Materi yang akan Mimin sampaikan kali ini adalah tentang penggunaan Huruf Kapital atau Huruf Besar yang baik dan benar. Untuk materi kali ini, sebenarnya terbagi kedalam beberapa poin, namun sepertinya akan disampaikan penggunaan yang umumnya saja, untuk sisanya mungkin untuk part selanjutnya.
Penggunaan Huruf Kapital yang baik dan benar, adalah sebagai berikut.
1. Dipakai sebagai huruf pertama kata pada awal kalimat.
Contoh:
• (D)ia sedang merasa tidak enak badan.
• (M)asih banyak hal yang harus dilakukan.• (A)pa maksudmu?
2. Dipakai sebagai huruf pertama petikan langsung.
Contoh:
• Adik bertanya, "(K)apan kita pulang?"
• "(B)esok pagi, kata Ibu, "(D)ia akan berangkat" • "(K)emarin kau terlambat," katanya.3. Dipakai sebagai huruf pertama kata penunjuk hubungan kekerabatan, seperti bapak, ibu, dan lainnya yang dipakai dalam penyapaan dan pengacuan.
Contoh:
• "Kapan (B)apak berangkat?" tanya Harto.• Adik bertanya, "Itu apa, (B)u?"
• Para ibu mengunjungi (I)Bu Hasan.Namun perlu diingat, Huruf kapital tidak dipakai sebagai huruf pertama kata penunjuk kekerabatan yang tidak dipakai dalam pengacuan atau penyapaan.
Misalnya:
• Kita harus menghormati bapak dan ibu kita.
• Semua kakak dan adik saya sudah berkeluarga.4. Dipakai sebagai huruf pertama unsur singkatan nama gelar, pangkat, dan sapaan.
Contoh:
• Dr. (Doktor)
• M.A. (Master of arts)
• S.E. (sarjana ekonomi)5. Dipakai sebagai huruf pertama dalam ungkapan yang berhubungan dengan nama Tuhan dan kitab suci, termasuk kata ganti untuk Tuhan.
Contoh:
• Allah
• Yang Mahakuasa
• Yang Maha Pengasih***
Jika ada pertanyaan silahkan komentar di bawah, biar mimin yang akan menjawab^^
Jangan lupa untuk follow, vote untuk support kami kedepannya dan share agar banyak orang yang merasakan manfaatnya juga^^
KAMU SEDANG MEMBACA
TIPS MENULIS
RandomKamu ingin menjadi penulis? Ta-tapi ngga tau mulai dari mana? Belum lagi materi dan pengalaman menulis belum ada? Jangan khawatir, kini kamu bisa mulai dari membaca cuma diaplikasi Wattpad saja ada berbagai macam tips dan materi kepenulisan yang ada...