Apakah Penulis Wajib Menggunakan Prolog?

7 2 0
                                    

1. Apakah kamu benar-benar membutuhkan prolog?


Jika iya, maka jatuhkan beberapa informasi diprolog agar pembaca mendapatkan sekilas gambaran arah dari cerita sehingga pembaca tahu harus memulai darimana. Karena fungsi utama dari prolog, yakni memberikan informasi penting kepada pembaca untuk dapat memahami plot yang ada di dalam cerita.


Suguhkan perkenalanan protagonis yang mengejutkan ataupun fakta sebelum protagonis berperan. Jika kamu ingin mendapatkan momen, maka tulis prolognya. Prolog harus ikut berkontribusi di dalam plot, bahkan kontribusi prolog di dalam cerita memiliki tanggung jawab yang besar!


2. Apa yang akan kamu lakukan di dalam prolog?


Ingat bahwa fungsi prolog itu membimbing pembaca dan menjadi jembatan penghubung cerita, maka harus ada tapak yang dijadikan landasan agar pembaca dapat memulai langkah.


Nasib baik prolog di dalam novel, lebih sering diabaikan pembaca. Sedangkan nasib buruknya, tentu saja membuat pembaca langsung menutup ceritanya. Pertimbangkan dengan matang dan jangan terburu-buru! Untuk menjawab persoalan 'apa yang akan kamu lakukan di dalam prolog', bisa dengan mengurai pertanyaan 'apakah kamu membutuhkan prolog di dalam cerita?'


3. Apakah prolog berfungsi sesuai perannya?


Ada kalanya, bagian tertentu tidak boleh dijatuhkan secara jelas Ketika alur sudah mencapai puncaknya. Hal itu akan memperkecil kejutan untuk pembaca. Oleh sebab itu, jangan pernah memberikan banyak kejutan di dalam prolog karena sangat dilarang ditulis didalam prolog, cukup jatuhkan kepingan-kepingan kejutan dan jadikan prolog sebagai jembatan penghubung, bukan menjadi jawaban dari segalanya.


Prolog yang disukai pembaca biasanya akan memunculkan persepsi sehingga pembaca berani mempertaruhkan persepsinya kekebenaran yang akan terjadi. Jikapun tidak berhasil memunculkan persepsi, setidaknya prolog memberikan pijakan, tapak atau landasan yang akan mereka gunakan keseluruh isi cerita.


Pertanyaan-pertanyaan seperti di atas sebenarnya sering digunakan untuk mempertimbangkan kepentingan prolog.


Apakah prolog benar-benar harus ditulis atau tidak? Kamuyang menentukan, karena nasib tulisan tergantung pada awalan cerita yang bagus. Entah itu untuk awal menulis atau awal membaca. 


***

Jika ada pertanyaan silahkan komentar di bawah, biar mimin yang akan menjawab^^

Jangan lupa untuk follow, vote untuk support kami kedepannya dan share agar banyak orang yang merasakan manfaatnya juga^^

TIPS MENULISTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang