23 | obrolan pagi

816 97 0
                                    

"Mah, aku berangkat!"

Yera turun dari tangga dengan tergesa-gesa. Rambutnya dibiarin tergerai bebas dengan sedikit make-up tipis biar nggak terlalu keliatan pucat. Juga kacamata bulat bening yang mana baru pertama kali dalam sejarah ia memakai benda tersebut ke sekolah.

Pintu dibuka, Yera melebarkan mata dan terlonjak secara bersamaan. Hampir aja teriak.

Tepat ketika seorang pemuda dengan balutan seragam juga jaket denim berdiri di depan pintu dengan sebelah tangan terangkat hendak mengetuk.

Laki-laki itu tersenyum. "Pagi," sapanya.

Yera terpaku beberapa saat. Sampai kesadarannya kembali setelah suara rendah itu masuk ke pendengarannya.

"Ngapain lo di sini?! Gue kan udah bilang gak usah ganggu gue lagi! Elo tuh--"

"Eh udah sampe toh? Yuk berangkat." Suara di belakangnya buat Yera tersentak dan berbalik menatap sang Mama.

"Apa? Berangkat? Mama mau berangkat kemana????"

"Kenapa sih kamu tuh? Masih pagi udah sewot aja. Udah ayo Mama mau belanja nih," kata Mama memasang wajah galak, tapi ekspresinya berubah lembut ketika menatap pemuda di depannya. "Ayo Jeff, Tante udah siap."

"Oh ayo, Tan."

Sebelum beranjak, Jaehyun melirik Yera dengan tatapan berbinar. Sebuah tatapan yang tak sempat Yera perhatikan.

Satu kata yang menggambarkan gadis itu sekarang.

Cantik.

"Stop, Ma."

Mama yang udah melewati Yera di ambang pintu mendadak berhenti.

"Jadi Mama yang nyuruh kak Jaehyun ke sini?"

"Menurut kamu?"

"Ngapain sih? Gak ada kerjaan banget tau gak? Mama tuh sok kenal!" cibir Yera.

"Ngeliatin Mamanya biasa aja. Kamu mau Mama gak kasih makan selama seminggu? Lagipula dianya yang nawarin kok, gak enak kalo nolak yaudah Mama suruh aja dia ke sini. Udah deh jangan bawel kamu tuh bisa gak?" Mama menarik lengan Yera turun ke bawah.

Boleh gak sih tukeran Mama sama orang lain? Tekanan Yera tiap hari naik punya Mama kayak dia.

Yera gak berhenti sumpah serapahin dan ngelirik Mamanya sinis bahkan saat mereka udah di mobil. Bayangin di saat lo lagi mengindar dan nyokap dengan seenak jidat malah nyuruh lo buat duduk sampingan sama si cowok. Kesel banget gak sih????

"Jeff ini kalo berangkat sekolah emang suka sendiri ya?" tanya Mama memecah hening setelah tiga menit diem-dieman.

Jaehyun melirik spion tengah, mengangguk tenang. "Iya, Tan."

'Halah boong banget tai. Lo aja pulang pergi gue liat bareng mulu sama Mina, nyet.' batin Yera.

Dah kek lagu Dilan aja.

"Loh, kalau gitu kenapa gak bareng aja sama Yera? Dia juga sering sendiri kok."

Yera otomatis mendelik. "Apaan sih aku aja sering sama Renjun. Jangan sok tau deh!"

Mama tak peduli. Tetap fokus nanya-nanya ke Jaehyun.

"Saya juga sering ngajak Tan, cuma Yeranya suka gak mau," jawab Jaehyun ngelirik kecil Yera.

"Halah dia mah malu-malu kucing Jeff. Diluar sih sok-sokan nolak, tapi dalamnya.. beuhh langsung kena serangan tuh," celetuk Mama kali ini berhasil bikin Jaehyun tertawa.

Sedangkan Yera cuma bisa ngebatin kesel dan berdoa supaya cepat sampe.

Dosa masa lalu apa yang udah pernah diperbuat sampe Yera bisa punya Mama macam ini?

"Mama tuh diem aja bisa gak sih? Diem udah diem, biarin kak Jaehyun nyetir dengan fokus," gerutu Yera emosi setengah mati sampai berbalik ke belakang.

"Apasih kamu tuh gak usah ngatur-ngatur deh. Gak sopan banget sama orang tua," ketus Mama gak mau kalah.

"Ya Mama yang mulai duluan."

"Apa? Mau apa kamu?" tanya Mama menantang.

"Serah ah capek!!!!" Yera membuang muka ke jendela.

Jaehyun yang daritadi melihat pertikaian itu gak bisa gak tertawa. Yera sama Mamanya tuh bener-bener lucu. Di rumahnya pasti mereka selalu berantem tiap saat. Apalagi berantemin hal-hal yang gak penting kayak sekarang ini.

Beberapa menit kemudian Jaehyun berhentiin mobilnya. Ia menoleh ke belakang, "Udah sampe, Tan."

"Oh udah sampe ya? Wah makasih ya Jeff baik banget sih kamu udah mau anterin Tante," kata Mama sambil bersiap keluar.

"Yaelah kalo situ gak maksa juga gak bakalan mau kali," gumam Yera sambil mainin ponselnya.

"Kapan-kapan boleh lah makan bareng," kata Mama gak hirauin perkataan Yera. "Ajak Mama kamu tuh udah lama banget kan kita gak ketemu," lanjutnya sambil membuka pintu dan keluar.

"Beres, Tan. Kalo gitu kita pamit ya."

"Iya," Mama mengangguk. "Eh, itu bilangin sebelah kamu jangan main hp mulu. Belajar yang bener, nilai matematikanya masih anjlok."

"Berisik!!!!!!"

Setelah itu mobil kembali melaju. Menyisakan dua orang yang kini sibuk dengan pikiran masing-masing.

Sampai Jaehyun gak tahan ingin bicara sama cewek di sebelahnya.

"Nyokap lu sering belanja ke sini?"

"Hm."

"Sama dong nyokap gue juga."

"Oh." Yera cuma nganggukin kepala.

'Anjir jadi awkward gini,' batin Jaehyun.

"Kok bisa ya mereka gak pernah ketemu," kata Jaehyun lagi, kali ini dengan intonasi agak ringan.

"Gak tau."

Jaehyun kini diam sepenuhnya. Memainkan lidah sesaat dan menghembuskan napas berat.

"Lo masih marah ya sama gue?"

"Lo pikir aja sendiri," ucap Yera kali ini dengan kalimat yang lebih panjang dari sebelumnya.

"Menurut gue sih lo gak bakalan bisa marah lama-lama ke gue. Karena... " Jaehyun menoleh menatap Yera, ekspresinya jadi berubah.

Yera melirik merasa diperhatiin. Dan gitu aja, tatapan keduanya bertemu.

"Karena apa?"

Jaehyun tertegun menatap netra kecoklatan itu. "Karena lo bukan tipe kayak gitu," jawab Jaehyun asal.

Sumpah, Jaehyun sendiri bingung kenapa kalimat itu yang harus keluar dari mulutnya.

Raut wajah Yera seketika berubah, buru-buru ia ngalihin wajah dari Jaehyun dan kembali menghadap ke depan.

"Oh," gumamnya singkat.

Walau tanpa Jaehyun sadari, Yera kini merunduk dan merapatkan bibir. Sibuk sama ponselnya dengan ekspresi wajah kaku.


***







nape lagi ni bocah dua

kak jaehyun ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang