Cara Membuat Plot Twist Yang Menarik

43 15 0
                                    


Cara Membuat Plot Twist Yang Menarik

Heyyo guys apa kabar semua? Helleh

Berbicara tentang plot twist, plot twist adalah sesuatu yang sangat membuat pembaca terbang diatas awan lalu terjun sampal kedalain jurang.

Simple saja sih saat membuat plot twist yang menarik, ya seperti saat kita berbuat jahat dan menyusun rencananya, jika rencananya A gagal maka gunakan rencana B. Kurang lebih seperti itu.

So? Cekidot

1. Stop Perjelas Deskripsi Tokoh

Oke adakah yang paham? Jadi jika kamu membuat deskripsi tokohmu jelas maka saat kamu ingin merubah karakter tokoh ada kejanggalan. Misal gini, kamu sudah mendeskripsi tokoh A dengan saat jelas (Ini biasanya digunakan pada prolog atau part 1) kamu akan kesulitan saat merubah watak karena you know lah orang bira berubah ubah. Dan saat kamu mengubah wataknya maka kamu akan menjelaskan lagi akan perubahannya yang membuat sedikit kehilangan feel yang diinginkan.

2. Terus Buat Pembaca Penasaran

Para pembaca biasanya akan bosan jika alur yang dibuat mudah ditebak. Oleh karena itu, penulis harus pintar pintar membuat pembaca penasaran, Tidak perlu memberikan terlalu banyak informasi di awal, simpan Informasi tersebut sampal berada di waktu yang tepat untuk menyampaikannya.

Jadi hampir sama seperti diatas cuma ini lebih universal. Jadi sekua butuh teka-teki dan itu yang membuat cerita lebih menarik ya walay sebagian ada yang lebih suka cerita simple.

3. Berpikir Out of The Box

Ealah bergaya banget Mimin.

Kamu pasti banyak mendengar bahwa alur cerita biasa terdiri dari pengenalan konflik> klimaks antiklimaks > penutup. Namun, bayangkan saja jika semua cerpen atau novel memiliki gaya alur yang sama seperti itu, betapa membosankan bukan?

Oleh karenanya, cobalah untuk berpikir di luar mekanisme tersebut, dan mulal mencoba hal-hal baru. Sebagai contohnya, kamu bisa menaruh antiklimaka di depan, diikuti dengan pengenalan tokoh dan sebagainya.

Nah disini kamu bisa berpikir lebih jenius. Kebanyakkan plot twist itu ya itu-itu aja, kenapa kamu tidak berpikir diluar forum? Kamu lihat diluar sana, banyak kejadian tak terduga yang sangat menarik dari pada khayalan orang lain.

4. Menciptakan protagonis yang salah

Salah satu plot paling menantang Mimin pikir adalah ini. Kamu memperkenalkan protagonis kepada pembaca kamu, tapi kemudian tiba-tiba dia mati. Pembaca yang terlanjur mencirital karakter utama kamu tersebut, bisa saja 'menyumpah kamu.

Misalnya gini, tokoh utama kamu sudah berjalan sesuai keinginan pembaca tapi tiba-tiba kamu bunuh dia dengan tragisnya. Ya mungkin banyak yang akan menyantetmu tapi hal ini harus kamu siapkan dengan matang dan benar karena bisa menimbulkan plot hole.

So? Untuk cara ini menurut Mimin kurang ehm kurang baik ...

5. Memperkenalkan plot twist selama flashback

Cara lain untuk memperkenalkan plot twist adalah lewat flashback. Jika kamu ingin melakukannya di sini, perhatikan waktu kapan flashback tersebut itu mendapatkan efek untuk maksimum?

Bagaimana flashback dapat membantu cerita kamu maju? Flashback harus memberikan sesuatu yang menarik, dan juga mengubah cerita kamu.

Misal gini, setiap awal part atau akhir part kamu bisa meletakkan flashback yang mungkin dianggap remeh oleh pembaca tapi saat dibagian akhir kamu luncurkan semua flashback kamu itu dengan jelas. Jadi Ini sedikit mengecoh.

Saran Mimin sih waktu kamu menulis flashback jangan terlalu teliti, ya buat saja seperti tulisan tak bermakna bagi pembaca.

6. Menggunakan plot twist untuk mengungkapkan karakter

Anda bisa meletakkan plot twist dalam back story atau latar belakang karakter. Mungkin karakter kamu pernah melakukan kejahatan di masa lalu, atau menyembunyikan rahasia yang penting dan menakutkan. Begitu pembaca kamu mengetahuinya, itu bisa menjadi twist yang baik.

Atau kamu juga bisa mengungkapkan tentang karakter lain selain protagonis kamu, ini bisa menjadi turning point untuk protagonis kamu saat penemuan itu terjadi.

Ya seperti halnya point nomor 1 sih, dan ini sebagai hasilnya.

7. Bocor Pada Awal

Oke bocor yang Mimin maksud adalah saat kamu ingin membuat plot twist, tapi tanpa kamu sadari plot twist kamu sudah bocor pada awal cerita. Apa Itu?

itu biasa terjadi pada judul cerita. Misalnya gabungan antara 2 nama tokoh, "Zloka" darl Zlon-Rika (fiks Mimin kurang kreatif) nah dari sini mau kamu buat dia pacaran sama Pocong sama Dukun santet ataupun selingkuh sama kang ojek, kalo udah tercantum seperti itu udah mudah ditebak. Jadi saat kamu membuat plot twist si tokoh utama selingkuh/ceral bahkan koma sekalipun semua berakhir dengan judul itu.

8. Konflik

Oke Mimin tutup dengan konflik.

Banyak yang menggunakan konflik sebagal jalan ninja plot twist kan. Nah dari itu gunakanlah plot twist semenarik mungkin saat kamu menempatkannya di konflik, tempatkan plot twist ditempat yang tepat dan menurut kamu itu sangat cocok.

***

Jika ada pertanyaan silahkan komentar di bawah, biar mimin yang akan menjawab^^

Jangan lupa untuk follow, vote untuk support kami kedepannya dan share agar banyak orang yang merasakan manfaatnya juga^^

TIPS MENULISTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang