18

533 18 1
                                    

Satu tahun kemudian....

"Hai, apa kabar dek?". Ucap kael sesaat setelah mereka sampai dimakam Jere.

"Pasti udah bahagia , gue juga udah bahagia meski sedihnya belum sepenuhnya hilang".

"By the way , terimakasih untuk semua obat yang lo berikan buat gue , mama sama papa".

"Lo emang pergi , tapi lo ngasih gue tiga adik sekaligus , Dua adik laki - laki yang baik seperti lo dan satu adik perempuan yang bar - bar di luar nalar , membuat pagi dirumah kita jadi lebih ramai , ah bahkan sepanjang hari udah mirip pasar dadakan".

"Terus , aja bang sampai mentok ngatain guenya". Ucap Joan yang berada disamping Kael.

Ya.. setelah seminggu Jere dimakamkan Damian dan Yuan memutuskan untuk mengadopsi Joan serta Arif dan Nuel anak yang mereka temui saat menikmati mie ayam bang Bejo. semua itu , atas permintaan jere tentunya Yuan dan Damian dengan senang hati mengabulkannya harusnya ada dua anak laki - laki lainnya yaitu Budi dan Gilang tapi keluarga mereka tidak mengijinkan mengingat mereka masih memiliki orang tua akhirnya Damian hanya membiayai sekolah mereka sampai perguruan tinggi serta memberi modal usaha untuk kedua orang tua mereka berbeda dengan Arif dan Nuel v, mereka adik kakak yang tinggal bersama kakek nenek mereka dan sudah tidak memiliki orang tua, kakek dan nenek mereka diberikan tempat tinggal layak dan ditanggung semua biaya hidupnya.

"Dan lo tau gak dek selama 6 bulan kemarin tiap kangen dan inget sama lob, hampir setiap hari Joan ngajakin gue makan mie ayam bang Bejo sampai gue muak banget , rasanya sepuluh tahun kedepan gue gak akan makan mie ayam lagi".

"Atau sekedar duduk sebentar di taman yang pernah kalian datengin , tapi tekor gue masa tiap hari disuruh borong cilok sepanci - pancinya, lhaaah jalan 3bulan abangnya kaya guenya yang miskin dek". diakhiri kekehan dari Kael.

"Yuk bisa yuk , sebentar lagi nabrak bang , terus aja terus , gue kuat gue bertahan". Protes Joan sekali lagi dibalas tawa kencang Kael.

"Tapi Abang ikhlas dan seneng ngeliat adek abang ini seneng". Ucap kael sambil mengusak rambut pendek sebahu Joan membuat Joan tersenyum senang.

"Sekali lagi terimakasih dek , untuk semua hal baik yang lo berikan buat kita semua , akan selalu ada tempat yang sangat luas di hati gue buat lo".

"Hai , ketemu lagi Je sama seperti bang Kael untuk sekian kalinya gue mau bilang makasih sama lo karena lo ngasih keluarga baru buat gue , bikin gue gak kesepian lagi".

"Tapi harusnya lo gak usah minta mama Yuan sama papa Ian ngadopsi gue Je , paling gak kalau gue udah move on dari lo , bisa kali gue deketin bang Kael , jadi warisan papa Ian secara gak langsung jatuh ke tangan gue semua, bisa banget kali je". Ucap Joan polos langsung mendapat pukulan dari kael.

"Sembarangan banget!".

"Aduh ! bercanda bang hobi banget mukul kepala kalau gue jadi bodoh emang Abang mau tanggung jawab ! ". Sungut Joan hanya dibalas decakan oleh kael.

"Bercanda gue Je , bahkan gue masih gak tau caranya buat lupain lo". Kekeh Joan

"Terimakasih lo udah nepatin janji lo buat jadiin setiap natal gue jadi natal terindah bahkan kado natalnya ternyata beneran loe siapin gue kira lo cuma ngarang".

"Lo tau gak sih Je , selain ngadopsi Arif sama Nuel , papa Ian bangun sebuah rumah belajar gratis dan bayar pengajar - pengajar yang kompeten buat ngajarin anak - anak yang tinggal dipingiran rel kereta api yang gak mampu untuk sekolah".

"Bahkan papa ian juga ngadain pelatihan UMKM untuk orang - orang disana dan ngasih modal cuma - cuma dan beli tanah terus dibangun minimarket untuk nampung produk UMKM mereka , papa Ian udah cocok jadi presiden sih kata gue dan akhirnya gue tau gilanya lo asalnya dari siapa".

"Terimakasih juga untuk tiga sahabat gila lo yang bikin gue darah tinggi hampir setiap hari".

"Lo harus tau Je , gue beruntung banget Tuhan udah mempertemukan lo sama gue , bahkan saat lo udah gak ada di dunia lo tapi kebaikan - kebaikan lo masih tetap ada disini untuk semua orang".

"Lo emang cuma dapat satu hari bahagia buat diri lo , tapi dari satu hari itu lo ngasih banyak hari bahagia untuk banyak orang , Jeremiah Immanuel Adiguna dihadapan Tuhan gue akan selalu bersaksi lo orang paling baik yang pernah gue temui, sekali lagi terimakasih". Ucapan Joan membuat Kael diam - diam tersenyum dan mengamini setiap ucapan Joan , Kael juga merasa sangat bersyukur memiliki adik seperti Jere.

"Udah , jangan sedih jelek gitu , gue gak mau ya habis ini lo ajak makan mie ayam bang Bejo lagi". Ucap Kael, mengantisipasi kalau saja Joan mengajaknya berjalan seharian mengunjungi tempat - tempat yang pernah dia datangi bersama jere saat sedih .

"Iya - iya enggak , prasangka buruk mulu heran". Ucap Joan mengusap air matanya ke kasar.

"Gue sama Joan pamit dulu dek , besok gue kesini lagi". Lalu kael meletakkan 1 bucket Krisan putih diatas makam Jere

"Bye Jere , besok ketemu lagi dan bawa cerita yang lebih bahagia dari hari ini". Ucap Joan lalu berdiri menggandeng lengan Kael kemudian berjalan menjauh dari makam Jere.

Entah bahagia atau tidak akhirnya, bukankah hidup akan terus berjalan dan manusia hanya bertugas menerima dan menjalani sebaik mungkin takdirnya agar selalu menjadi orang yang bersyukur. Yang datang pasti pergi , yang pergi akan perlahan terganti , yang terganti akan terlupakan , hidup akan terus berjalan seperti itu. jadi saat manusia tidak tau mau menjadi apa nantinya? Apapun yang terjadi tetaplah jadi manusia yang baik.

END

TERIMAKASIH

last Christmas [ END ]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang