Mau gue kasih tahu rahasia gak? Gue pernah pacaran sama salah satu anak Poncer.
Kenapa gue bilang ini rahasia? Karena sampai sekarang, gak ada yang tahu.
Bukan gue mau main rahasiaan sama anak Poncer, tapi pas gue kasih tahu kalau gue pacaran sama Salayna, mereka gak ada yang percaya karena mikirnya ya gue cuma sebatas dekat layaknya Abang-Adek aja. Dan gue bukan tipe yang suka buang tenaga buat jelasin hal yang gak mau diterima orang. Jadi ya udah, gue biarin aja.
Gimana bisa jadian? Ya karena ngerasa cocok dan udah dekat banget juga jadi ya jadian aja.
Kenapa bisa putus? Karena Layna —panggilan gue buat Salayna, gak bisa LDR. Waktu itu posisi gue udah lulus dan diterima kuliah di luar kota. Kalau gue sih mantap aja untuk LDR, toh kalau pulang pasti ketemu sama dia. Atau kalau dia lagi liburan, bisa nyamperin gue dan liburan bareng, tapi pikiran dia gak gitu.
Kalau dibilang, Layna adalah orang paling keras kepala yang pernah gue kenal. Saat dia memutuskan untuk bilang enggak, sampai akhir pun dia akan tetap bilang enggak. Gue coba yakinin dia kalau LDR gak separah dan gak seburuk itu. Gue bahkan nyaranin untuk trial dulu (Iya, gue segitu bucinnya dulu sama dia) beberapa bulan. Kalau dia gak sanggup, kita omongin lagi harus gimana. Dia tetap keukeuh gak mau dan itu udah keputusan final yang gue pun gak bisa lagi ganggu gugat.
Entah memang firasat dia yang kuat atau memang gue yang udah keburu bete juga sama dia, gak lama setelah putus dan gue mulai kuliah, gue langsung punya pacar baru. Layna tahu, dan bahkan ngasih selamat ke gue sambil bilang, 'Kalau LDR sama aku, kamu gak bakal jadian sama pacar kamu yang sekarang kan.' Dia gak maksud nyindir, gue tahu, tapi gue merasa kesindir. Padahal dulu gue yang yakin ngajak dia LDR, tapi malah gue duluan yang punya pacar baru.
Walaupun Layna keras kepala, tapi dia se-no hard feeling itu ke gue. Dari semua mantan-mantan gue, cuma dia yang sampai sekarang masih berteman baik sama gue. Beberapa kali gue masih minta ditemani dia ke mana-mana, begitu pun sebaliknya. Bahkan, gue pernah ngenalin beberapa pacar gue (sekarang sih mantan) ke Layna dan dia benar-benar sesantai itu. Kadang gue sampai mempertanyakan apakah ini orang memang sesantai itu atau purely gak punya perasaan apa-apa lagi ke gue?
Gue kira pun, gue juga no hard feeling ke dia. Nyatanya, gak gitu.
"Elu tahu kalau Lay dekat sama Abar?"
Pas gue dengar pertanyaan itu, gue lagi berdua doang sama Arya di Poncer sambil minum kopi, nunggu yang lain datang. Untung aja itu kopi gak kesembur ke muka Arya karena saking kagetnya gue dengan pertanyaan itu. "Dekat biasa aja kali. Kayak elu ke Layna gitu."
Arya menggeleng pelan. "Beda, Bang. Ini berasa banget pedekatenya. Orang beberapa hari ini si Lay dijemput balik kerja mulu sama si Abar."
"Lah elu kan juga sering nebengin Layna balik ngantor."
"Tapi kan gue gak nganter Lay balik ke rumah terus abis itu balik lagi ke apartement yang notabene jadi bikin gue bolak-balik."
"Hah?"
"Effort banget kan tuh? Gak mungkin gak naksir sih kalau udah segitu usahanya."
"Bukannya Igi juga gitu ya ke Layna?"
"Bang Igi mah ke semua orang juga gitu, Bang. Malah sekarang lagi nempel-nempelnya ke Kirana, sampai diledekin mulu sama Dipta." Arya diam sejenak, seperti memikirkan sesuatu. "Eh, tapi udah lama juga gue gak lihat Bang Igi sama Kirana bareng."
Gue gak respon, karena ini gue tahu ceritanya. Igi lagi galau sama perasaannya ke Kirana. Dia sendiri yang cerita ke gue, katanya ada orang lain yang ganggu pikirannya selain Kirana, tapi gak kasih tahu siapa.
"Speak of the devil, benar kan gue. Lay diantar balik sama Abar."
Mau gak mau, gue jadi mengikuti arah pandang Arya yang udah menatap teman dekatnya yang baru tiba di Poncer bareng Abar. Arya itu posesif ke Layna, tapi sebatas teman. Gue tahu itu karena Arya beberapa kali cerita gimana dia takut Lay gak mau main lagi sama dia kalau punya pacar. Gue cukup maklum mengingat mereka memang segitu dekatnya, bahkan dari orok.
Dan gue akui, penilaian Arya kali ini bukan cuma berlandaskan perasaan posesif, tapi memang terlihat jelas. Karena gue juga bisa lihat gimana cara Abar menatap Layna. Gimana cara dia membelai pelan kepala perempuan yang sedang tertawa itu. Gimana Abar tersenyum hanya karena melihat Layna yang tertawa. Semua terlihat jelas.
Perasaan Abar segitu transparannya buat gue, yang gak tahu kenapa jadi bikin gue ikut khawatir kayak Arya. Gue gak tahu kenapa, tapi gue merasa seakan Abar akan merebut Layna dari gue. Padahal, dia pun bukan punya gue.
Gue ini kenapa sih?
KAMU SEDANG MEMBACA
Obrolan Rasa
RomantikHanya obrolan soal rasa dari banyak macam manusia yang berkumpul di bawah Pohon Ceri. Rasa yang inkonsisten. Rasa yang absurd. Rasa yang sulit diprediksi. Ya, hanya sebatas obrolan soal rasa.