"Penjahat takkan pernah bisa melupakan tempat di mana mereka menciptakan penderitaan."~'••••'~
Satu hari yang lalu ....
Memecahkan kasus kriminal membutuhkan kerja keras polisi. Mereka harus bisa menemukan petunjuk yang bisa mengarah ke kasus yang mereka selidiki. Sekecil apapun petunjuknya, tetaplah petunjuk. Ketika petugas polisi mengunjungi tempat kejadian perkara atau tempat tersangka, mereka dihadapkan dengan informasi visual yang sangat banyak.
Dibalik benda sehari-hari itu mungkin ada bukti penting yang bisa menghubungkan seseorang dengan kejahatan. Maka dari itu TKP bukan lagi tempat penting yang harus diselidiki, namun mereka melewatkan satu tempat untuk menemukan petunjuk lainnya yang mengarah ke kasus ini.
Seluruh gedung sekolah telah diperiksa, namun tidak ditemukan keanehan. Klub renang dan lokasi-lokasi sulit dijangkau tampaknya bukan sasaran pelaku. Kematian Danu murni terjadi di gudang.
Cahaya kamera yang beberapa kali menghantam tanah itu membuat perhatian Detektif Lenan yang sedang menarik sumbu pembatas di tanah itu terhenti. Pria muda dengan rambut Split Bangs itu berdiri sambil menopang pinggang, menatap seluruh area gudang yang gelap serta bau pengap.
Tim kepolisian sedang melakukan Krida TKP. Tempat dimana suatu tindak pidana dilakukan atau tempat dimana barang bukti dan korban berhubungan dengan tindak pidana.
TKP menjadi sumber dari bahan-bahan penyidik karena didapati bekas-bekas dari peristiwa, bisa berupa bekas kaki, tangan, darah, muntahan dan alat atau benda sebagai alat bukti.
Jika TKP perkara pembunuhan itu dilaksanakan di dalam rumah, maka TKPnya bukan hanya terletak di tempat korban tersebut, tetapi seluruh bagian-bagian lain dari rumah tersebut. Begitu juga gudang yang sedang mereka selidiki, seluruh sekolah menjadi pantauan pihak berwajib termasuk murid-muridnya.
Metode apa yang digunakan polisi untuk melacak barang bukti pelaku?
Tindakan pertama yang mereka lakukan adalah mengikuti semua prosedur yang ditetapkan bagi petugas yang tiba di lokasi kejadian. Jika tersangka terhubung dengan tindak pidana berdasarkan bukti yang ada, mereka harus segera diidentifikasi. Namun, dalam kasus ini, tersangka sulit ditemukan akibat kurangnya bukti. Fokus utama di lokasi kejadian adalah korban, pelaku, barang bukti, dan kondisi TKP.
Tim forensi sibuk dengan tugas masing-masing. Mereka memindai area TKP menggunakan kamera untuk mengidentifikasi benda-benda mencurigakan dan mengambil sampel jejak jari untuk menganalisis sidik jari yang mungkin tertinggal.
Pada pemeriksaan terakhir, tidak ada bukti yang ditemukan. Namun, berkat saran Detektif Lenan untuk melakukan pengecekan ulang-mengingat pertemuannya dengan sosok bertopeng di gudang-mereka melanjutkan pencarian. Ada kemungkinan pelaku sedang mencari ponsel Danu, yang hingga kini belum ditemukan.
KAMU SEDANG MEMBACA
DANGEROUS SCHOOL
Mystery / Thriller"Peperangan diantara para belalang adalah pesta bagi kelompok burung gagak." Kematian anggota klub renang bernama Danu yang dinyatakan polisi sebagai kasus bunuh diri. Ternyata, beberapa hari setelah kematiannya, muncul rekaman video dari saksi mata...