Delapan belas: Interaksi

63 13 0
                                    

Ga kerasa udah 9 bulan Naendra dan printilannya menjabat sebagai perangkat kelas. Yang maknanya, tinggal 3 bulan lagi waktu mereka bertugas di kelas 10 ini. Seluruh anak kelas 10-4 bangga dan sejahtera punya perangkat kelas macem ketujuhnya. Selalu ngutamain kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi, selalu ngerangkul semuanya buat berhasil sama-sama. Karena, melangkah sama-sama itu lebih berarti daripada melangkah sendiri.

Nah, tapi hari ini adalah hari yang buruk buat Naendra. Dia kelewatan kelas Bahasa Indonesia, yang mau gamau dia harus rela absensinya ditulis alfa sama Jevan. Dia merutuki dirinya sendiri, keasikan nongkrong di kelas nya Oliver, ngobrolin ini itu sampai bel kelas ga kedengeran. Apalagi ini hari Jum'at, pulangnya cepet yang berarti waktu istirahatnya juga singkat. Sebagai sekretaris yang amanah dan budiman, Jevan tetap nulis Naendra dengan keterangan alfa di buku absen nya. Walaupun Naen itu sohibnya, yang namanya alfa ya alfa, harus profesionalitas.

Naendra juga ga marah, dia tau itu emang tugasnya Jevan dan kesalahan dirinya sendiri. Dia sempat membebel dalam hati kalau dia udah ketularan virus suka gosipnya Husein, habis ini dia mau jaga jarak dulu dua meter sama pemuda dengan nama belakang Danapati itu, takut radar virusnya makin parah.

Tapi sekarang Naen udah kalem, ga ada juga nyeloteh sana sini buat nyampein keselnya ke satu sekolah, toh dia bakalan tetap alfa. Sekarang dia lagi baca buku, mengingat ini salah satu hobinya dan beberapa bulan lagi bakal UAS. Ada ya orang yang hobi baca buku pelajaran, kalau gua sih phobia.

"Ikutan dong,"

Nanedra menatap geger ke arah Husein yang duduk di sebelahnya sambil bawa semangkok mie kuah dan buku geografi. Padahal dia niatnya mau ngejauh dulu dari Husein tapi malah disamperin sama biangnya sendiri. Mau ngusir juga ga enak, tapi kalau diem aja dia masih parno. Padahal virus suka gosipnya Husein itu ga menyebar, Naendranya aja yang gampang ke hasut.

"Cepet amat baliknya," ujar Naendra sambil menatap mie kuah Husein, perasaan baru aja 5 menit yang lalu pamitan mau ke kantin.

"Woiya, dong! Karpet merah udah di gelar dan itu jalur khusus buat gue aja. Jadi ga ada yang halangin jalan pangeran," bangga Husein sambil berkacak pinggang, membuat Naen mendelik.

"Pangeran kok jajan di kantin, pangeran apa tuh? Pangeran Husein Danakurang?"

"Babi,"

Naendra cuma ketawa ngeliat muka masem Husein. Naen di lawan, skakmat lah. Jemari panjangnya lanjut balikin halaman buku, mata naganya fokus ngebaca setiap kalimat yang tercetak di lembaran-lembaran kertas yang agak kuning itu. Sementara James yang baru selesai nyatat matematika noleh ke belakang, ngeliat mie kuah Husein buat dia jadi lapar.

"Minta dong," ujarnya sok akrab dan mangap-mangap.

Karena Husein ini pelitnya cuma perkara ongkos ojol, dia nyuapin mie nya ke James. James senyum dan ngangguk-ngangguk tanda terimakasih. Januar yang awalnya main Mobile Legal itu jadi pengen ikut nimbrung pas liat James di suapin Husein. Dia ikutan mangap dan sedikit rusuh ngegeser posisi Naen yang lagi anteng-antengnya. Untung ini Januar, kalau ini Tara udah di jewer tuh.

Geser ke kanan dikit kita bisa liat Joshua lagi garuk-garuk kepalanya heboh karena ga ngerti sama tulisannya Sagara. Dia minjem catetan ekonomi karena kemaren dia ga masuk, tapi pas liat isi dalem buku Sagara buat batinnya merinding disko. Dia rasa masih mendingan tulisan Esha, walaupun awut-awutan naik turun macem mendaki gunung hurufnya masih jelas. Lah ini? Macem lagi ngeliat gambar rumput diatas kertas.

"Ini lo nulis apasih, anjir?" ucap Joshua frustasi, Sagara yang awalnya lagi main kartu uno sama Taufan pun noleh.

"Udah gue tanya dua kali tadi, yakin mau pinjem buku gue? Soalnya cuma gue dan yang punya indra ke-9 yang bisa paham sama isinya," tutur Sagara dengan satu kartu uno merah yang teracung.

[✓]〝BEST CLASS〞 Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang