[Masukkan, nama tempat: ...]
Koloni AX0952[Masukkan, tahun: ...]
Tahun: 2301[Masukkan, Bulan, Tanggal, dan Hari: ...]
Bulan: tidak diketahui,
Tanggal: tidak diketahui,
Hari: tidak ada yang peduli.[ERROR! Tanggal tak sesuai!]
Abaikan, tak ada informasi dari pusat.
[Diterima]
[Masukkan, nama pxxxxxx: ...]
Drake, Scavenger.
[ERROR! Nama Tidak Terdaftar!]
[Masukkan, nama pxxxxxx: ...]
....
Peregrine Drake, Kapten, Liberté.
[Nama tidak terdaftar.]
[Mempertimbangkan wewenang sebagai Kapten: ...]
....
[] [] [] [] [] []
[Kode diperbarui ... Nama diterima]
[Selamat datang di Jurnal Digital ZXC-0064, Kapten Drake.]
[Masukkan nama panggilan: ...]
Ducky.
[Nama panggilan diterima]
[Mulai menulis]
Aku menemukan benda langka. Entah apa ini bisa dibilang artefak atau sekadar barang bekas yang tertinggal di tempatku biasa mengais-ngais batu dan tanah kering. Menimang benda persegi setebal telapak tangan itu, jadi ingat hari-hari di mana aku masih berseragam dan tak perlu mempertaruhkan nyawa hanya demi sekian puluh gram ekstra protein hewani untuk makan malam.
Sebuah jurnal digital portabel.
Keren!
Baterainya menggunakan tenaga surya, pula. Aku hanya perlu membawanya ke tukang reparasi langganan untuk mengutik dan membersihkan pasir-pasir yang memenuhi komponennya. Sobat yang bisa kupercaya untuk urusan begini, asal aku membayar cukup.
Yang kurahasiakan dari tukang reparasi itu, benda yang dia perbaiki bukannya rusak. Sistem keamanannya bisa diakali untuk bisa membuat layar sentuh jurnal digital itu kembali berfungsi. Kebetulan, milikku yang lama sudah terlalu bobrok untuk diperbaiki.
Bentuk dan desainnya memang jauh lebih sederhana dari milikku yang rusak, bahkan berkesan kuno. Fungsinya juga tak banyak, hanya untuk mencatat dan menyimpan data saja. Aku tak bisa menemukan lensa sensor untuk kamera dan scan, sepertinya masih menggunakan colokan kabel untuk memindahkan data—yang sayangnya tidak kutemukan walau sudah menggali tanah di sekitar tempat benda itu kutemukan, lebih jauh. Fungsi tanggal dan kalendernya error, mungkin karena tidak terhubung dengan pusat data.
KAMU SEDANG MEMBACA
KABUR
AcţiuneTentang seorang jomblowan berusaha bertahan hidup di dunia yang sudah sekarat.