Kedua matanya natasha menatap nanar kearah jenazah kakek yano , entah matanya yang buram dan perih karena kebanyakan nangis , atau emang wajah kakek yano keliatan cerah dan segar , seakan adek dari kakek hassya ini udah diberi tau kapan waktu dia bakal ninggalin keluarganya dan dunia ini . sesak yang dirasain sama natasha dari tadi dan sampai sekarang belom hilang , makin bertambah begitu dia ngeliat wajah kakek yano .
" sha , besok pagi ikut ke pemakaman kan ? " tanya mamanya yang entah sejak kapan ada dirumah duka , karena begitu dia sampai , dia gak sempet nyari keberadaan mamanya , refleks si anak tunggal ini nolehin kepalanya kebelakang dan langsung meluk mamanya yang rupanya ada dibelakang dia . sementara dokter spesialis jantung ini juga ngebales meluk anaknya ini
" dari sekian banyak orang , kenapa kakek yano ma ? " tanya natasha pelan sambil ngerasain airmatanya turun lagi dan ngebasahin baju hitam mamanya , si mama yang tau gimana deketnya natasha sama adek papanya itu ngebuat nana bingung buat gimana ngejawabnya , tapi sedetik kemudian
" karena tuhan mau nyembuhin kakek yano , apalagi tuhan udah nyiapin tempat yang lebih indah dan lebih baik buat kakek , sekarang kita tinggal harus doain yang terbaik buat kakek yano " tutur nana lembut sambil ngelusin kepala anaknya ini , bukan cuma natasha dan keluarga widra yang sedih , dia juga , apalagi selama enam tahun ini , dialah yang paling banyak ngabisin waktu buat ngerawat kakak dari papanya itu .
Tepat jam 2 siang , prosesi setelah jenazah kakek yano dipulangin dari rumah sakit dimulai , rencananya mereka bakal memakamkan kakek yano jam delapan pagi , karena prosesi berdoa sebelom mereka pulang terhitung lama . begitu jarum jam dinding nunjukin angka tiga , yang artinya prosesi doa yang dipimpin pastor dari gereja yang setiap minggu mereka datengin buat ibadah minggu . gak cuma mereka aja yang berdoa , tapi juga ada belasan suster biarawati yang juga ikutan berdoa .
Prosesi berdoa sebelom ngelepasin jenazah kakek yano udah selesai begitu arloji yang ngelingkarin pergelangan tangannya natasha nunjukin angka lima sore . mereka satu persatu , termasuk natasha ngedeketin peti jenazah kakek yano buat ngeliatin wajah si kakek untuk yang terakhir kalinya , karena setelah ini , kotak peti jenazah si kakek bakal dikunci rapat setelah diletakin kapur wangi supaya gak ada semut yang masuk kedalamnya .
Salah satu biarawati ngerangkul natasha dari samping
" berkat tuhan selalu menyelimuti kakek yano , dia orang baik , mudah – mudahan kita yang ditinggalkan juga dapet berkat dari tuhan " katanya si suster yang ngerangkul natasha dan ngebuat cewek ini noleh kearah si suster dan memeluk si biarawati erat ,
" makasih ya buat semuanya sus , maafin juga kalo kakek yano ada berbuat salah selama hidup " tutur natasha sambil tetep melukin suster rena ,
" sudah dimaafkan jauh sebelum beliau gak ada , kalau tuhan saja memaafkan kesalahan hambanya , masa sesama hambanya tidak mau memaafkan ? dalam agama lain juga diajarin begitu kan ? coba kamu tanya ke teman – teman kamu yang beragama lain , temen – temen agama islam misalnya , pasti mereka juga diajarkan buat saling memberi maaf , kita semua punya kewajiban memberi maaf pada orang yang berbuat salah sama kita , entah itu sengaja atau gak sengaja " tutur suster rena panjang lebar sambil bales melukin natasha .
" iya juga sus , makasih udah mau doain kakek yano , saya pamit pulang dulu sus , besok pagi kan mau nganterin kakek yano ke pemakaman " katanya natasha dan dianggukin sama suster rena , babhkan si biarawati muda ini sempetin dirinya nganterin natasha ke parkiran gereja dan masuk lagi begitu mobil mazda 2 hijau itu udah gak keliatan lagi sama dia .