanya intinya saja. Kalau di buku, ditaronya di belakang. Kalau di wattpad? di deskripsi cerita. Dibuat untuk meningkatkan daya tarik pembaca. Dia bisa jadi semacam 'Eh apa nih menarik kayaknya' lalu mulai membaca, gitcu.
Tips buat blurb yang bagus apa sih?
1. Tempatkan dirimu sebagai pembaca. Kira-kira kamu suka blurb yang gimana? Tempatkan dirimu sebagai pembaca. Kamu lebih seneng blurb yang gimana? Apakah yang ada 'tagline' menohok yg bikin kamu bilang 'WOW! ', apakah pertanyaan yang mencengangkan, apakah satu baris kata yang menguatkan, atau apa?
2. Bisa diselipin salah satu dialog ikonik atau yang menarik dalam cerita kalian. Dialog ikonik atau khas, sisipkan 1 dialog yang unik, lucu, bikin penasaran atau yang mencengangkan 😂Dialog ikonik atau khas.
3. Banyak lihat contoh blurb penulis lain untuk referensi. Kalau ini tinggal dilihat2 aja yaa.
4. Pake pertanyaan. Yang mengandung pertanyaan. Kayak acara acara gosip gituu
Tanya Jawab
- Apa blurb bisa berupa peristiwa tpi g diambil dari salah satu adegan di bab yg ditulis?
Selama masih berkaitan ya ga apa apaa. Toh kan dia penjelasan singkat sebuah cerita. Yg mana sekilas info aja- Blurb sama deskripsi cerita itu sama tidak?
Kalau di wattpad kita tulis blurb nya ya di deskripsi cerita sih. Kalau diartikan sendiri kan deskripsi juga menjelaskan ya, sama kayak blurb.- Kak apa blurd dibuat setelah cerita kita selesai atau setelah chapter pertama dibuat?
Dari awal juga gapapa kok. Misalnya kamu udh tau cerita kamu tentang beda agama.
Blurb kayak.
Tuhan memang satu, kita yang tak sama.
Dunia memang satu, kita yang berbeda.
Aku mencintainya sejak lama meskipun aku tahu bahwa benteng besar menghadang di depan sana.
Tapi aku tetap bertahan, meskipun aku tak tahu sampai kapan.Isinya ya perjuangan mempertahankan cinta beda agamanya dia
Gitu misal
- Kak kalau misal di blurb kita bercerita sebagai orang ke 3 terus di novelnya kita bercerita sebagai org pertama, boleh gak kayak gitu?
Boleh dong. Critical Eleven juga blurbnya orang ketiga. Isinya gantian Anya sama Ale.- Kak, gimana ya caranya supaya blurb itu gak membuat alur cerita jadi mudah ketebak?
Ga usah memuat terlalu banyak informasi kalau kata aku.Jadi bikin penasaran ajaa
- Kak, kalo misal blurb dibikin sama kayak prolog gapapa? Tapi, di prolog narasinya di panjangin. Di blurb, singkat tapi bikin penasaran gitu. Gapapa kak?
Gapapaa- Kak apa dalam satu cerita gak ada blurdnya gk masalah?
Terus orang mau baca, dia baca apa dulu dong?Ini tuh ibarat orang buka ig, baca bio. Begitu.
- Blurb dan prolog sama nggak kak?
Bedaaa.Blurb tuh penjelasan singkat aja. Bener-bener singkat, kalau prolog dia versi lebih panjang karena dia pengantar cerita
- Kalau cuma quotes aja, itu bisa ngga kak?
Banyak kok novel2 yg belakang bukunya quotes doang. Bahkan aku juga punya cerita yg blurb nya sebaris, quotes, bahkan puisi 🤣
Selama bisa bikin orang penasaran kenapa engga wkwkwkwk
- Kak, minimal jumlah kata buat blurb, berapa?
Kayaknya kalau minimal suka suka kita aja deh, maksimal sih lebih bagus 150 kata (ini dari sumber yg aku baca) idealnya segitu.
- Nyeritain awal mulanya boleh kan? Terus pas endingnya. Lalu, apa yang harus Chika lakukan? Gitu🤭
Tapi singkat bgt dan jangan sampe ngespoiler gitu. Jadi ketika baca cerita akan ada kejutan besar yg ga ada di blurb~~~
Mau tahu lebih banyak materi dan diskusi lainnya yang tidak ada di sini, yuk gabung bersama di wga_academy
KAMU SEDANG MEMBACA
Materi Asrama T-FReYa
RandomKumpulan materi yang diberikan oleh para mentor di asrama T-FReYa. Serta diskusi yang terjadi di asrama.