Cerita masa lalu yg mengoyak luka basah dalam hati
Mella dan Jay saat ini berada di taman belakang rumah sakit.
Keduanya masih saling diam,tidak ada yg berniat membuka suara. Hanya saling memandangi langit yg berangsur berubah menjadi jingga.
"lo mau denger yg mana dulu?" tanya Mella yg ahirnya membuka suara.
Jay menoleh ke arah Mella yg memasang wajah datar andalannya.
"tentang cowo yg namanya Yedam itu" jawab Jay pelan.
Mella mengulum bibir sebelum bercerita.
"yah,lo berhak tau tentang Yedam" Gadis itu tersenyum kecil.
"gue sama Yedam udah temenan dari kecil pas di Filipina,ya kayak gue sama Hwi sekarang lah. Tapi pas kelas 4 sd gue pindah ke Indo ninggalin Yedam di sana. Singkat cerita gue denger pas kelas 7 Yedam balik ke sini,tapi kita beda komplek bahkan sekolah sampe SMA pun kita beda. Kita kadang kali main bareng sama Hwi juga. Ternyata secara kebetulah Eunsang anak kelas gue juga pernah satu smp sama Yedam dan ahirnya mereka sahabatan,jadi kita kadang kadang main berempat. Jarang sih emang" Mella menjeda ucapannya.
"bulan kedua kita pacaran lo inget kalo gue pernah ke Filipina? Nah itu awal kita dijodohin dan awal gue tau penyakit Yedam. Gue sama Yedam pergi bareng ke Filipina nemuin sanak saudara masing masing disana. Pas makan malam hari kedua gue disana,tiba tiba papa,mama sama nenek bilang kalo gue mau dijodohin sama Yedam. Waktu itu bilangnya karena perjanjian ayah sama mendiang ayahnya Yedam pas masih sekolah kalo punya anak berlawanan jenis harus di jodohin. Gue nolak,of course karena gue udah punya lo waktu itu"
"tapi pas gue tau kalau Yedam sakit,dan itu bukan sakit yg bisa di remehin,gue mulai nerima Yedam. Gue mau dia bahagia dulu sebelum ajal menjemput. Gue selalu ilang ilangan dan bersikap lebih cuek ke lo sejak pulang dari Filipina karena gue harus stand by di sisi Yedam,meskipun ngga 24/7 banget tapi seenggaknya dia ngerasain perhatian gue layaknya pacar beneran. Sejak kecil gue emang sadar kalo Yedam punya rasa lebih ke gue,tapi gue abaikan karena kita masig terlalu kecil buat tau gituan"
"Yedam sakit,dia kena tumor ganas yg bersarang di otak atau orang orang nyebutnya kanker otak. Dia udah stadium ahir,harapan hidupnya beberapa bulan atau paling lama harusnya 1 tahun. Tapi Yedam kuat banget,dia mampu 2 tahun hidup sejak kankernya divonis masuk stadium ahir. Dia selalu bilang ke gue pengen hidup lebih lama karena dia berhasil bertahan sejauh ini,gue cuma bisa ngangguk ngangguk doang. Hati gue sakit Jay waktu dia bilang pengen punya kesempatan lebih lama hidup,gue selalu diem diem nangis setelah dia tidur. Gue selalu nanya ke tuhan kenapa orang se baik Yedam harus dapet cobaan kayak gini?" Mella ahirnya menjatuhkan air matanya.
Dia tak kuat untuk menceritakan seluruh kisah secara lengkap,hatinya terasa teriris benda tajam bila mengingatnya.
"makanya gue bener bener panik,cemas sedih dan khawatir pas mamanya Yedam bilang operasi Yedam berpotensi ngga berhasil karena pendarahan hebat. Operasi itu satu satunya harapan Yedam buat hidup lebih lama,Yedam ngga mau kemoterapi,hidupnya cuma bergantung ke obat dan operasi. Gue pengen dia bisa wujudin keinginannya punya umur yg panjang,bisa ngeraih cita citanya jadi pilot dan bisa bina keluarga kecil yg bahagia. Masa sekolah dia udah kerenggut Jay sejak masuk kelas 9 dulu gara gara kankernya udah masuk stadium ahir,gue sering liat dia mandangin seragam gue dengan tatapan iri"
Jay mendengarkan dengan seksama penjelasan dan cerita Mella. Dia ikut meneteskan air matanya begitu mendengar cerita Mella bersama Yedam.
"terus.... Kenapa lo bilang ke gue cuma jadiin gue pelampiasan karena abis putus sama Juno?" ini lah pertanyaan yg sedari tadi ingin Jay tanyakan.
Mella tersenyum tipis. "gue pake alasan jahat biar lo benci sama gue dan lupain gue,dengan gitu gue bisa lepas dari lo tanpa beban. Soal cewe baru yg gue maksud itu Isabela,dan gue sebenernya tau kalau Isabela sama kayak Hwi dihidup gue"
Jay menatap Mella yg masih menatap sinar senja dengan dalam.
"lo udah denger apa yg mau lo denger kan?" tanya Mella kemudian menatap Jay yg setia menatapnya.
Jay mengangguk pelan.
"makasih udh jelasin" pemuda itu tersenyum teduh lalu secara tiba tiba memeluk Mella.
"lo baik banget sumpah,maaf gue pernah mikir yg ngga ngga" gumam Jay dibalas kekehan Mella.
"itu wajar,bahkan itu yg gue mau"
"jadi sekarang kita baikan?"
"emang kita pernah musuhan?"
"hehe"
KAMU SEDANG MEMBACA
im sorry (Complicated✔️)
Fanfiction"maaf,lo cuma gue jadiin pelampiasan karena gue baru putus dari Juno"