03.

114 29 2
                                    

Pagi ini Anin harus ke pasar sama babehnya karena disuruh emaknya yang tercinta. Anin dengan baju seadanya, sama kunciran kudanya bikin wajahnya yang tembem jadi imut banget. intinya mah ciri - ciri kembang desa gitu.

tapi kok ngga ada yang deketin anin ya:( jadi sedih.

babehnya Anin lagi ngeliat Ayam-ayam yang lagi diperjual belikan. sedangkan anin, dia bosen banget. nungguin babehnya yang nawar ayam jago gini bisa melebihi lamanya musim duren. intinya mah ngga akan selesai-selesai.

akhirnya Anin beserta barang belanjaannya pergi ninggalin babehnya yang masih ketawa ketiwi sama bapak-bapak yang lain. tapi sebelum anin pergi, dia udah pamit kok. jadi babehnya ngga perlu khawatir buat cariin si anin lagi.

Anin muterin pasar johar buat nyari aksesoris yang lagi dia incer. soalnya itu lagi buming di kalangan para remaja.

ngga perlu waktu lama Anin nemu aksesoris itu, tapi pas dia mau ngambil aksesoris itu, tangannya malah jadi kepegang sama tangan cowo yang juga mau ngambil aksesoris itu. Anin abis itu ngeliat ke arah cowo yang ngambil barang itu juga, dan alangkah terkejutnya dia ngeliat siapa cowo itu.

"lah danu? mau ngambil juga?" tanya Anin.

danu ngangguk, "iya nin. tapi kalo lu mau ambil juga gapapa." ucapnya.

anin tersenyum senang. alhamdulilah cewe itu ngga perlu repot rebut-rebutan lagi buat satu barang yang lagi buming ini.

"makasih nu, lain kali gue bakal bales perbuatan baek lu ini." ujar anin

denger perkataan itu bikin danu ketawa, ni cewe satu lucu juga ya kalo lagi ngomong gini.

"ga perlu kali nin. oh ya sendiri atau gimana nin?" tanya danu.

anin yang lagi bayarin aksesoris nya tadi langsung mengalihkan atensinya ke danu, sambil nerima kresek dari penjual.

"sama babeh nu." jawabnya.

danu ngangguk, terus bingung mau ngapain sekarang anaknya.

"yaudah kalo gitu, gue pergi dulu ya nu." pamit anin.

belum juga anin jalan buat balik ke tempatnya tadi, bahunya udah ditahan sama danu. Anin nya yang bingung langsung muterin badan nya ke belakang lagi. terus natap danu dengan ekspresi bingung.

"gue anterin ke tempat lu nin. rame nih takut ilang lu nya."

anin ketawa ngedenger ucapannya si danu. cowo itu mikirnya anin masih anak kecil ya? masa bisa ilang di pasar kaya gini. padahal umurnya kan udah 17 tahun.

"ya allah nu nu, yaudah lah gapapa. gue juga ga ada temen nya. yuk." ujar anin terus ngajak danu buat ngikutin dia.

di sepanjang perjalanan mereka diem aja si. bingung juga mau bahas apa, soalnya mau ngobrol pun kondisinya juga lagi ngga enak. rame banget pasar ini.

pas udah sampe di tempat anin sama babehnya yang pertama tadi. anin langsung bingung, kenapa babehnya ngga ada disini.

"mang, babeh saya mana ya?" tanya anin ke penjual ayam tadi.

"Lah tadi babehnya? udah pulang dari tadi." jawab penjualnya.

anin langsung pukul pelan jidatnya. dia lupa, kalo soal ayam gini. pasti babehnya bakal lupa sama segala hal. sudahlah memang anin sama ayam itu adalah 2 hal yang sangat tidak bisa babehnya samakan. karena dia akan lebih memilih ayamnya dari pada anin.

"babeh babeh. hadeuh, gimana ya ini." keluh anin.

"bareng gue aja nin, mau?" tawar danu.

Anin yang udah bingung pulang naik apa langsung menganggukan kepalanya antusias. akhirnya dia ngga perlu ngeluarin receh lagi buat ongkos pulangnya nanti.

Anin akhirnya goncengan sama danu naik motor Astrea. sebenernya anin agak gugup. gimana ngga, ini pertama kalinya dia dibonceng laki-laki kecuali babehnya. apalagi anin pake rok. dia harus duduk miring sambil pegangan di pinggangnya danu. Anin rasanya pengen pingsan aja sekarang.

seperti layaknya adegan film, danu sama anin bagaikan galih dan ratna. cocok banget intinya mah mereka.

"mau jalan-jalan dulu nggak nin?" tanya danu.

anin sempat mikir terus ngeiyain perkataannya danu. masa bodohlah sama mak nya nanti, salah sendiri babehnya ninggalin anak gadis cantiknya ini.

danu sama anin ngemuterin sawah yang sekarang lagi rame sama anak-anak kecil. mereka semua lagi pada main layangan, ngeliat itu Anin jadi flashback ke tahun 80an. pas dia umurnya masih 8 tahun terus main layangan bareng julia. sampe lupa waktu kadang mereka berdua itu.

"seru kayanya ya nin main layangan gini." tanya danu

"seru banget nu. dulu gue sama julia sering banget main layangan. sampe kadang tuh ya, dimarahin sama emak gue. pulangnya selalu abis maghrib. Hahaha."

"Iya nin, dulu gue juga sama imam sering banget main layangan. bedanya kita mainnya di halaman nya si imam. kadang sering banget tuh layangannya imam nyangkut di pohon mangganya." ujar danu sambil flashback masa kecilnya juga.

Anin tertawa, dia jadi membayangkan imam kecil yang pasti sangat ketakutan ketika layangannya nyangkut di pohon mangga. mengingat maminya imam sangat mencintai tanaman, sudah jelas dan pasti imam kena marah abis-abisan sama maminya.

"ngga kerasa aja nu, gue umurnya bentar lagi ya masuk kepala 2. masih ngga nyangka gue mah."

danu tertawa kecil, "masih lama kali nin. 3 tahun lagi."

"ya tapi kan sama aja, 3 tahun itu cepet loh nu. kita juga ngga bakal tau ya dalam 3 tahun ini bakal kejadian apa kedalam hidup kita." ujar anin panjang lebar. kenapa ini kesannya anin malah jadi curhat?

masih menikmati pandangan sawah dan juga angin pagi hari yang sangat sejuk. anin menutup matanya. dia senang bisa merasakan ini, euphorianya terus muncul dalam hatinya. tak pernah dibayangkan pada tahun ini dia akan merasakan sebuah getaran aneh yang muncul dari batinnya.

entah itu apa, tapi Anin ngerasa kalo dia sedang jatuh cinta pada pandangan pertama ke Danu Baratha Sulistyo.

diskoria'90 | END ✓Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang