Tiga kata berikut ini, mungkin sederhana. Tapi terkadang kita tak menyadari bahwa itu akan bermakna bagi beberapa orang yang mendengarnya.
1. TOLONG
"Tolong ambilkan baju itu dong, Bu." "Bisa tolong carikan buku berwarna biru?" Tolong isikan nama saya dong di list itu!"
Apakah sulit menambahkan satu kata dalam deret kalimat permintaan berikut? Tidak ada sulitnya bukan?
Kita harus mulai membiasakan menggunakan kata tersebut dalam sehari-hari. Perlu diingat, menggunakan kata tolong tidak pernah merendahkan diri kita sebagai orang yang meminta bantuan. Di sisi lain, hal tersebut justru menandakan bahwa kita menghormati orang yang hendak memberi bantuan kepada kita. Orang yang akan membantu kita akan lebih senang dan merasa dihargai saat kita menggunakan kata tolong pada saat hendak meminta tolong. Menggunakan kata tolong juga akan memberi kesan bahwa kita meminta tolong dengan sopan.
Jadi, jangan sampai lupa kata tolong-nya ya saat akan meminta tolong!
2. MAAF
Mungkin kata ini menjadi kata yang paling sulit diucapkan. Walau bagaimana pun, manusia memang memiliki ego dan gengsi yang tinggi untuk mengakui jika ia melakukan kesalahan. Tidak jarang pula, yang bersalah justru yang paling besar aura perdebatannya, semata-mata hanya untuk membuktikan bahwa ia tidak bersalah atau bukan ia yang paling salah.
Dengan maaf, kita dapat meruntuhkan ego atas ke-Maha Benar-an yang ada di dalam diri. Sejatinya, tidak ada manusia yang tidak memiliki kesalahan, dan oleh karenanya "maaf" masih diperlukan.
Dengan maaf kita jadi lebih mengerti bahwa selain perasaan kita sendiri, ada perasaan orang lain yang berhak dihargai. Jangan pernah menuntut lebih kepada orang lain untuk menghargai kita, jika kita belum mau belajar untuk menghargai orang lain.
Menggunakan kata maaf atau meminta maaf juga bukan berarti kita kalah. Bukan. Orang yang mampu mengakui kesalahannya justru adalah pemenang sejati. Jadilah pemberani untuk mulai membiasakan diri menggunakan kata ini ketika diperlukan.
Jadi perlu dipahami, walaupun terkadang kita berada di pihak yang benar, tidak ada salahnya kita untuk terlebih dahulu meminta maaf kepada lawan kita. Orang yang meminta maaf terlebih dahulu justru adalah orang yang memiliki harga diri lebih tinggi.ingat, jangan lupakan kata maaf dalam berbagai masalah.
3. TERIMA KASIH
Banyak yang bilang, ikhlas harusnya tidak menuntut ungkapan terima kasih. Ya, tentu. Tidak ada yang salah dari ungkapan itu. Akan tetapi, tidak salah juga, kan, jika kita memberikan ungkapan tersebut sebagai bentuk penghargaan atas kebaikan yang telah seseorang berikan kepada kita?
Bentuk penghargaan atas upaya seseorang itu tidak harus berbentuk medali, piala, lencana emas, apalagi uang. Hal paling sederhana, murah, dan mudah yang dapat kita lakukan adalah mengucapkan terima kasih. Sekecil apa pun bantuan yang telah ia berikan, hal itu tentu sangat membantu kita di kala kesulitan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu mengucapkan terima kasih.
Menggunakan kata terimakasih bisa kita mulai dengan berterimakasih saat kita telah membeli sesuatu. Walaupun kita tidak meminta, tapi kita membeli, justru berterima kasih kepada penjual akan membuat penjual merasa senang dan dihormati. Mulai sekarang, dibiasakan untuk berterima kasih ya!
***
Jika ada pertanyaan silahkan komentar di bawah, biar mimin yang akan menjawab^^
Jangan lupa untuk follow, vote untuk support kami kedepannya dan share agar banyak orang yang merasakan manfaatnya juga^^
KAMU SEDANG MEMBACA
TIPS MENULIS
De TodoKamu ingin menjadi penulis? Ta-tapi ngga tau mulai dari mana? Belum lagi materi dan pengalaman menulis belum ada? Jangan khawatir, kini kamu bisa mulai dari membaca cuma diaplikasi Wattpad saja ada berbagai macam tips dan materi kepenulisan yang ada...