Genre Dan Sub Genre

14 2 0
                                    

          Genre sastra berarti jenis karya sastra. Ahli piker yang pertama meletakkan dasar teori genre adalah Aristoteles dalam tulisannya yang terkenal Poetica. Menurut Aristoteles, karya sastra berdasar ragam perwujudannya terdiri atas tiga (3) macam, yaitu epik, lirik dan drama.

          Genre novel diklasifikasikan kedalam beberapa jenis. Berdasarkan kebenaran cerita yang diangkat, berdasarkan tipe cerita yang dikandung, dan berdasarkan target pasarnya.

1. BERDASARKAN KEBENARAN CERITA

     A. Novel Fiksi

Novel fiksi sesuai dengan namanya menceritakan kisah-kisah rekaan yang sangat imajinatif, bahkan setting tempat dalam cerita biasanya tidak m ungkin ada dikehidupan nyata. Harry Poter dan Twilight adalah contoh dari novel fiksi.

Ada beberapa sub-genre novel fiksi, antara lain:

· Sejarah Alternatif

Dimana kisah yang diceritakan merupakan bagian dari sejarah nyata namun disisipi dengan imajinasi pengarang.

· Fantasi Komik (Comic Fantasi)

Tiruan dari kisah fiksi yang dikemas dengan cerita fantasi.

· FantasiKontenporer

Novel yang bercerita tentang masa kini namun dibumbui dengan fantasi pengarang. Contoh nyatanya adalah novel Harry Potter yang saya sebut tadi.

· Fantasi Kegelapan (Dark Fantasy)

Ini akan sedikit memili bumbu horor, biasanya menceritakan zaman dimana para kesatria masih eksis. Mungkin contohnya adalah novel The Hobbit dan The Lord of The Ring.

· Fantasi Erotis

Sama saja dengan novelfiksi yang lain, dengan lebih banyak bumbu erotis pastinya.

· Fantasi Dongeng

Cerita ini dikemas sebagai dongeng di masyarakat dengan seting tempat yang sangat lain dari dunia nyata. Contohnya adalah novel Narnia.

· Fantasy Of Manner

Jenis ini biasanya memparodikan tokoh disebuah cerita yang lain, kemudian ditambahkan hingga tidak seperti tokoh dicerita awalnya.

· Fantasi Kepahlawanan (Epik)

Jenis ini akan bercerita tentang perang besar antara kebaikan dan keburukan. Contohnya adalah cerita dinovel klasik Mahabarata.

· High Fantasy

Kisah yang diangkat berupa pertentangan antara baik dan buruk. Bedanya dengan fantasi kepahlawanan, penekanan di High Fantasy adalah masalah moral.

· Juvenile Fantasy (FantasiAnak-anak)

Jenis Ini bercerita tentang fiksi fantasi untuk anak-anak. Low Fantasy, Seperti namanya, Low Fantasy adalah sub-genre fiksi yang memiliki sangat sedikit karangan fiksi di dalamnya.

· Magical Realism
Menceritakan seolah-olah di dunia ini ada kekuatan magis yang belum diketahui.

· Fantasi Mistis

Jeniscerita ini sesuai namanya akan berisihal-hal mistis. Biasanya cerita berlatar mitologi atau kepercayaan dimasyarakat.

· Fantasi Roman

Jenis ini bercerita tentang kisah cinta di dunia yang berbeda. Alam yang berbeda. Sejenis Upside Down begitu.

· Sword and Sorcery (Pedangdan Penyihir)

Sesuai namanya, sub-genre ini menceritakan tentang zaman pertengahan dimanapara penyihir dan kesatria masih eksis.

· Urban Fantasy (FantasiPerkotaan)

TIPS MENULISTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang