Menulis Artikel

7 2 0
                                    

Esensi dari artikel yakni menuangkan sebuah opini penuliskedalam sebuah bentuk tulisan, dengan tujuan untuk memberitahukan, menghibur, memengaruhi, dan meyakinkan pembaca. Dalam menulis artikel ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, yaitu:

Tema

Tetapkan tujuan penulisan. Karena Kebanyakan artikel, apalagi dalam artikel jenis deskripsi dan narasi, tidak menyatakan tujuan penulisan secara tersurat, melainkan tersirat

Rumuskan ide pokok/permasalahan yang ingin diangkat. Biasanya perumusan masalah dalam bentuk pertanyaan. Hanya saja dalam penulisan artikel deskripsi dan narasi, rumusan masalahnya tidak tersurat tapi tersembunyi dibalik alur tulisan.

Mengembangkan tema dan kembangkan pembahasan. Agar artikel bisa lebih rinci dan pembaca menjadi lebih enjoy untuk membaca artikel yang dibuat oleh teman-teman.

Cara untuk konsisten dalam menulis artikel, Ada 3 tips agar bisa tetap konsisten dalam menulis artikel, yaitu:

Pertama yakni bisa dengan membuat goal/tujuan. Jikateman-teman sudah menetapkan tujuan dari menulis artikel, seperti contoh jika untuk masuk untuk menjadi penulis disekolah, wartawan, atau agar bisa dimuat diportal berita.

Kedua yakni buang jauh-jauh hal yang menganggu. Hal yang menganggu bisa saja yang kita genggam yakni smartphone, smartphone bisa menganggu kita karena tiba-tiba ada muncul notifikasi dari teman dimedia sosial atau notifikasi pemberitahuan dari game yang sering teman-teman mainkan

Terakhir bisa dengan istirahat. Membuat artikel perlu tenaga teman-teman, jika kita telalu memaksakan diri maka akan membuat kita lelah dan tidak menikmati apa yang telah kita lakukan sejauh ini dan bisa melupakan tujuan yang kita tetapkan saat awal teman-teman untuk memutuskan membuat artikel. Tubuh dan pikiran juga memerlukan istirahat untuk beraktivitas dengan normal.

Sebenarnya ada beberapa cara agar artikel semakin bagus tetapi saya rangkum menjadi 3 saja, 3 hal penting ini bagi saya adalah kunci untuk membuat artikel teman-teman semakin bagus.

Pertama yakni konsisten untuk membaca semua tulisan. Pasti ada yang nyeletuk nih, "loh kak kita kan mau buat artikel, kok disuruh membaca semua jenis tulisan?" Jadi begini dengan teman -teman membaca banyak tulisan maka semakin banyak kata-kata referensi sehingga kata- katanya semakin bervariasi, semakin terbuka juga pikiran teman-teman mengenai tulisan yang dibuat.

Kedua yakni konsisten untuk memulai menulis artikel, sesuatu pada saat teman-teman pertama kali mencoba untuk membuat sesuatu sama seperti menulis artikel, pasti teman- teman merasa ada kurang disana-sini, wajar namanya juga baru memulai, setidaknya teman- teman berani membuat langkah awalan

Terakhir yakni konsisten untuk terus membuat koreksi. Setelah membuat karya jangan langsung selesai dan dilupakanya teman-teman kalian baca ulang lagi karya kalian dan koreksilah untuk terus mencari kesalahan apa yang ada didalamnya, jika teman-teman bingung mengenai apa yang salah didalam artikelteman-teman, bisa berkonsultasi dengan teman anda yang paham mengenai tulisan atau berkonsultasi denganguruandayangpaham mengenai kepenulisan. Dengan sering berkonsultasi maka akan membuat setiap artikel yang dibuat kualitasnya semakin bagus lagi.

3 cara agar tulisan teman-teman bisa dipublish oleh media yang dinginkan, yaitu:

Pertama Tentukan topik yang ingin kamu tulis dan carilah tulisan sesuai dengan topik yang kamu inginkan dimedia tersebut. Cara tersebut digunakan untuk melihat tulisan seperti apa yang bisa diterima oleh media tersebut. Setidaknya teman-teman mempunyai pandangan mengenai tulisan yang bisa diterima oleh media tersebut.

Kedua yakni Ikuti peraturan yang telah ditetapkan oleh media tersebut. Aturan yang dimaksud bisa mengenai gaya penulisan, tata bahasa, ketentuan pengiriman penulisan, dll. Agar tulisan kamu bisa diterbitkan oleh media yang kamu kirimkan.

Terakhir yakni baca lagi tulisan kamu sebelum dikirim. Agar tulisan yang telah dibuat bisa bebas dari typo, salah kalimat, salah kata, dll. Teman-teman bisa meminta bantuan kepada teman atau pembimbing anda untuk mengkoreksi tulisan kalian. Semangat ya! 


***

Jika ada pertanyaan silahkan komentar di bawah, biar mimin yang akan menjawab^^

Jangan lupa untuk follow, vote untuk support kami kedepannya dan share agar banyak orang yang merasakan manfaatnya juga^^

TIPS MENULISTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang