Dialog Tag

259 31 9
                                    


MATERI "DIALOG TAG"


Apa itu dialog tag?

Dialog tag adalah frase yang mengikuti dialog, yang menginformasikan identitas si pengucap dialog. Jadi, dialog tag itu frase untuk kita mengetahui informasi dialog yang kita baca. Nah, dialog sendiri dibagi beberapa macam.

MACAM MACAM DIALOG TAG:

Netral: ujar, ucap, kata, cetus, tutur, ungkap, tandas, tanya, sapa, panggil, pungkas, tegas, ajak dan pinta.
Netral sebagai respons: sahut, jawab, balas, terang, jelas, sela, tukas dan potong.
Ada emosi: sindir, ejek, hina, cela, kelakar dan canda.
Emosi bernada tinggi: teriak, jerit, raung, seru, sergah dan murka.
Emosi bernada rendah: bisik, gumam, lirih dan geram.

A. Dialog Bernaras

"...,"
"...?"
"...!"

"Aku mencintaimu," ucap Al tulus.
"Kita kenal?" tanya Amanda ketus.
"BILANG 'IYA' CEPET!" teriak Al kesal.

Jadi, saat dialog tag narasi, setelah tanda petik adalah huruf kecil.

B. Dialog Tag Tanpa Aksi

"...."
"...?"
"...!"

"I love you."
"Kita kenal?"
"Bodo amat!"

Nah untuk dialog tag tanpa aksi sendiri berarti tanpa ikut serta. Berdiri sendiri ya, gada
terusannya.

C. Dialog Tag Aksi

"...."
"...?"
"...!"

"I love you." Tangan Al melingkar di pinggang Amanda dengan mesra.

"Kita kenal?" Amanda menatap Al sengit.

"Bodo amat!" Al langsung melepaskan tangannya dan pergi.

Nah dialog aksi adalah dialog yang dilanjutkan dengan suatu aktivitas dan setelah tanda petik penggunakan huruf kapital.

RINGKASNYA:
Jadi, disini perbedaanya adalah setelah tanda petik ("). Jika dialog bernarasi itu setelahnya menggunakan huruf kecil. Sedangkan, dialog tag aksi itu setelah dialog si tokoh melakukan aktivitas dan itu menggunakan huruf kapital.

***

Jika ada pertanyaan silahkan komentar di bawah, biar mimin yang akan menjawab^^

Jangan lupa untuk follow, vote untuk support kami kedepannya dan share agar banyak orang yang merasakan manfaatnya juga^^

TIPS MENULISTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang