Premis

14 3 0
                                    


           Premis adalah bagian terkecil dari sebuah cerita atau dalam bahasa ilmiah premis adalah atom sebuah cerita. Premis adalah gambaran singkat yang mencangkup seluruh isi cerita atau seluruh kejadian yang dialami oleh tokoh protagonis. Jadi, premis berfokus pada tokoh protagonis dalam suatu cerita premis tidak perlu puitis dan berbunga-bunga melainkan cukup ditulis dengan beberapa kalimat yang sulit premis yang solid akan membantu penulis untuk memetakan langkah selanjutnya. Menuangkannya menjadi sinopsis, menguraikannya menjadi outline, memasukkan unsur konflik, karakter dan sebagainya yang akan membuat cerita terus berkembang.

          Tujuan pembuatan premis adalah untuk panduan bagi penulis selama menulis agar tidak tersesat memberikan sense of purpose bagi semua kejadian dan tindakan tokoh. Pada dasarnya cerita hanya berisi 4 unsur utama semuanya harus mengenai protagonis yaitu:

1. Karakter termasuk karakteristik dan inciting insident kejadian awal yang membuat prontagonis harus bergerak menjalankan cerita

2. Tujuan tokoh hal yang ingin dicapai oleh protagonis.

3. Halangan tokoh hal utama yang menghalangi tokoh mencapai tujuannya

4. Resolusi kondisi atau situasi terjadi yang dialami oleh protagonis. Sederhananya, Apakah protagonis berhasil atau tidak dalam mencapai tujuannya dalam keadaan apa?


Berikut syarat-syarat membangun premis:

1. Fokuskan premismu pada tujuan utama cerita.

2. Jangan buat premismu melebar, buat dia padat dan singkat.

3. Tentukan tokoh utama, apa konfliknya dan bagaimana dia menyelesaikannya.


Premis harus bisa dibuat menjadi satu kalimat singkat yang menggambarkan keseluruhan kejadian yang dialami tokoh dengan rumus: nama karakter (karakterisasi dan inciting insident) ingin (tujuan tokoh) tapi (halangan tokoh) sehingga akhirnya (resolusi).


Pernahkah kamu membaca blurb di bagian belakang sebuah buku? Itu adalah contoh dari sebuah premis, tapi itu bukan premis yang kamu lakukan dalam cerita kamu. Blurb adalah proses promosi memang di dalamnya ada gambaran sebagian isi cerita tapi itu adalah premis yang dibuat untuk menarik pembaca tanpa memberikan bocoran dari isi cerita. Jadi, premis dibuat BUKAN dengan tujuan untuk membuat pembaca penasaran.


Jadi, sebelum kamu menulis, ada baiknya kamu membangun premis secara matang untuk menguji apakah cerita kamu memang punya tujuan dan tidak hanya akan tersesat kemana-mana. Setiap kali kamu bingung cek kembali premis kamu apakah tiap detik plot dan adegan yang kamu buat sudah searah dengan premisnya? Kalau tidak, bisa jadi cerita yang kamu tulis sedang berputar-putar.


Premis adalah patokan dalam menyusun plot. Semua plok harus mengarahkan protagonis ke arah resolusi, dan tiap menunjukkan bagaimana protagonis melewati halangannya. Apakah premis hanya satu dalam satu cerita? Premis utama hanya satu (untuk sang prontagonis), namun bisa jadi kamu membutuhkan premis tambahan jika ada lebih dari satu protagonis ada tokoh penting lain, dan kamu membuat alur cerita lebih dari satu (double plot, triple plot, dst.). Kalau diperlukan kamu bisa membuat premis-premis tambahan untuk setiap karakter dan atau plot yang kamu buat.


Ada beberapa catatan penting yang harus kamu pahami saat menulis premis dan ini akan membantumu untuk dapat membuat premis yang baik, yaitu:

1. Semakin rumit konflik maka alur cerita akan semakin Panjang

Dalam membuat premis kamu bisa menjabarkan premis pada beberapa tokoh utama biasanya berlaku untuk pembuatan film atau novel yang memiliki lebih dari satu tokoh utama.


2. Be spesifik be unique

Yang membuat cerita kamu berbeda adalah konflik yang berbeda dari yang lainnya semakin spesifik dan unik ceritamu maka akan membuat ceritamu semakin menarik untuk digali.


3. Premis akan menyelamatkanmu untuk menulis percuma

Bayangkan saja jika kalian untuk menulis di Wattpad tetapi cerita kalian ternyata tidak menarik pasti percuma jadi premis membantu akan kalian bisa menulis cerita yang searah.

Berikut beberapa contoh premis dalam bahasa Inggris yang saya ambil dari beberapa novel terkenal, yaitu:

1. My Fair Lady is about a street vendor taken in by rich cultured man to be it groomed to charm Kings

2. Romeo and Juliet iş about young lovers triumphing over their warring families by choosinh love even into death in order to be together.

3. The Great Gatsby is about a man watching the destruction of a frivolous, rich man in the 20s, and how it destroys the people around him.

4. Die Hard is about a Rouge New York City cop arriving in Los Angeles to woo this wife but ends up saving hostages from terrorists.


***

Jika ada pertanyaan silahkan komentar di bawah, biar mimin yang akan menjawab^^

Jangan lupa untuk follow, vote untuk support kami kedepannya dan share agar banyak orang yang merasakan manfaatnya juga^^

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Jul 09, 2023 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

TIPS MENULISTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang