Materi 09 Juli 2021 - Romance

1 0 0
                                    

Mentor : Kupukupukecil

Hari ini kita akan bahas ROMANCE FANTASI DAN ROMANCE KONTEMPORER

Kalau secara general atau umum, fantasi itu genre yang berisi sesuatu yang tidak pernah ada. Semuanya murni khayalan. Settingnya, tempatnya, kebiasaannya, dunianya, bener2 yang gak ada di dunia kita sehari-hari.
Sub nya sih biasanya di bagian science fiction, horor, dan romance. KALI INI KITA BAHAS YANG ROMANCE

1. Twilight
2. Divergent
3. The General Wife (in karyanya SairaAkira di wattpad)
4. Semua novel karya Sherlyn Kenyon (ini bagus2 tapi bijak ya, dia 18+)

kayaknya lebih gampang twilight.
karena yang belum tau mungkin pernah nonton GGS (sumpah nangis contohnya ggs banget)

Jadi singkat cerita ada vampire yang berbaur sama dunia manusia dan hidup seperti manusia lalu dia ketemu sama cewek yang darahnya apa ya istilahnya, pokoknya darahnya membangkitkan dahaga si vampire bgt dan gak ketahan wkwkwk apa sih istilah darahnya si bella aku lupa :")

- HAL YANG HARUS KITA LAKUKAN KETIKA MENULIS ROMANCE FANTASY -

1. menentukan latar belakang cerita
Latar belakangnya apa. Yang bikin kita pengen menulis cerita ini tuh apa. Misal Twilight: tentang dunia manusia dan vampire

2. Kembangkan ide dasarnya
Ide dasarnya udah ada. Manusia sama vampire, ketemu, terus jatuh cinta. Nah tapi cara mereka jatuh cinta tuh gimana sih? di twilight posisinya darah si bella ini sedep banget sementara Edward, dia gak makan daging manusia, bahkan dia udah hidup jadi vegetarian, tapi tetep aja dia gak bisa menahan diri kalau dideket bela. Nah terus gimana caranya dia bisa deket dan pacaran sama bella ketika dianya aja susah mengendalikan diri. Di sini kalian buat alasan-alasan yang bisa kalian buat, yang akan mendukung proses pembuatan cerita dan pengembangan plotnya.

3. gambarkan dunia dalam novelmu
Dunia seperti apa sih yang akan kamu ciptakan? di si twilight ini, dunianya dunia manusia, tapi memang di daerah itu ada sekumpulan vampire dan srigala yang memang udah lama tinggal di sana dan nandain wilayah kekuasaan gitulah, meskipun memang vampire nya tersebar di seluruh dunia.

4. Tentukan lokasi dan kerangka waktunya
Ini sama kayak menggambarkan dunianya. Lokasinya penting, kalian bisa pake lokasi asli misal di indonesia tepatnya di bromo misalnya. Atau bisa buat lokasi 'fantasy' kalian, misalnya dunia yang kalian ciptakan namanya 'rainbow' , dimana sepanjang tahun selalu ada pelangi di sana wkwkwkwk

5. CIPTAKAN PERATURAN
Nah ini penting. dalam dunia fantasi yang kamu bikin cuman kamu yg tau peraturan pastinya apa dan harus inget kalau ada peraturan maka ada hukumannya.

Jadi tentukan peraturan apa yang mau kamu buat di cerita kamu.

Gak akan bahas twilight ya aku lupa detailnya.

Misalnya di cerita yang mau kamu bikin, aturannya gak boleh ciuman sama manusia. sekali kamu ciuman, kamu bakal disiksa 12 tahun. Kenapa ga boleh ciuman? Karena misalnya ada pertukaran energi antara kaum A dan si manusia yang bisa membuat kaum A melemah.

Karena bahas romance jadi contohnya ciuman gapapa yaaa wkwkwk

INI CONTOH

6. KARAKTER
jangan lupa buat sebuah karakter yang akan mendukung cerita kalian. Aspek penting tuh antagonis sih menurut aku karena si antagonis ini bisa membuat kekacauan besar buat para cast lain yang bisa menimbulkan hukuman2 tadi jadi makin seru aja ceritanya.

Cerita fantasy itu penuh dengan ironi kalau menurutku.

Karena dari kisah cinta beda dunia aja udah ironis.

Dewa-manusia
Vampire - manusia
Manusia srigala - manusia
Alien ganteng - manusia

Dari aspek ginian aja udah bikin menghela napas. Hey kisahnya ga normal tapi rasa cinta mereka kayak org2 normal pada umumnya namun masalahnya dunia aja udah beda. Mau gimana. Halangannya besar banget

Contoh yg banyak ditemui sih misal dewa yang dikutuk.

Dia dewa, tapi di kutuk. Ketemu manusia, jatuh cinta, pengen bersama tapi tetap kembali ke poin satu. Dia dikutuk.
Untuk bisa sama sama udah pasti harus mematahkan kutukannya.
Tapi ada konsekuensi kan, entah satunya meninggal entah satunya berkorban, selalu ada tumbal dibalik semuanya.
Mana sepanjang cerita diceritain gimana dia dikutuk dan gimana dia menjalani hari2 yang ga berakhir2 karena dia abadi

Menurut aku untuk bisa paham bgt soal roman fantasi adalah banyak banyak baca genre fantasi juga.

Manfaatnya banyak kok, kalau aku sendiri jadi tau dewa dewa di mitologi yunani gitu jadi pas baca sambil nambah ilmu juga karena org kan ga akan iseng tiba tiba pengen tau terus cek. Harus ada trigger nya juga kan apa.

Banyak yang bisa dipelajari sih sebenernya

QNA

1. Kalau misal kita buat cerita romance kerajaan yang nggak pernah ada di dunia nyata (khayalan semata) apa itu juga termasuk romance fantasi kak?

Jawaban : Betul. Historical romance tuh udah ada jamannya gitu biasanya. Banyaknya kan eropa yaaa

Kebanyakan settingnya di zaman periode awal modern inggris sampe zaman Victorian. Kalau versi Amerika, seettingnya di masa Viking sampe bajak laut.

Sementara kalau kita buat cerita soal 'kerajaan' yg kita ciptakan sendiri dgn timeline waktu semau kita itu bisa disebut fantasy.

2. apa aja sih tipsnya buat mulai nulis cerita genre ini?

Jawaban : 1. Narasi yang jelasin muter dulu ke sebuah teori misalnya kayak contoh aku tadi yg orgtua bahagia maka anaknya bahagia.
2. Langsung dialog
3. Narasi dari emosi tokoh
4. Pengenalan tokoh masing2 tanpa embel embel 'dia raka, pria mapan yang sudah lama blablabla' lebih ke explor kegiatan dia aja dan menonjolkan sikapnya biar yg baca yang kenal sendiri sama dia

~~~

Mau tahu lebih banyak materi dan diskusi lainnya yang tidak ada di sini? Yuk, gabung bersama wga_academy

Materi Asrama T-FReYaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang