16. rencana anak kos

99 20 1
                                    

Senyum secerah matahari itu tak luntur semenjak Ajen menginjakan kakinya di kosan. Satria yang kebagian piket yaitu menggunting tanaman hanya bisa mengerutkan keningnya bingung.

Apakah nasi padang favorit Ajen turun harga sampai pemuda jangkung itu sebahagia ini?

"Sore bang," sapa Ajen masih dengan senyum cerahnya. Satria hanya mengangguk membalas sapaan Ajen seadanya. Ngeri juga Ajen berubah begitu. Biasanya kalem ini malah senyum-senyum tidak jelas. Aneh.

Ajen melangkah riang memasuki kosan.

"Kenapa lu? gue perhatiin dari pertama masuk udah senyam senyum aja, nasi hoheng mang udin turun harga?" tanya Jidan penasaran.

Ajen mengerutkan kening, "nasi hoheng apaan?" tanyanya bingung.

Jidan berdecak, "masih panas soalnya, jadi nasi hoheng," balasnya asal. Ajen mendecak mendengar kalimat-kalimat aneh dari mulut Jidan.

Tapi kekesalannya sirna begitu ingat kembali saat dirinya mengantar Rinjani.

"Gue nganter Rinjani, heheheheheheh." kekeh Ajen riang.

Jidan membulatkan matanya tak percaya.

"Lo bukannya pegat ya nyet??! kok bisa???!" Jidan terkejut luar biasa.

"Bisa dong. Emangnya elo sama Lala."

"Anying!" umpat Jidan refleks. Ajen tuh luarnya aja kalem, tapi kadang manusia itu bisa mendadak savage.

"Eh, gue minta parfum kemaren yang lo pake dong Jii," kata Ajen memelas.

"Parfum gue banyak." balas Jidan masih agak dongkol karena kalimat Ajen tadi.

"Yang kemarin lo pake main sama Jisel—" mulut Ajen refleks dibekap Jidan. Matanya melotot kaget.

"Lo tau darimana gue main sama Jijel???" tanyanya terkejut. Ajen mengangkat alis.

"Oh, udah punya panggilan sayang?" Apa tadi? Jijel???"

"Berisik anjir Jen!"

"APAAAAAA BANG JI MANGGIL TEH JISEL APAAA???" teriak Daiz semangat melongokan kepalanya dari dalam kamar dengan mata berbinar.

"CIEEEEE TEH JIJEL CIAAAAAA." Hangga tak mau kalah ikut berteriak juga.

"SEMOGA LANGGENG YA BANG JI. BISMILLAH SATU KOTAK MARTABAK!" Kalandra ikut berteriak nyaring— sekalian berharap Jidan dengan baik hati membelikannya martabak karena dia lapar sekarang.

"BERISIK YE BOCAH. gue kagak jadian, si Ajen nih emang penebar hoax!" seru Jidan. Matanya kini beralih memandang Ajen. Pemuda itu memasang wajah polos seolah tak terjadi apa-apa.

"Parfum gue di kamar, yang tutupnya warna pink." kata Jidan.

"Oke! Thanks ya Ji!" kata Ajen segera memasuki kamar Jidan.

"Lo jadian—"

"KAGAK!" semprot Jidan refleks membuat kalimat Ajun terpotong.

"LUDAH LU ANYING KOROSIF!" seru Ajun nyaring. Jidan tak peduli banyak kini melangkah menyusul Ajen ke dalam kamarnya.

Jidan bersandar di pintu dengan tangan bersidekap.

"Parfum lo habis kah? tumben minta ke gue," kata Jidan agak heran karena Ajen tak biasanya begini.

"Parfum gue banyak, cuma yang punya lo wanginya enak." balas Ajen.

"Lo... mau pdkt lagi Jen?"

Rajendra berbalik memandang Jidan, detik berikutnya pemuda itu mengangguk.

"Setelah gue pikir-pikir, kayaknya gue harus perbaiki hubungan ini. Gue sama Rinjani tuh cuma salah paham..." katanya seraya tersenyum kecil. Jidan mengangguk-anggukan kepalanya tampak setuju dengan kalimat Ajen.

"Kalo lo?" Ajen tiba-tiba bertanya.

"Apaan?" Jidan bertanya dengan kening mengkerut bingung. Memandangi Ajen yang tampak menahan tawa.

"Lo sama Jijel gimana?"

"BACOOOOOT LUUUUU!"

Rajendra tertawa nyaring. Menggoda Jidan seru juga ternyata.

****

"SERIUS BANG???? OMAYGAT!!" Hangga berseru nyaring begitu Ajen bilang dia akan memperbaiki hubungannya dengan Rinjani.

"Ya semoga aja ya dek," balas Ajen kalem.

Anak kos tampak duduk melingkar di ruang tengah malam itu.

Di sisi lain Kalan merasa bangga karena doa yang tadi sore ia ucapkan terwujud malam ini. Ya, pada akhirnya Jidan membeli martabak.

Tiga kotak sekaligus.

Ben dan Ajun yang memang sudah tahu hanya saling pandang.

"Eh gue kok seneng ya anjir?" celetuk Satria sekaligus tetua di kos.

Ajen tersenyum kecil.

"Doain ya bang."

Satria tersenyum lebar, "Pasti."

Jay melirik Jidan, "gimana lo sama Jijel bang?"

Jidan tersedak martabak di tempat. Memandang Jay dengan tatapan terkejut.

"KOK LO SEMUA TAU TENTANG JIJEL SIH??????"

"Udah rahasia umum kali." timpal Ben.

Jidan mendengus mau tak mau mencurahkan semua isi hatinya detik itu juga. Berbagai reaksi anak kos ditunjukan pada Jidan.

"Bang. Daiz udah siap jadi kaka adek sama Fauzan." celetuk Daiz semangat 45. Jidan refleks mendecak.

"Kalan siap jadi pager bagus." Kalan ikut berseru, "tapi, pasangannya harus sama Kaluna ya hehehe." sambung Kalan. Hangga melirik sewot, di sisi lain tertohok karena dia ekhem masih belum punya pasangan. Nanti kalau dia jadi pager bagus siapa pasangannya? masa Chandra???

"Daiz mau bawa Jasmine kalo gitu eheheheh."

"Ape sih dek?????? Abang belum mau nikah ya. Masih skripsian." kata Jidan.

"Oh, jadi kalo udah beres mau langsung gas kua Ji?" tanya Mahes iseng.

"GAK GITU JUGA. HADAH, nyesel gue curhat dimari." kata Jidan bercanda.

"Tapi, bakal sepi nggak sih kalo satu persatu pada nikah terus ninggalin kosan ini?" Kalimat Chandra si bungsu membuat keduabelas anak kos jadi terdiam.

"Kok jadi mellow dah? Mending kita bikin rencana buat Ajen sama Rinjani." kata Ajun berusaha mencairkan suasana sekaligus menenangkan Chandra.

"Lagian masih lama kok dek, nggak bakal cepet-cepet nikah soalnya abang-abang masih pada skripsian, terus abang, Jay, Yega sama Aksa juga masih maba, perjalanan masih panjang dek." kata Mahesa menenangkan. Chandra mengulum bibir tersenyum kecil detik berikutnya sedikit tenang mendengar kalimat Mahesa.

Malam itu mereka habiskan untuk membuat rencana. Ya walau tak semua berkontribusi sih...

Soalnya Aksa mendadak diare, katanya sih gara-gara makan mie setan kampus. Alhasil maba satu itu rebahan di kamar dengan wajah pucat.




a/n: HALOOO DAH LAMA YA WKWKWKWKWK MAAFFFFFFIN AKU 🙏🙏🙏

selamat membaca guys!!!

soft; rajendraTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang