15

726 114 1
                                    

Yoongi merhatiin Jimin yang lagi nyiapin makan sahur buat dia. Biarpun lagi dapet, adeknya itu tetep rajin bangun awal buat masakin Yoongi makanan. Yoongi seneng liatnya. Dulu awal lulus dari pesantren, Jimin ga bisa masak blas. Sekarang, adeknya itu udah bisa masak macem-macem dari yang paling simpel ampe makanan yang ribet cara buatnya. Ya meskipun terkadang masih pake panduan resep sih. Yoongi berterima kasih banget ke Hoseok sama duo bunda karna mereka bertiga itu yang ngajarin Jimin masak.

"Sahurnya apa, Jim?"

"Bobor bayam sama tempe gembos."

"Mantap~"

Yoongi duduk di meja makan dan ga lama dia nguap lebar. Jimin ngeliatin masnya itu.

"Mas Ugi ga tidur mesti ya?"

"Kok tau?"

"Tengah malem Jimin mau ke toilet aja mas masih nongkrong depan teras. Ga ngerokok lagi kan?"

"Nggak lah. Gue ude berenti total ngerokoknya ye..."

Jimin naroh mangkok isi bobor bayam sama piring isi tempe gembos di depan Yoongi, trus balik lagi ke dapur buat ambil nasi di mejikom. Ga lupa dia bikinin kopi susu buat Yoongi juga. Sengaja kopi susu bukan kopi item, supaya abis subuh nanti masnya itu bisa tidur. Kalo kopi item, apalagi yang strong, bisa-bisa Yoongi ga tidur ampe besok. Dia kasian liat masnya itu yang udah ngantuk tapi ga bisa tidur.

"Lo ga makan, Jim?" tanya Yoongi pas liat Jimin duduk di depannya cuma dengan segelas besar teh susu dingin.

"Nanti aja. Jimin mah makannya gampang, mas."

Yoongi mulai makan sahur buatan Jimin dan ngacungin jempol ke arahnya. "Bobor bayemnya mantap, Jim. Gembosnya juga enak, padahal biasanya gue ga terlalu demen gembos..."

"Resep dari bundanya bang Namjoon tuh, mas."

Yoongi ngusap rambut panjang Jimin yang dicepol asal. Ya kalo di rumah sendiri mah Jimin ga pake jilbab kan. "Ibu sama bapak pasti seneng kalo tau anak gadisnya ini udah bisa masak macem-macem."

"Ngomong-ngomong Jimin kangen bapak sama ibu, mas. Udah mau 3 taun kita ga ketemu. Rasanya sepi kalo lebaran tanpa mereka lagi taun ini..." Jimin senyum miris.

Yoongi ngusap pipi Jimin sayang. "Ya mau gimana lagi? Namanya juga bapak sama ibu orang pelayaran. Kerjanya ya otomatis berlayar. Untungnya jaman sekarang kita kalo mau bertukar kabar udah gampang karna ada internet dan punya banyak pilihan sosmed. Ga kayak dulu pas kita kecil yang harus nungguin surat dari pos berminggu-minggu, bahkan bisa ampe bulanan..."

Jimin ngangguk-ngangguk. "Iya juga, sih. Untung juga bapak sama ibu pelayarannya di 1 kapal, ga kepisah kayak waktu aku SMP itu..."

Suasana abis itu langsung hening. Yoongi lanjutin makan sahur, Jimin anteng minum teh susunya sambil sesekali nyomot tempe gembos di piring. Tapi heningnya ga lama karna Yoongi langsung ngomong lagi begitu makanan di mulutnya ditelen.

"Lo ada masalah apa sama si Juki?"

"Ohok! Ohok!!" Jimin keselek minumannya sendiri.

"Ciee salting~"

"Siapa yang salting?! Keselek nih!"

"Ya keselek itu tandanya lo lagi salting, Jimin sayang~"

Jimin ngelap mulutnya yang basah abis itu ngambil air putih dingin di kulkas.

"Coba sini cerita ke gue lo ada masalah apa. Jungkook bilang katanya udah berapa hari ini lo cuek dan dingin ke dia. Jungkook ada salah apa? Biar gue hajar dia kalo emang punya salah ama lu."

"Jangan! Sembarangan aja main hajar orang!"

"Ya kalo orang itu udah bikin adek gue ini sakit ati atau sedih, menurut gue sangat wajar untuk gue gampar."

Jimin diem cukup lama sambil nunduk merhatiin isi gelasnya sendiri. Yoongi sabar nunggu, ga lupa lanjutin makan sahurnya.

"Menurut mas Ugi, salah ga kalo Jimin ngerasa cemburu?"

Yoongi berusaha nahan senyum. Dugaan dia dari semalem rupanya tepat. "Si Una, ya?"

Jimin langsung natap muka Yoongi dengan ekspresi kaget. "Kok abang tau?"

"Udah ketebak sih..."

Yoongi naroh piring dan mangkok kosongnya ke bak cuci piring. Dia ambil air putih dulu di kulkas sebelum balik duduk di kursinya. "Lo mulai nyuekin Jungkook semenjak temen-temennya mulai kerja sama Hoseok. Dan karna 2 dari 3 sohibnya itu laki, jadi gue yakin lo pasti cemburu liat Jungkook akrab sama Una."

Jimin ngangguk pelan. "Jimin tau sih, ini bukan hak Jimin buat cemburu..."

"Kata siapa?"

"Eh?"

Yoongi pindah duduk ke samping adek kesayangannya itu. Adeknya ini belom lama ngelepas status remajanya dan berubah jadi dewasa muda. Jadi Yoongi maklum aja kalo emang perasaan Jimin masih suka labil. Apalagi liat Jungkook yang super perhatian ke Jimin dan gencar banget pedekatenya, Yoongi yakin Jimin juga pasti ngerasa baper.

"Emang sih kalian ga ada status pacaran. Lo sendiri juga ga mau pacaran kan? Tapi ya menurut gue wajar kok lo sesekali ngerasa cemburu liat Jungkook deket sama cewek. Apalagi yang belom lo kenal sebelumnya."

"Tapi kan bukan pacar, mas. Jimin sama bang Jungkook ga ada status. Itu tetep wajar kalo ngerasa cemburu gitu?"

Yoongi ngibasin tangan. "Pacaran itu bukan status. Buang-buang waktu, tenaga, ama duit aja itu mah. Iya kalo yang dijadiin pacar bener jodoh kita. Kalo ternyata kita cuma jagain jodoh orang doang gimana?"

Jimin manggut-manggut dengernya. Kata-kata masnya itu bener banget dan masuk akal buat dia.

"Ga salah kok kalo lo jealous, dek. Tapi seenggaknya lo omongin baik-baik ke Jungkook soal ini. Kasian juga tu anak nelangsa mikir dia punya salah apa sama lu gegara mendadak dicuekin berhari-hari."

"Iya mas."

"Hari ini, atau lu maunya kapan juga terserah, selesai lu kerja minta Jungkook anterin lu pulang lagi deh. Ntar kalian bisa obrolin hal ini berdua. Entah di mobil, atau mau sambil berenti dan nongkrong dulu di pinggir jalan. Intinya gimana baeknya aja buat kalian. Gue percaya kok sama Jungkook." Yoongi meluk Jimin dan usap-usap rambut adeknya itu dengan sayang.

"Biar slenge'an dan keliatan urakan gitu, Jungkook itu anaknya bertanggung jawab dan kata-katanya selalu bisa dipegang. Dia juga tipe yang sangat menghormati perempuan. Jadi gue ga khawatir ngebiarin lo jalan berdua sama dia."

Jimin bales meluk Yoongi. "Iya, mas. Makasih ya buat pencerahannya..."

"Anytime, adekku tercinta~"

Obrolan mereka berenti pas denger suara marbot mesjid yang ngasih pengumuman lewat toa.

"Sahuuur sahuur sahuuur! Waktu imsak kurang 5 menit. Waktu imsak kurang 5 menit....."

Yoongi berdiri dari kursinya. "Tidur gih. Biar gue yang beberes sama nyuci piringnya."

Jimin ngangguk, abis itu dia jalan ke kamarnya sendiri.

"Jangan sampe ketiduran, mas. Adzan subuh ga lama lagi."

"Siap~"

.

TBC

[NamSeok] ✔️ - Ramadhan in Love 3Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang