Dipimpin oleh aprilia_md dan kholilia54
TEMA: KARAKTER TOKOH MERASUKI PEMBACA
Apa yang kalian ketahui tentang tokoh?
Jawaban :
Gambaran fisik tokoh, karakter dan kepribadian tokoh
Tokoh adalah pelaku dalam cerita
Tokoh adalah pusat cerita
Tokoh adalah objek cerita. Tanpa objek gak akan ada dan terjadi sebuah cerita. Dan alur adalah penggeraknya 😉
Teng teng...
Jawabannya sudah pasti ya. Benar seratus💯...
Tokoh adalah Pelaku cerita. Yang mana kita bumbui dengan sifat, karakter, latar belakang keluarga, sehingga ia bisa hidup di dalam diri kita.
Anak2 kita yang kita besarkan dengan hati2 dan penuh kasih sayang dalam cerita yang kita buat.
Terus, pernah nggak sih, tokoh kalian oleng? Tiba2 kok berubah sifat. Berubah kebiasaan?
1) Tokoh protagonis, yaitu tokoh yang mendukung cerita (baik).
2) Tokoh antagonis, yaitu tokoh penentang cerita (jahat).
3) Tokoh tritagonis, yaitu tokoh pembantu, baik untuk tokoh protagonis maupun tokoh antagonis.
1. BEDAH TOKOH
Oke, beda tokoh adalah membedah tokoh dari mulai fisik.
Gaya rambut
Tinggi dan BB
Warna kulit
Hobby
Sorot mata
Alis mata
Latar belakang keluarga
Budaya
Dan jangan lupakan kebiasaan unik si tokoh.
Selera musik
Maknan
Pakaian
Aksesoris
Kendaraan
Dan pengetahuan
Semua ini dibedah secara rinci dan detail menurut tokoh yang kalian ciptakan sendiri.2. MENJADI DIRI SI TOKOH
Saat mulai menulis, masuklah ke dalam dunia tokoh yg kamu buat. Kamu harus paham apa yg dirasakan si tokoh. Bagaimana pemikirannya, sifatnya, dan cara menyikapi suatu masalah dari sudut pandang tokoh.
Pembaca yang merasa senasib dengan tokoh kamu pasti merasa terasuki juga. 'Oh ini aku banget, ditinggal pacar, terus pacarku sama sahabatku sendiri'. Kejadian klise semacam ini mungkin sering terjadi.
Atau latar belakang si tokoh yang membuat pembaca merasa dirinya adalah tokoh karena keadaan tokoh sama dengan dirinya.Mengutip Ernest Hemingway, saat kamu menulis cerita, seorang penulis haruslah bisa membuat karakter yang hidup. Kunci dari pembuatan karakter yang menarik, berkepribadian kuat, dan berdimensi adalah riset yang tepat. Analisa orang-orang disekelilingmu untuk membantumu membuat karakter yang tak mudah dilupakan. Buat karaktermu lebih nyata dengan menentukan faktor-faktor internal dan eksternal yang membentuk kepribadian mereka. Selamat menulis!
QNA
Pertanyaan : Kita kan diharuskan mendalami karakter, lalu bagaimana jika yang suka selingkuh naskah 🤭, takut ketuker karakternya, karena kita sendiri bukan org yg multikarakter yg bisa dgn mudah berubah 🤣
Jawaban : "Kita kan diharuskan mendalami karakter, lalu bagaimana jika yang suka selingkuh naskah 🤭, takut ketuker karakternya, karena kita sendiri bukan org yg multikarakter yg bisa dgn mudah berubah 🤣"
Caranya adalah, bedah tokoh anda.
Rincikan sifat, karakter, dsb dalam satu judul novel yg dibuat.
Kalau mau selingkuh, baiknya baca catatan dulu, atau fokus dulu sama karatkter tokoh yg ada dalam cerita kita.. Jadi karakternya gak tertukar🙏Pertanyaan : Ada tipe penulis yang dari awal dia build karakter selengkap mungkin kayak di atas. Dari sifat sampe fisik. Aku tipe penulia kek gitu. Nah, kadang tuh di tengah2 cerita karakterku bisa belok sendiri sesuai alur cerita, jadi gak konsisten. 🤣 sebenernya lebih mudah mana sih? Kita ciptain karakter dulu yang mateng baru alur menyesuaikan atau matengin alur cerita dulu baru bikin karakter yang mengikuti?
Jawaban : Alur sama karakter itu sama-sama penting dipikirkan matang-matang sebelum mulai menulis;") Tetapi untuk alur, sepertinya cukup memikirkan bagaimana tujuannya saja terlebih dahulu. Nanti kan nulisnya bisa ngalir gitu aja idenya. Dan kalau karakter tokoh itu, pentinggg bangettt. Harus kenalin dulu, biar ga belok nantinya pas di tengah-tengah cerita;")
~~~
Mau tahu lebih banyak materi dan diskusi lainnya yang tidak ada di sini? Yuk gabung bersama wga_academy
KAMU SEDANG MEMBACA
Materi Asrama T-FReYa
CasualeKumpulan materi yang diberikan oleh para mentor di asrama T-FReYa. Serta diskusi yang terjadi di asrama.