Materi 10 September 2021

0 0 0
                                    

Perkenalkan, nama saya Yulia Nady, biasa dipanggil Mamak. jadi kalian boleh panggil mamak saja. Saya adalah ibu rumah tangga biasa, pekerjaan saya tukang : Tukang masak yang berkali-kali gagal ekseskusi resep, tukang beres-beres, tukang jualan ikan dan tukang nulis.

Assalamualaikum

Selamat malam semua

Semoga kita dalam keadaan bahagia, hati riang walau dia hilang #eh

Tidak menghawatirkan sesuatu, walau ada jarak dengan dirinya.

Mari kita bersenang-senang malam ini di sini.

Jangan lupa Follow IG @Komunitas merangkai aksara

Siapa tahu eventnya menggoda para penulis keren di sini

Baiklah...

Sebelum benar-benar kita mulai, mari kita berdoa agar Indonesia segera pulih dan kita semua sehat selalu.

Aamiin Ya Allah 🤲

Menurut kabar yang dibawa Kakak Lulu, grup ini berisi para penulis wattpad yang keren-keren

Luar biasa, kalian keren 👏👏

Sebenarnya saya kurang paham gaya penulis wattpad, tapi saya yakin penulis itu di mana pun dia menulis sama, hanya berbeda medianya  saja. Tetapi umumnya, gaya penulis itu trend dan gaya menulisnya serupa dengan teman-temannya di lingkup yang sama. Jadi, malam ini saya akan sekedar sharing tentang Keluar dari zona nyaman dengan mencoba gaya baru.

Biasanya, cerita yang ditulis di platform seperti wattpad, Storial, Novelme atau apapun itu beragam. Ini bagus dan menyegarkan, namun kita harus berani tampil berbeda. Membawa konflik tidak biasa, mengeksekusi cerita menjadi ajaib

Caranya? Ubah genre, eksekusi ide dengan tepat, buat konflik yang out of the box. Pokonya yang ga biasa gitu.

Semisal di sana sudah banyak banget menulis tentang Pelakor, kisah idola sekolah yang jatuh cinta sama anak cupu korban bully atau tokoh utama yang kelewat wah. Nah, kita mulai dari sana dulu. Hapus dan ganti semua kisah Biasa ini. Mari kita ubah mindset tentang cerita yang akan disajikan.

Ingat, Penulis itu pekerja seni yang bebas berkreasi menciptakan tokoh apapun. Bebas juga melakukan apa saja pada tokoh utama. Namun wajib diingat, tetap ada batasan yang diijinkan dan tidak.

Kita kembali ke pembahasan awal untuk belajar mengubah konflik dan cerita.

Pertama ubahlah genre cerita, walau tidak nyaman cobalah membuat sesuatu yang menyegarkan. Jika biasanya membuat cerita genre teenlite atau fanfiction. Coba buat trobosan dengan fantasi.

Teenlite fantasi sepertinya seru. Namun, jika terasa susah mari kita gali ada apa lagi sebenarnya di kedua genre paling diminati ini?

Bagaimana caranya? Kita mainkan konfliknya, kita keluar dari konflik biasa-biasa saja itu. istilah kerennya out of the box barangkali ya.

Ini butuh keahlian khusus, tidak mudah namun tidak sesulit melupakan mantan. Asal ada niat pasti beres hihihihi

Langkahnya bagaimana? Jika selama ini cerita yang kalian tulis itu konfliknya itu-itu saja, mari kita hadirkan tokoh baru. Dengan kepribadian  sebaliknya dengan tokoh utama yang sempurna itu. Nah, tokoh baru yang Nyleneh ini kita buat mengalahkan pesona sang tokoh utama.

QNA

1. Izin bertanya, Mak. Nah, bener nih, Mak.

Aku pengen bikin teenlit tapi nggak mau dituduh plagiat. Padahal konflik anak SMA kan gitu2 aja. Bagaimana solusinya, Mak?

Jawaban : Kita coba ambil sepenggal kisah dari sudut berbeda.

Amati sosok anak sekolah yang biasa saja. Jangan yang _menonjol_ karena culun, cupu, miskin atau kaya, sultan, kece dll itu

Bener-bener yang biasa, yang terlihat dan disadari keberadaannya

2. Mak mau tanya, jika kita sudah mencoba melawan arus tren, tapi hasilnya tidak memuaskan. Misal tidak ada yang suka. Bagaimana nasib kita?

Jawaban : Ini memang hal paling sulit dilakukan di wilayah yang sudah biasa dengan trend itu-itu saja.

Memang beresiko, tapi percayalah Tulisanmu akan menemukan pembacanya

Walau tidak mudah, tapi pasti akan ketemu. Pun dirimu akan diingat sebagai penulis yang memiliki _ciri khas_

Lanjutkan saja, toh tugas penulis adalah menulis

3. Gimana caranya membangkitkan percaya diri bahwa tulisan kita tu layak dan unik. Nggak mainstream seperti cerita orang kebanyakan. Jadi kita juga PD mau promosi ke orang lain.

Jawaban : Begini

Pernahkah kamu mendengar ungkapan

segendut apapun kita, jika kita pede memakai baju yang terlihat aneh akan cantik

Begitu pun tulisan kita.

Apapun penilaian orang, akan aneh atau nyleneh. Jika kamu pede dan yakin bahwa tulisanmu beda, akan bagus.

Pede saja, tulis saja sebaik-baiknya, masukkan rasa dalam setiap karya.

Lalu pasrahlah

4. Nah, gimana cara memasukkan rasa pada tulisan kalau kita nggak yakin tulisan kita bagus😭

Jawaban : Tips memasukkan rasa dalam tulisan. Jadilah tokohnya secara total.

Lalu, tetap yakin bahwa tulisan kita bagus. Jgn minder atau insecure. Jika kamu sudah menyelesaikan tulisan, apresiasi dirimu dengan mengusap kepalamu dan katakan "Pinter, kamunudah menulis sebagus itu dan ga semua orang bisa. Istirahat yuks besok nulis lagi."

Ini sugesti tapi rasakan bedanya waktu dan bukan di waktu luang

Kenali diri kalian, kapan golden time menulis kalian

Anak emak juga punya hak tidur siang loh.

Inget, tidur siang bukannya rebahan sambil main hape

Jadi begitulah sharing kita malam ini.

Inti dari obrolan kita adalah

Cobalah gali lebih dalam kemampuan terpendam kalian. Liarkan lagi imajinasi kalian.

Menulis saja dengan percaya diri, seperti kalian juga (mungkin) percaya diri mencintai seseorang walaupun berakhir dikecewakan #eh

Menulislah dengan rasa masuklah dan berperan jadi tokoh utama. Saat menulis, jiwamu harus berada dalam diri sang tokoh.

Biasakan untuk mengendapkan tulisan dan swasunting sebelum dipublish.

Walau belum memiliki pembaca, pede saja. Menulis saja karena nanti tulisanmu akan menemukan pembacanya.

Atur waktu sebaik mungkin, luangkan waktu dan jangan di waktu luang

Beranilah mencoba, jika gagal satu kali artinya kamu masih punya kesempatan ratusan bahkan ribuan kali.

~~~

Mau tahu lebih banyak materi dan diskusi lainnya yang tidak ada di sini? Yuk gabung bersama wga_academy

Materi Asrama T-FReYaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang