7. Berobat

4 1 0
                                    

(Sumin)

Pagi-pagi ini Sumin udah rapih, karena hari ini emang jadwal nya Sumin berobat. Seperti biasa nya, Sumin kali ini di temani sama Bi Ani. Bi Ani, adalah asisten rumah tangga yang sudah Sumin anggap sebagai ibu nya. Karena memang dari kecil Sumin ini selalu di rawat dan di jaga oleh Bi Ani.

"Ayo bi" ajak Sumin.

"Iya, ini bibi udah rapih" kata Bi Ani.

Orangtua nya Sumin emang sering enggak pulang ke rumah, alasan nya sih mereka kerja banting tulang biar Sumin bisa sukses. Tapi Sumin enggak butuh uang sebanyak itu, Sumin cuma ingin memiliki orangtua selayak nya orang lain yang bisa memberi nya banyak kasih sayang. Hal itu sudah cukup untuk menambah kesempurnaan dalam hidup Sumin.

Sesampai nya di rumah sakit, kini Sumin sedang di periksa oleh dokter. Dokter yang sering Sumin kunjungi adalah Dokter Namjoon. Entah lah, tapi Sumin lebih suka di periksa dengan Dokter Namjoon karena sifat nya yang lemah lembut.

"Sumin.. Kamu enggak minum obat ya?" tanya Dokter Namjoon.

"Iya, enggak sempat dok" jawab Sumin terang-terangan.

Bi Ani yang tahu langsung heran sekaligus kaget.

"Kenapa?" tanya Dokter Namjoon khawatir.

"Ga sempet, soalnya disuruh belajar terus sama papa. Nanti kalo Sumin enggak belajar, Sumin di pukul. Sakit dok, Sumin capek" jelas Sumin.

"..."

Dokter Namjoon juga merasa kasihan dengan nasib Sumin. Namun, Sumin enggak tau kalo ada seseorang yang sedang mendengar percakapan mereka.

"Yasudah, kalau gitu saya pamit dok" pamit Sumin.

"Eh, iya. Silahkan" kata dokter Namjoon.

Lalu Sumin dan Bi Ani pun keluar dari ruangan. Bi Ani masih harus mengambil obat untuk Sumin minum. Saat sedang asik menunggu Bi Ani sambil main Handphone, ia di kejutkan dengan orang yang ada di sebelah nya.

"Udah berapa lama?" tanya nya.

"Jinju?" heran Sumin.

Iya, orang itu adalah Jinju. Orang yang terkenal suka membully, tapi sekarang udah tobat dia. Berkat Nayoung, dia jadi tobat.

"Jawab, kak" pinta Jinju.

"2 tahun lalu" jawab Sumin khawatir. Takut nya si Jinju ini nyebarin penyakit dia, dan itu pasti ngebuat geng nya dia khawatir.

"Tenang aja, rahasia lo aman kak" ujar Jinju.

"Jangan kasih tau yang lain, gue enggak mau yang lain nya tau. Biar nanti aja kalo waktu nya udah tepat, gue bakal kasih tau mereka sendiri" kata Sumin.

"Iya, gue enggak bakal ngasih tau kok." balas Jinju.

"Lo ngapain kesini?" tanya Sumin iseng.

"Nganter ibu berobat" jawab Jinju terang-terangan.

Sumin baru tau kalo Ibu nya Jinju itu sakit. Dia emang anak nya itu kurang update, soalnya Sumin enggak mikirin apapun selain pelajaran dan orang yang dia sayang. Karena bagi nya, itu enggak penting.

"Ibu lo sakit apa?" tanya Sumin.

"Tumor" jawab Jinju.

"Ya ampun, udah lama?" tanya Sumin khawatir.

"Udah 4 tahun" jawab Jinju.

"Lama banget, hebat ibu lo Jin, dia bisa berjuang lama" kata Sumin.

"Iya, kak. Awalnya aku udah overthinking sama ibu, tapi ternyata rezeki ada di mana aja. Sekarang aku udah punya uang dan udah kekumpul lumayan banyak, jadi bisa bantu ibu berobat" kata Jinju.

"Sehat selalu ya, ibu lo" ujar Sumin.

"Lo juga kak" balas Jinju.

"Lo pasti tau betapa sedih nya kak Nayoung kalo tau ini kak. Dia sayang banget sama lo, dia bahkan udah nganggep lo saudara kandung nya. Sehat-sehat terus ya kak?" batin Jinju.

"Yaudah, kalo gitu gue duluan ya. Gws buat ibu lo" ujar Sumin sambil tersenyum.

Sesampai nya di rumah, Sumin langsung mengganti pakaian dan kembali beristirahat di kamar nya. Namun semua nya berubah pada saat orangtua nya datang dan marah-marah kepada Sumin.

"KAMU PERGI KE RUMAH SAKIT?! DASAR ANAK PENYAKITAN! KALO SAKIT CUKUP MINUM OBAT BIASA AJA ENGGAK USAH SOK-SOK AN KE RUMAH SAKIT SEGALA!!" bentak Papa Sumin.

"KAMU LIAT? BANYAK REPORTER YANG DATANG KE RUMAH DAN PERUSAHAAN MAMA SAMA PAPA CUMA KARENA NGELIAT KAMU YANG PERGI KE RUMAH SAKIT!!! KITA MALU TAU!" bentak Mama Sumin.

Sumin cuma bisa terdiam menahan tangisan nya. Ntah apa yang ada di pikiran orangtua nya, sejak kapan orangtua akan marah jika mengetahui anak nya sakit? Sumin pikir mereka akan sedih, tapi ternyata enggak.

"Ma.. Pa..?"

"APA?! UDAH PUAS KAMU BIKIN MALU KAMI?! DASAR ANAK PENYAKITAN!" bentak Papa Sumin.

Bi Ani yang mendengar cuma bisa diam aja, dia enggak berani berurusan dengan orangtua Sumin yang dikenal sangat kejam itu. Bi Ani cuma bisa menatap Sumin sedih.

"SAYA NYESEL NGELAHIRIN KAMU TAU GAK?! SAYA PENGEN ANAK YANG CANTIK DAN SEHAT! BUKAN ANAK PENYAKITAN KAYA KAMU" teriak Mama Sumin.

"Ma? Aku enggak pernah minta di lahirin. Kalo perlu mending aku enggak usah lahir di dunia, aku capek ma.. Kalo aku bisa mati aku bakalan mati sekarang, tapi aku enggak bisa karena aku sayang sama kalian! Tapi ternyata kalian nya kayak gini sama aku.. Sebenernya aku ini apa sih di mata kalian? Kalo kalian enggak mau punya aku mending aku di bunuh aja pas masih bayi! Aku capek ma, pa" lirih Sumin.

Sumin seberusaha mungkin untuk menahan tangisan nya. Dia harus kuat agar tidak di anggap lemah oleh kedua orangtua nya.

"Kami cuma sayang sama kamu jika kamu bisa meneruskan perusahaan dan membuat bangga kami" dingin Papa Sumin.

"Awal nya saya mau bunuh kamu aja pas masih bayi, karena saya mau nya anak cowo, bukan cewe. Tapi karena nenek kamu ngelarang jadi nya saya enggak bisa bunuh kamu!" jelas Mama Sumin.

Nyess, Sumin merasakan dada nya sesak. Dia udah enggak bisa menahan tangisan nya lagi. Lalu Sumin pun berlari ke kamar nya. Dia menangis sejadi-jadi nya di sana, saat mama nya berbicara seperti itu dia merasa sangat kecewa dengan orangtua nya.

"Apakah se penyakitan itu gue?" heran Sumin sambil menangis.

"Kenapa di saat-saat kaya gini orangtua gue enggak mau mendukung gue? Gue cuma butuh dukungan mereka, gue pengen sembuh. Tapi setelah mama ngomong kaya gitu, keinginan gue hilang tiba-tiba.. Hiks hiks" tangis Sumin.

"Sumin capek nek.. Sumin mau nyerah aja" tangis Sumin.

Nenek Sumin sudah meninggal 7 tahun lalu. Nenek Sumin meninggal karena penyakit kanker paru-paru nya. Setelah 4 tahun bertahan, akhirnya nenek Sumin menyerah. Dia lelah karena di umur tua nya dia selalu menikmati nya sendirian di rumah sakit, dia ingin menyusul suami nya.

"Apa gue nyerah aja ya?" lirih Sumin dengan tatapan kosong nya.

[1] STARLIGHT ; UNA STORIATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang